Download Buku IPS SMP Kurikulum 2013, Buku Siswa dan Buku Guru

Untuk menambah wawasan belajar IPS di SMP silakan download buku guru dan buku siswa untuk mata pelajaran IPS kelas 7 dan 8. Buku ini edisi revisi 2014, so yang terbaru. Berikut Link Downloadnya :
  1. Buku IPS Kelas 7 Buku Siswa
  2. Buku IPS Kelas 7 Buku Guru
  3. Buku IPS Kelas 8 Buku Guru

Download RPP IPS Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 ternyata membawa dampak yang luar biasa. Mulai dari Buku pelajaran sampai dengan perangkat pembelajaran Guru ganti semua. Guru dibuat harus kerja ulang satu-satu, buat RPP yang strukturnya sangat berbeda dengan kurikulum KTPS.

Tapi bersyukurlah karena mata pelajaran IPS di SMP tidak dihapus seperti di SD dan SMK. Untuk RPP silakan download dalam versi word, jangan lupa di edit, ni hanya sekedar contoh. Download RPP IPS Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013, silakan klik di sini

Dampak Masuknya Budaya Asing Ke Indonesia


DAMPAK MASUKNYA BUDAYA ASING KE BUDAYA NASIONAL

Masuknya budaya asing dapat terjadi melalui beberapa proses/cara, yaitu:
1.     Proses Difusi Kebudayaan, yaitu proses masuknya budaya asing sejalan dengan proses penyebaran unsur-unsur budaya global ke seluruh penjuru dunia.
  Difusi kebudayaan berlangsung seiring proses penyebaran penduduk yang sudah terjadi   sejak zaman praaksara hingga sekarang.
2.     Penetrasi Budaya, yaitu proses pengenalan dan masuknya budaya asing/baru. Penetrasi budaya ada 2 macam, yaitu penetrasi pasifik (damai) dan penetrasi violent (paksa).

Proses penyebaran unsure-unsur budaya asing ke masyarakat Indonesia saat ini berlangsung sangat cepat bahkan sering kali ada yang tidak begitu nyata dan tanpa disadari oleh masyarakat secara langsung. Hal tersebut disebabkan oleh adanya alat-alat penyebaran budaya yang canggih dan efektif. Derasnya penyebaran unsure-unsur budaya tentu saja memberikan pengaruh/dampak bagi perubahan dan perkembangan budaya nasional Indonesia baik yang positif maupun yang negative.

Macam-macam Contoh Budaya Lokal di Indonesia


MACAM-MACAM BUDAYA LOKAL DI INDONESIA

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang multicultural karena masyarakatnya terdiri dari berbagai suku bangsa dengan budayanya masing-masing yang berbeda-beda. Oleh karena itu di Indonesia berkembang berbagai budaya local yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Budaya local itu merupakan unsure pembentuk budaya nasional. Sehingga keseluruhan budaya local yang berkembang di masyarakat Indonesia merupakan budaya nasional bangsa Indonesia.
Berikut ini beberapa contoh budaya local yang berkembang di masyarakat Indonesia:
1.     Tradisi Upacara Labuhan Merapi (Budaya masyarakat Yogyakarta khususnya Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat).
2.     Tradisi Ngaben (Budaya masyarakat Hindu-Bali)
3.     Tradisi Batapung Tawar Maayun (Budaya masyarakat Martapura, Amuntai, Kandangan dan Banjarmasin)
4.     Karaban Sapi (Budaya masyarakat Madura)
5.     Tradisi Selamatan Dalam Lingkaran Hidup Manusia (Budaya masyarakat Jawa)

Unsur-Unsur Budaya Universal

UNSUR-UNSUR BUDAYA

Ada 7 Unsur Kebudayaan, yang disebut sebagai Unsur-Unsur Kebudayaan Universal
v  C. KLUCKHOHN, menyebutkan 7 unsur kebudayaan yaitu:
1.     Sistem Pencaharian Hidup
2.     Sistem Peralatan dan Teknologi
3.     Sistem Organisasi Kemasyarakatan
4.     Sistem Pengetahuan
5.     Bahasa
6.     Kesenian
7.     Sistem Religi dan Upacara Keagamaan
v  Sedangkan 7 unsur kebudayaan universal yang dikemukakan oleh Koentjaraningrat adalah:
1.     Peralatan dan Perlengkapan Hidup
2.     Mata Pencaharian Hidup dan Sistem Ekonomi
3.     Sistem Kemasyarakatan
4.     Bahasa
5.     Kesenian
6.     Sistem Pengetahuan
7.     Religi
v  Ketujuh Unsur Kebudayaan tersebut, dikatakan sebagai Unsur-Unsur  Kebudayaan Universal karena dapat dijumpai pada setiap kebudayaan manapun di seluruh dunia, baik dalam masyarakat pedesaan maupun masyarakat kota besar.

Unsur-Unsur Kebudayaan Universal dapat dijelaskan sebagai berikut:
1.     Peralatan dan Perlengkapan Hidup (Sistem Teknologi)
Peralatan dan Perlengkapan Hidup merupakan semua sarana dan prasarana yang digunakan oleh manusia/masyarakat dalam setiap proses kehidupan terutama dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup.
Teknologi merupakan cara/teknik memproduksi, memakai, serta memelihara segala peralatan dan perlengkapan.
Teknologi yang berkembang di masyarakat dan berfungsi sebagai peralatan dan perlengkapan hidup diantarannya adalah:
a.     Alat-Alat Produktif
b.    Senjata
c.     Wadah
d.    Alat-Alat menyalakan api
e.     Makanan
f.     Pakaian
g.    Tempat Berlindung dan Perumahan
h.     Alat-Alat Transportasi

2.     Sistem Mata Pencaharian Hidup ( Sistem Ekonomi)
Sistem Mata Pencaharian Hidup yang termasuk dalam unsure budaya universal terfokus pada mata pencaharian masyarakat tradisional, diantaranya:
a.     Berburu dan Meramu
b.    Beternak
c.     Bercocok tanam di Ladang
d.    Menangkap Ikan


3.     Sistem Kekerabatan dan Organisasi Sosial
Sistem Kekerabatan

Sistem kekerabatan merupakan bagian yang sangat penting dalam struktur sosial.
Sistem kekerabatan adalah system menghitung garis keturunan atas dasar hubungan perkawinan dan hubungan darah.
Dapat pula disebutkan bahwa kekerabatan adalah unit-unit sosial yang terdiri dari beberapa keluarga yang mimiliki hubungan darah dan hubungan perkawinan.
Ada beberapa system kekerabatan yang dimiliki/dijalani oleh masyarakat di Indonesia, yaitu:
a.     Sistem Kekerabatan Bilateral
Sistem Kekerabatan Bilateral, adalah system kekerabatan yang menghitung garis keturunan dari dua pihak, yaitu dari pihak ayah dan ibu secara seimbang/bersama-sama
b.    Sistem Kekerabatan Unilateral
Sistem kekerabatan Unilateral, adalah system kekerabatan yang menghitung garis keturunan dari satu pihak, yaitu dari pihak ibu saja  yang disebut system matrilineal atau  dari pihak ayah saja yang disebut system patrilineal.
c.     Sistem Kekerabatan Ambilineal
Sistem Kekerabatan Ambilineal, adalah system kekerabatan yang menghitung garis keturunan dari pihak ayah dan pihak ibu secara bergantian, atau bisa dikatakan menghitung garis keturunan sebagian dari pihak ayah sebagian dari pihak ibu.
                       
Organisasi Sosial
Manusia sebagai makhluk sosial akan selalu hidup bersama dengan orang lain untuk dapat memenuhi kebutuhannya. Untuk mencapai tujuan-tujuan hidup tertentu yang tidak dapat dicapai sendiri, manusia bersama-sama dengan manusia lain dalam masyarakat akan membentuk perkumpulan/organisasi sosial.
Organisasi sosial adalah perkumpulan sosial yang dibentuk masyarakat  baik formal maupun non formal (berbadan hokum maupun tidak berbadan hokum).
Berdasarkan bidang kegiatannya, organisasi sosial di masyarakat dibedakan menjadi:
a.     Organisasi Sosial di bidang Pendidikan, misalnya sekolah, lembaga pelatihan, LPK, dll.
b.    Organisasi Sosial di bidang Kesejahteraan Sosial, misalnya Panti Asuhan, Panti Jumpo, dan sebagainya.
c.     Organisasi Sosial di bidang Kesehatan, misalnya Rumah Sakit, Balai Pengobatan.
d.    Organisasi Sosial di bidang Keadilan, misalnya LBH.


4.     Bahasa
Bahasa merupakan wujud budaya yang digunakan manusia untuk saling berkomunikasi atau berinteraksi, baik secara lisan, tulisan maupun bahasa isyarat.
Secara umum bahasa berfungsi sebagai:
a.     Alat berekspresi
b.    Alat komunikasi
c.     Alat untuk mengadakan integrasi dan adaptasi sosial
Secara khusus bahasa berfungsi untuk:
a.     Mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari-hari (fungsi praktis)
b.    Mewujudkan seni (fungsi artistic)
c.     Mempelajari naskah-naskah kuno ( fungsi filosofis)
d.    Usaha mengeksploitasi ilmu pengetahuan dan teknologi

5.     Kesenian
Kesenian mengacu pada nilai keindahan (estetika) yang berasal dari ekspresi hasrat manusia akan keindahan yang dinikmati dengan mata ataupun telinga.
Kesenian secara umum dapat dibedakan menjadi:
a.     Seni Rupa, yaitu kesenian yang dapat dinikmati secara visual (melalui mata).
b.    Seni Suara, yaitu kesenian yang dapat dinikmati melalui telinga/didengar.
c.     Seni Drama, yaitu kesenian yang dapat dinikmati melalui mata dan telinga (dilihat dan didengarkan). Seni drama mengandung unsure-unsur dari seni lukis, seni musik, sastra, dan tari,

6.     Sistem Ilmu dan Pengetahuan
Pengetahuan adalah segala sesuatu yang diketahui manusia tentang benda, sifat, keadaan, dan harapan-harapan. Pengetahuan merupakan segala sesuatu yang dapat diketahui, diterima dan dipahami oleh manusia dalam penggunaan panca indranya.
Setiap masyarakat, tidak mungkin dapat hidup tanpa pengetahuan tentang alam sekitarnya dan sifat-sifat dari peralatan hidup yang mereka pakai.
Sistem Pengetahuan dapat dibedakan menjadi:
a.     Pengetahuan tentang alam
b.    Pengetahuan tentang tumbuh-tumbuhan
c.     Pengetahuan tentang tubuh manusia
d.    Pengetahuan tentang sifat dan tingkah laku sesama manusia
e.     Pengetahuan tentang ruang dan waktu

7.     Sistem Religi (Kepercayaan)
Kepercayaan/Religi adadalah suatu keyakinan bahwa hal-hal yang dipercayai itu benar dan nyata (Tuhan, manusia, benda-benda, hewan, dll); ada harapan dan keyakinan (akan kejujuran, kebaikan); ada orang-orang yang dipercaya(diserahi tugas); dan sebutan untuk system religi/agama yang ada di Indonesia.
Semua aktivitas manusia yang berkaitan dengan kepercayaan atau agama didasarkan pada suatu getaran jiwa, yang disebut emosi keagamaan (religius emotion). Emosi keagamaan inilah yang membuat manusia melakukan tindakan yang bersifat keagamaan

Pengertian Budaya Lokal dan Nasional

Pengertian Budaya Lokal dan Nasional
1.     Budaya Lokal
Budaya Lokal adalah budaya yang yang berkembang di daerah-daerah dan merupakan milik suku-suku bangsa di wilayah nusantara Indonesia. Budaya local hidup dan berkembang di masing-masing daerah/suku bangsa yang ada di seluruh Indonesia.
Contoh
  • Budaya Selamatan dalam lingkaran Hidup Manusia di Suku Bangsa Jawa  (Mitoni/Tingkep, Brokohan, Puputan, Sunatan, Perkawinan, Selamatan orang yang sudah meninggal, dll)
  • Budaya Garebeg Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat
  • Budaya Ngaben untuk masyarakat Suku Bangsa Bali
  • Dll
2.     Budaya Nasional
Budaya Nasional adalah kebudayaan yang terbentuk dari keseluruhan budaya local yang berkembang dalam kehidupan masyarakat Indonesia sertah hasil serapan dari budaya asing atau budaya global, dengan ikatan yang menjadi cirri khas seluruh budaya di Indonesia yaitu nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Koentjaraningrat menyatakan bahwa kebudayaan nasional berfungsi sebagai pemberi identitas kepada suatu nation sebagai kontinuitas sejak kejayaan bangsa Indonesia pada masa lampau sampai kebudayaan nasional masa kini.
Pasal 32 UUD 1945 menyatakan: “Kebudayaan bangsa ialah kebudayaan yang timbul sebagai buah usaha budinya rakyat Indonesia seluruhnya”.
Perwujudan Budaya Nasional
a.     Secara abstrak budaya nasional terwujud dalam system gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia.
b.    Sedangkan perwujudan konkret dari budaya nasional berupa
-          cara berbahasa
-          cara berperilaku
-          cara berpakaian
-          dan peralatan hidup

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Pengertian Budaya / Kebudayaan
  1. Secara Etimologi.
Menurut asal katanya, Kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu “buddayah” yang merupakan bentuk jamak dari kata “buddi” yang artinya budi atau akal. Jadi secara etimologi kebudayaan diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan dikenal dengan istilah culture yang berasal dari bahasa Latin “colere”, yaitu mengolah atau mengerjakan tanah (bertani).
Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat, sehingga dapat dinyatakan dengan kalimat: “ Masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan, sehigga tidak ada masyarakat yang tidak menghasilkan kebudayaan. Sebaliknya tidak ada kebudayaan tanpa masyarakat sebagai wadah dan pendukungnya”.

  1. Menurut Para Ahli
Ada beberapa pengertian/definisi tentang kebudayaan yang dikemukakan oleh para ahli, diantaranya yaitu menurut:
a.     E.B. Taylor
Kebudayaan merupakan keseluruhan kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hokum, adapt istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat.
b.    Ralp Linton
Kebudayaan adalah kofigurasi dan hasil dari tingkah laku yang dipelajari, yang unsure-unsur penentunya dimiliki bersama dan dilanjutkan  oleh anggota masyarakat tertentu.
c.     M.Jacobs dan B.J. Stern
Kebudayaan mencakup keseluruhan yang meliputi benituiki teknologi sosial, ideology, religi, dan kesenian serta benda, yang kesemuannya merupakan warisan sosial.
d.    Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi
Kebudayaan merupakan sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
e.     Koentjaraningrat
Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan cara belajar.
           
 Selain beberapa definisi tersebut, ada beberapa pendapat lain dari para ahli yang berkaitan dengan kebudayaan.
a.     Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa:
Segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Hal tersebut diistilahkan dengan cultural-dererminism.
Herskovits juga memandang kebudayaan sebagai suatu yang turun-temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang disebut Superorganic.
b.    J.J. Honingmann membedakan wujud kebudayaan menjadi 3, yaitu ideas, activities, dan artifacts.
c.     Koentjaraningrat membagi kebudayaan menjadi 4 wujud, antara lain:
  •  Artifak/benda-benda fisik semua hasil karya manusia yang bersifat konkret yang dapat diraba/difoto.
  •  Sistem tingkah laku dan tindakan berpola manusia yang merupakan penggambaran wujud tingkah laku manusia yang bersifat konkret, dapat difoto dan difilmkan.
  •  Sistem budaya yaitu system gagasan menggambarkan wujud gagasan dari kebudayaan yang berada dalam alam pikiran tiap individu, sifatnya abstrak, tidak dapat difoto dan difilmkan, hanya dapat diketahui dan dipahami.
  •  Sistem gagasan yang ideologis yang menentukan sifat dan corak pikiran, cara berpikir, serta tingkah laku manusia.

Pengertian In Group dan Out Group dalam Kelompok Sosial

In-Group adalah kelompok social yang individu-individunya mengidenti-fikasikan dirinya dengan kelompoknya. Dalam menunjukkan In-Group-nya dalam kehidupan sehari-hari diungkapkan dengan kalimat : kelom-pok saya, group saya, dsb.

 Out-Group adalah kelompok social yang oleh individu-individu diartikan sebagai musuh kelompoknya atau lawan In-Group. Out-Group sering sering diungkapkan dengan istilah : kelompok mereka, group mereka, kelas mereka, dsb.

Seiring dengan terbentuknya suatu kelompok social, timbul pula sikap dan perasaan diantara para anggotanya yang disebut perasaan In-Group. Orang-orang yang tidak termasuk ke dalam In-Group dianggap sebagai orang-orang Out-Group. Sikap dan perasaan terhadap anggota In-Group adalah sikap dan perasaan kepada orang dalam, sedangkan sikap dan perasaan terhadap anggota out-group adalah sikap dan perasaan kepada orang luar.

Konsekuensi Masyarakat Multikultural



1. Interseksi
Pengertian Interseksi

Interseksi adalah titik perpotongan atau pertemuan atau persilangan antara dua garis atau dua arah. Menurut Soerjono Soekanto, dalam kamus sosiologi, section atau seksi adalah suatu golongan etnis dalam suatu masyarakat yang majemuk, misalnya etnis Sunda, Jawa, Bugis, Minang dan lain-lain. Jadi secara sederhana dapat dikatakan bahwa interseksi merupakan persilangan atau pertemuan keanggotaan suatu kelompok sosial dari berbagai seksi baik berupa suku, agama, jenis kelamin, kelas sosial dan lain-lain dalam suatu masyarakat majemuk.

Secara sederhana, perbedaan suku bangsa, agama, ras daerah dan kelas sosial saling silang-menyilang satu sama lain, sehingga menghasilkan golongan-golongan yang juga saling silang menyilang. Oleh sebab itu, di banyak daerah, penggolongan individu-individu akan sekaligus menempatkan seseorang atau kelompok masyarakat pada beberapa kriteria.
Sebagai suatu proses sosial, interseksi mempunyai akibat terhadap kemajemukan masyarakat, diantaranya:

1) Meningkatkan solidaritas

2) Menimbulkan potensi konflik

Saluran Interseksi di Indonesia
Persilangan keanggotaan suatu kelompok sosial tidak terjadi begitu saja, namun dibantu dengan adanya interaksi di antara berbagai seksi. Interaksi antara satu seksi dengan seksi lainnya dilakukan melalui hubungan ekonomi, sosial dan politik.

1) Hubungan ekonomi
a) Melalui perdagangan
b) Melalui perindustrian

2) Hubungan sosial
a) Melalui perkawinan
b) Melalui pendidikan
3) Hubungan politik

Hubungan diplomatik atau hubungan antar negara juga akan menyebabkan terjadinya proses interseksi di antara para pejabat atau utusan dari masing-masing negara.

2.Konsolidasi

Merupakan perbuatan yang memperteguh atau memperkuat suatu hubungan. Jadi, konsolidasi adalah suatu proses penguatan atau peneguhan keanggotaan individu atau beberapa kelompok yang berbeda dalam suatu kelompok sosial, melalui tumpang tindih keanggotaan. Konsolidasi merupakan suatu proses yang berlangsung pada masyarakat majemuk.
Di dalam berbagai masyarakat, selalu terjadi konsolidasi atau tumpang tindih kriteria penentu keanggotaan kelompok atau kelas sosial. Tumpang tindih terjadi misalnya antara suku bangsa dengan agama, suku dengan pekerjaan, duku dengan kelas sosial dan lain-lain. Sehingga identitas agama dapat sekaligus merupakan identitas suku bangsa yang bersangkutan atau identitas suku dengan pekerjaan tertentu. Misalnya suku Melayu identik dengan agama Islam, suku Bali identik dengan agama Hindu, suku Minang dan Cina identik dengan pekerjaan dagang atau usaha jasa.

3. Mutual Akulturasi

Jika suatu kelompok masyarakat dengan tipe kebudayaan tertentu memiliki sikap terbuka dengan kebudayaan lain, maka akan terjadi mutual akulturasi. Suatu mutual akulturasi didahului oleh interseksi yang berjalan terus-menerus sehingga menimbulkan rasa saling menyukai kebudayaan lainnya dan secara sadar atau tidak, individu-individu masyarakat tersebut akan mengikuti dan menggunakan perwujudan kebudayaan lain tadi. Misalnya, makanan dari beberapa etnis diminati dan disukai oleh kelomok masyarakat lainnya.

4.Primordialisme

Primordialisme adalah suatu pandangan atau paham yang memegang teguh hal-hal yang dibawa sejak kecil, baik mengenai tradisi, adat istiadat, kepercayaan, maupun segala sesuatu yang ada di dalam lingkungan pertamanya sehingga membentuk sikap tertentu. Primordial artinya ikatan-ikatan utama seseorang dalam kehidupan sosial, dengan hal-hal yang dibawa sejak kelahirannya, seperti suku bangsa, ras, daerah dan sebagainya.

Primordialisme muncul disebabkan oleh beberapa hal, antara lain sebagai berikut:
1) Adanya sesuatu yang dianggap istimewa pada rasnya, suku bangsanya, agamanya atau daerah kelahirannya
2) Sikap ingin mempertahankan keutuhan kelompok atau komunitas dari ancaman luar
3) Adanya nilai-nilai yang dijunjung tinggi karena berkaitan dengan keyakinan, misalnya nilai keagamaan, falsafah hidup dan lain-lain.

5.Stereotip Etnis

Stereotip etnis berkaitan dengan ras, suku bangsa, kepercayaan, pekerjaan maupun kebangsaan. Pada hakikatnya seteotip merupakan imaginasi mentalitas yang kaku, yaitu dalam wujud pemberian penilaian negatif yang ditujukan kepada out-groupnya. Sebaliknya kepada sesama in-group akan memberikan penilaian yang positif. Stereotip dengan outgroup yang kaku dapat menyebabkan timbulnya prasangka (prejudice) yang kuat.
Tumbuhnya stereotip dalam diri seseorang adalah sebagai akibat pengaruh suatu persepsi tertentu dan berfungsi untuk meyakinkan diri sendiri. Adanya berbagai perbedaan ras diantara segmen penduduk yang porsinya tidak sama dalam wilayah geografis atau sosial, akan dapat menimbulkan kesulitan. Stereotip etnis ini dapat menyebabkan seseorang bersifat konservatif dan tertutup terhadap hal-hal baru dan asing.

Macam-macam RAS yang ada di Dunia

MACAM-MACAM RAS YANG ADA DI DUNIA

Pengertian RAS
Kata “ras” berasal dari bahasa Prancis-Italia “razza” yang artinya pembedaan variasi penduduk berdasarkan tampilan fisik (bentuk dan warna rambut, warna mata, warna kulit, bentuk mata, dan bentuk tubuh. Umumnya ras dibagi menjadi 3: mongoloid, kaukasian dan negroid.

Selain itu pengertian ras kadangkala mengacu pada pemilikan perangai, pemilikan kualitas perangai/sikap kelompok tertentu, menyatakatan kehadiran penduduk dari geografis tertentu. Bisa juga ras mengacu pada tanda-tanda aktivitas sebuah kelompok yang mempunyai gagasan, ide dan cara berpikir tertentu. Ras juga sering dikaitkan dengan masalah keturunan, keluarga,klan dan hubungan kekeluargaan sebuah kelompok


Tapi secara umum Ras adalah pengelompokan berdasarkan ciri biologis, bukan berdasarkan cirri-ciri sosiokultural. Dengan kata lain, ras berati segolongan penduduk suatu daerah yang mempunyai sifat-sifat keturunan tertentu berbeda dengan penduduk daerah lain.
A.L. Krober membagi ras di dunia menjadi:

1.    Ras Mongoloid (Berkulit Kuning), adalah ras manusia yang sebagian besar menetap di Asia Utara, Asia Timur, Asia Tenggara, Madagaskar di lepas pantai timur Afrika, beberapa bagian India Timur Laut, Eropa Utara, Amerika Utara, Amerika Selatan dan Oseania. Anggota ras Mongoloid biasa disebut “berkulit kuning”, namun ini tidak selalu benar. Misalkan orang Indian di Amerika dianggap berkulit merah dan orang Asia Tenggara seringkali berkulit coklat muda sampai coklat gelap.
Ciri khas utama anggota ras ini ialah rambut berwarna hitam yang lurus, bercak mongol pada saat lahir dan lipatan pada mata yang seringkali disebut mata sipit. Selain itu anggota ras manusia ini seringkali juga lebih kecil dan pendek daripada ras Kaukasoid.Contohnya penduduk asli wilayah Eropa, sebagian Afrika, dan Asia. Mereka bisa dibagi menjadi: Asiatic Mongoloid, Malayan Mongoloid, American Mongoloid.

Ras mongoloid meliputi:
a. Asiatic Mongoloid (Asia Utara, Asia Tengah, dan Asia Timur);
b. Malayan Mongoloid Asia Tenggara, Indonesia, Malaysia,  Filipina, dan penduduk asli Taiwan);
c. American Mongoloid (penduduk asli Amerika).

2.Ras Negroid (Berkulit Hitam), adalah ras manusia yang terutama mendiami benua Afrika di sebelah selatan gurun sahara. Keturunan mereka banyak mendiami Amerika Utara, Amerika Selatan dan juga Eropa serta Timur Tengah.

Ciri khas utama anggota ras negroid ini ialah kulit yang berwarna hitam dan rambut keriting. Meski begitu anggota ras Khoisan dan ras Australoid, meski berkulit hitam dan berambut keriting tidaklah termasuk ras manusia ini.

Contohnya yaitu penduduk asli wilayah Afrika dan sebagian Asia. Mereka bisa dibagi menjadi: African Negroid, Negrito, Melanesian

Ras negroid meliputi:
a. African Negroid (Benua Afrika);
b. Negrito (Afrika Tengah, Semenanjung Malaya yang dikenal orang Semang, Filipina);
c.  Melanesian (Irian dan Melanesia).

3. Ras Kaukasoid (Kulit Putih), adalah ras manusia yang sebagian besar menetap di Eropa, Afrika Utara, Timur Tengah, Pakistan, dan India Utara. Keturunan mereka juga menetap di Australia, Amerika Utara, sebagian dari Amerika Selatan, Afrika Selatan dan Selandia Baru.
Anggota ras Kaukasoid biasa disebut “berkulit putih”, namun ini tidak selalu benar. Oleh beberapa pakar misalkan orang Ethiopia dan orang Somalia dianggap termasuk ras Kaukasoid, meski mereka berambut keriting dan berkulit hitam, mirip dengan anggota ras Negroid. Namun mereka tengkoraknya lebih mirip tengkorak anggota ras Kaukasoid.

Contohnya yaitu penduduk asli wilayah Eropa, sebagian Afrika, dan Asia. Mereka bisa dibagi menjadi: Nordic,Alpine, Mediteranian, Indic.
          
Ras Kaukasoid meliputi:
a.   Nordic (Eropa Utara, sekitar Laut Baltik);
b.   Alpine (Eropa Tengah dan Eropa Timur);
c.   Mediteranian (sekitar Laut Tengah, Afrika Utara, Armenia, Arab, dan Iran);
d.   Indic (Pakistan, India, Bangladesh, dan Sri Lanka)

4. Ras-ras khusus, yaitu ras yang tidak dapat diklasifikasikan dalam keempat ras pokok, antara lain:
a) Bushman  (Penduduk di daerah Gurun Kalahari, Afrika Selatan);
b) Veddoid (Penduduk di daerah pedalaman Sri Lanka );
c) Polynesian (Kepulauan Mikronesia dan Polynesia); serta
d) Ainu (Penduduk di daerah Pulau Karafuto dan Hokkaido, Jepang).

Latihan Soal IPS Ekonomi SMP Kelas 8

Silangilah Jawaban Yang Paling Tepat

1.      Faktor-faktor  yang mempengaruhi terjadinya kelangkaan barang pemenuhan kebutuhan sebagai berikut,  kecuali . . . .
    1. terbatasnya alat pemenuhan kebutuhan 
    2. kebutuhan manusia tidak terbatas
    3. keserakahan manusia
    4. terjadinya kelaparan

2.      Kelangkaan barang kebutuhan di pasar sering terjadi karena beberapa hal di bawah ini, kecuali . . . .
    1. banyaknya permintaan
    2. kurangnya permintaan
    3. produksi berkurang
    4. hambatan dalam distribusi

3.      Jawaban di bawah ini adalah usaha-usaha mengatasi terjadinya kelangkaan barang pemenuhan kebutuhan, kecuali . . . .
    1. melakukan daur ulang
    2. melakukan penghematan
    3. mengurangi sikap konsumtif
    4. membakar sampah

4.      Jawaban-jawaban di bawah ini adalah tindakan praktis yang hendaknya dibuat oleh masyarakat dalam rangkah memakai alternatif untuk memenuhi kebutuhan, kecuali . . . .
    1. membuat minyak goreng dari kelapa
    2. membuah pel dari kaun atau baju bekas
    3. membuat pupuk dari tumbuhan yang sudah kering
    4. membakar sampah agar tidak bauh

5.      Yani mempunyai sebuah HP. Ketika ke shopping, Yani melihat ada HP terbaru dengan akses internet. Yani memaksakan untuk membelinya karena ia menyukainya. Kini ia miliki dua HP. Yang dibuah oleh Yani dengan membeli HP tersebut adalah usaha dia untuk memenuhi . . . .
    1. kebutuhannya
    2. keinginannya
    3. kebahagiaannya
    4. tuntutan zaman

6.      Setelah pulang dari sekolah, Andi mendekati meja makan lalu melihat bahwa makanan telah habis, lalu ia memberi sepiring papeda kuah kuning dari warung yang ada di depan rumah dan memakan hingga habis. Perbuatan Andi adalah usaha dia untuk memenuhi . . . .
    1.  kebutuhannya
    2. keinginannya
    3. kebahagiaannya
    4. tuntutan zaman

7.      Sifat dasar kebutuhan atau keinginan manusia adalah  . . . .
    1. tidak akan pernah puas dengan kebutuhan yang telah terpenuhi
    2. akan selalu puas jika telah mendapatkan yang diinginkannya
    3. tidak selalu puas jika tidak mendapatkan apa yang dinginkannya
    4. tidak akan pernah puas dengan kebutuhan yang terpenuhi








8.      Tinjauan ekonomi yang bersifat tidak terbatas untuk manusia adalah . . . .
    1. kemampuan
    2. pekerjaan
    3. kebutuhan
    4. penghasilan

9.      Jawaban-jawaban di bawah ini adalah kebutuhan manusia ditinjau dari sisi tingkat kebutuhan, kecuali . . . .
    1. primer
    2. sekunder
    3. tertier
    4. sosial

10.  Kebutuhan yang harus segera dipenuhi agar manusia dapat melangsungkan kehidupannya di bumi disebut . . . .
    1. primer
    2. sekunder
    3. tertier
    4. eksekusif

11.  Majalah, radio, televisi dan motor adalah kebutuhan . . . .
    1. primer
    2. sekunder
    3. tertier
    4. eksekusif

12.  Berlian, intan, villa, pesawat adalah kebuthan . . . .
    1. primer
    2. sekunder
    3. tertier
    4. eksekusif

13.  Penyebab dari tidak dapat terpenuhinya semua kebutuhan manusia adalah . . . .
    1. sedikitnya sumber daya yang tersedia
    2. mahalnya biaya yang diperlukan
    3. banyaknya orang yang memerlukan
    4. tidak terbatasnya kebutuhan manusia

14.  Ilmu yang mempelajari tentang cara manusia memenuhi berbagai macam kebutuhan hidupnya yang relatif tidak terbatas dengan sumber daya yang terbatas adalah ilmu . . . .
    1. hayat
    2. ekonomi
    3. sosiologi
    4. ekosistem

15.  Ditinjau dari jenis kegiatannya, pelaku ekonomi terbagi dalam tiga kelompok, kecuali . . . .
    1. konsumen
    2. produsen
    3. distributor
    4. pemerintah

16.  Menabung di Bank termasuk kebutuhan . . . .
    1. akan datang
    2. ekonomi
    3. Sosial
    4. jasmani


17.  Berolahraga di pagi hari merupakan kebutuhan  . . . .
    1. primer
    2. rohani
    3. sekuler
    4. jasmani

18.  Setiap pagi Arman selalu Berdoa terlebih dahulu berdoa. Perbuatan Arman ini merupakan usahanya untuk memenuhi kebutuhan . . . .
    1. primer
    2. rohani
    3. sekuler
    4. jasmani

19.  Jawaban yang paling tepat dalam urutan pemenuhan kebutuhan primer adalah . . . .
    1. makanan – pakaian – perumahan
    2. pakaian – makanan – perumahan
    3. perumahan – makanan – pakaian
    4. makanan – perumahan – pakaian

20.  Alat pemenuhan kebutuhan terdiri dari dua hal, yaitu . . . .
    1. jasmani dan rohani
    2. barang dan jasa
    3. sekarang dan akan datang
    4. benda ekonomi dan ekosistim

21.  Tinta bolpon milik Hendrik habis, lalu ia mengambil pensil dari tasnya kemudian mengerjakan soal ulangan IPS. Pensil yang digunakan Hendrik adalah benda . . . .
    1. ekonomi
    2. bebas
    3. komplemeter(pelengkap)
    4. subtitusi(pengganti)

22.  Berolahraga di pagi hari merupakan kebutuhan  . . . .
    1. primer
    2. rohani
    3. sekuler
    4. jasmani
23.  Orang-orang atau lembaga yang terlibat dalam suatu produksi sampai dengan konsumsi barang atau jasa di sebut . . . .
    1. penikmat ekonomi
    2. pelaku ekonomi
    3. mendorong ekonomi
    4. pengembang ekonomi
24.  Secara umum, pelaku ekonomi ada tiga kelompok, yaitu . . . .
    1. masyarakat, perusahaan dan pemerintah
    2. konsumsi, produksi dan distribusi
    3. pedagang, penyalur dan penjual
    4. masyarakat, perusahaan dan koperasi

25.  Dari sisi kegiatan, pelaku ekonomi ada tiga yaitu . . . .
    1. produsen, produsen dan distri butor
    2. konsumsi, produksi dan distribusi
    3. pedagang, penyalur dan penjual
    4. pemerintah, keamanan dan masyarakat



26.  Pelaku ekonomi di Indonesia ada 3 yaitu . . . .
    1. masyarakat, perusahaan dan pemerintah
    2. konsumsi, produksi dan distribusi
    3. pedagang, penyalur dan penjual
    4. masyarakat, perusahaan dan koperasi

27.  Tiga tugas utama pemerintah dalam bidang ekonomi adalah sebagai berikut, kecuali . . . .
    1. membuat kebijakan ekonomi
    2. mengontrol jalannya kegiatan ekonomi
    3. mengentikan perdaganan  ilegal
    4. mendukung penjualan barang murah dari luar negeri

28.  Undang-Undang Dasar 1945 pasa ... adalah pasal yang mengatur tentang perekonomian di Indonesia.
    1. 31
    2. 32
    3. 33
    4. 34

Sejak akhir bulan Juli sampai awal bulan September 2008,  persediaan minyak bensin di SPBU Mimika selalu sangat kurang. Akibatnya sebagian besar pengendara motor dan mobil susah mendapatkan bensin dari SPBU tersebut, sehingga bensin menjadi barang langka tempat penjualan umum. Sementara itu, muncul banyak penjual minyak bensin yang menjual minyak bensin di sepanjang jalan raya, baik seputar Timika ataupun Timika-KK dan Timika-Mapuru Jaya. Minyak bensin yang dibeli dari SPBU dengan harga Rp 6.000/liter oleh masyarakat tersebut, kemudian dijual dengan harga 8.000-15.000/0,8 liter di sepanjang jalan kepada pengendara motor dan mobil sehingga keuntungan penjual bensin bisa mencapai 3 sampai 4 kali lipat sementara masyarakat pengendara kendaraan menderita akibat situasi itu. Akhirnya, kelompok penjual minyak ini disebut dengan istilah linta darat, artinya orang yang mencari keuntungan dari penderitaan orang lain.
Untuk menyelasaikan masyarakat ini, akhirnya Bupati Mimika Allo Rafra mendatangi SPBU SP 2 pada awal pertengahan bulan September 2008, lalu menendang semua jeriken dan mengusir masyarakat yang antre dan membeli tidak sesuai aturan di SPBU Mimika. Setelah itu Bupati juga mengeluarkan perintah larangan menjual bensin bagi masyarakat dan menurunkan aparat menyita bensin yang dijual oleh masyarakat dan membongkar semua tempat pajangan bensin yang dijual. Sejak saat itu sampai saat ini(minggu keempat bulan Oktober 2008), harga bensin menjadi normal dan kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi secara menyeluruh.

29.  Apa yang dilakukan oleh masyarakat pembeli Bensin melalui jerigen di SPBU lalu dijual di pinggir jalan dengan harga yang lebih tinggi seperti dalam bacaan di atas adalah usaha para pedagang untuk, kecuali . . .
    1. memperkaya diri
    2. memeras sesamanya
    3. memuaskan diri di atas penderitaan orang lain
    4. menyiapkan cadangan yang cukup bagi para pembeli

30.  Apa yang dilakukan Allo Rafra adalah, kecuali  . . . .
    1. usaha Bupati Allo mengkampanyekan diri agar dapat dipilih oleh masyarakat dalam pemilihan DPRD Kabupaten tahun depan
    2. usaha Pemerintah mengontrol jalannya pasar secara normal, teratur, tertip dan nyaman bagi semua pihak
    3. usaha Pemerintah menghentikan perdagangan  ilegal yang sedang berkembang di tingkat masyarakat
    4. usaha Pemerintah mengatasi kelangkaan minyak yang terjadi di pasar dan penimbunan oleh beberapa pihak









31.  Undang-Undang Dasar 1945 pasal ... adalah pasal yang mengatur tentang perekonomian di Indonesia.
    1. 31
    2. 32
    3. 33
    4. 34

Miryam adalah seorang ibu lima anak. Untuk mememenuhi kebutuhan biaya sekolah anak-anaknya, ia menjual kangkung seikukat Rp 3.000 sebanyak 20 ikat per hari di pojok Kuala Kencana. Kangkung yang dijual tersebut diperoleh dari  kebunnya sendiri. Setiap kali ibu Miryam memanan hasil kebun kangkung, ia selalu sisihkan juga untuk kebutuhan makan di rumahnya juga.

32.  Kisah bacaan di atas menjelaskan bahwa ibu Miryam ini telah menjalankan peran pelaku ekonomi . . .
    1. produsen
    2. konsumen
    3. distributor
    4. pengusaha

33.  Perusahaan Negara atau Badan Usaha Milik Negara(BUMN) adalah perusahaan milik negara yang . . . .
    1. menyediakan barang bagi masyarakat
    2. menyediakan jasa bagi masyarakat
    3. mencari keuntungan bagi negara
    4. meningkatkan pendapatan bagi karyawan

34.  Perusahaan swasta atau badan usaha milik swasta(BUMS) memilik peran strategis dalam meningkatkan kesejahteraan hidup bangsa seperti, kecuali . . . .
    1. membangtu perekonomian nasional
    2. membuka lapangan pekerjaan
    3. mencari keuntungan bagi negara
    4. menambah pendapatan negara melalui pajak

35.  Fungsi dan peran koperasi dalam pembangunan ekonomi nasional adalah sebagai berikut, kecuali . . . .
    1. mengalihkan kewenangan perekonomian kepada rakyat
    2. membangun dan mengembangkan potensi ekonomi masyarakat
    3. memperkokoh perekonomian rakyat
    4. memandirikan perekonomian rakyat

36.  Koperasi adalah usaha yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Salah satu undang-undang yang mengatur tentang Perkoperasian di Indonesia adalah . . . .
    1. UU No 25 tahun 1992
    2. UU No 34 tahun 2000
    3. UU No 21 tahun 2001
    4. UU No 2  tahun 2004

37.  Asas koperasi di Indonesia adalah . . . .
    1. kebersamaan
    2. ketentraman
    3. kekeluargaan
    4. kekayaan
38.  Peran Koperasi di sekolah ialah . . . .
    1. menolong siswa dan guru agar nyaman dalam belajar
    2. menyediakan berbagai keperluan sekolah
    3. menyediakan barang yang harganya terjangkau
    4. memilih guru terlebih dahulu lalu siswa



39.  Jawaban-jawaban di bawah ini adalah bentuk dan jenis koperasi menurut sifat usahanya, kecuali . . . .
    1. koperasi konsumsi
    2. koperasi simpan pinjam
    3. koperasi pertanian dan peternakan
    4. koperasi Induk/Induk koperasi

40.  Jawaban-jawaban di bawah ini adalah syarat mendidikan koperasi, kecuali . . . .
    1. minimum anggota 20 orang
    2. minimum anggota 100 orang
    3. adanya anggaran dasar
    4. berkedudukan di Indonesia

41.  Keuntungan koperasi yang dibagikan kepada semua anggota koperasi adalah Sisa Hasil Usaha Koperasi pertahun. Sisa Hasil Usaha ini dikenal dengan rumus . . . .
    1. SHU = P-B
    2. SHU = B-P
    3. SHU = P+B
    4. SHU = B+P

42.  Tempat pertemuan penjual dan pembeli barang lalu terjadinya proses jual beli disebut . . . .
    1. pasar
    2. supermarket
    3. toko
    4. mall

43.  Jawaban-Jawaban di bawah ini adalah sebab-sebab terjadinya suatu pasar, kecuali . . . .
    1. adanya permintaan
    2. adanya penawaran
    3. adanya produksi
    4. adanya tempat

44.  Proses tawar benar barang dan jual beli barang disebut . . . .
    1. transmisi
    2. transaksi
    3. transistor
    4. trasnflasi

45.  Pasar yang memperdagangkan surat-surat berharga disebut pasar . . . .
    1. nyata
    2. bursa efek
    3. valuta asing
    4. modal

46.  Sebuah pasar yang  terpajang barang jualannya lalu terjadi tranksaksi secara langsung   di sebut  . . . . .
    1. pasar tradisional
    2. pasar modern
    3. pasar kongkrit
    4. pasar pasar abstrak








47.  Sebuah pasar yang tidak kelihatan peristiwa transaksinya lalu barang dagangannya adalah . . . .
    1. pasar tradisional
    2. pasar modern
    3. pasar kongkrit
    4. pasar pasar abstrak

48.  Mall dan pasar lokal adalah dua buah . . . .
    1. pasar tradisional
    2. pasar modern
    3. pasar kongkrit
    4. pasar pasar abstrak

49.  Bursa Efek dan Valuta asing adalah . . . .
    1. pasar tradisional
    2. pasar modern
    3. pasar kongkrit
    4. pasar pasar abstrak

50.  Jawaban-jawaban di bawah ini adalah benda-benda yang biasanya digunakan sebagai alat tugar menukar  di pasar, kecuali. . . .
    1. uang
    2. barang
    3. surat berharga
    4. harta karun

51.  Sistim perdagangan yang kebanyakan terjadi dalam pasar-pasar  tradisional adalah kurang lebih sebagai berikut, kecuali . . . .
    1. barter
    2. tunai
    3. hutang
    4. kredit

52.  Salah satu tempat yang tepat dalam menyalurkan hasil usaha masyarakat adalah  . . . .
    1. mall
    2. pasar
    3. toko
    4. seper marker

53.  Suatu kelompok masyarakat yang terdiri dari usia 15 sampai dengan 65 tahun adalah kelompok usia . . . .
    1. proaktif
    2. produktif
    3. prodesen
    4. profetik

54.  Penganguran terjadi jadi karena beberapa hal di bawah ini, kecuali . . . .
    1. pendidikan atau ketrampilan yang masih kurang
    2. kecenderungan menggunakan mesin dalam proses produksi
    3. terbatasnya lapangan pekerjaan yang tersedia
    4. pemberian upah kerja atau gaji yang rendah
    5.  






55.  Yang tidak termasuk dampak pengangguran terhadap kehidupan masyarakat adalah . . . .
    1. Daya beli masyarakat berkurang
    2. beban psikologis bertambah
    3. biaya sosial meningkat
    4. daya beli masyarakat bertambah

56.  Jawaban-jawaban di bawah ini adalah usaha seseorang mempersiapkan dirinya menjadi pribadi yang siap bekerja dengan kualitas yang baik, kecuali . . . .
    1. belajar pelajaran pada jam belajar
    2. menolong orang tua  bekerja di rumah
    3. setia dengan pekerjaannya
    4. berlajar terus waktu jam belajar

57.  Yang tidak termasuk sumber fungsi pajak adalah . . . .
    1. sebagai sumber kas negara
    2. sebagai alat pengatur kegiatan ekonomi
    3. sebagai sarana untuk memajukan keadilan sosial
    4. sebagai alat untuk membiayai perang

58.  Jawaban-jawaban di bawah ini adalah contoh pemungutan pajak, kecuali . . . .
    1. pajak penghasilan
    2. pajak kendaraan motor
    3. pajak usaha bisnis
    4. pajak siskambling

59.  Harga barang di suatu pasar sangat di tentukan oleh . . . .
    1. permintaan dan penawaran
    2. kualitas dan kuantitas barang
    3. promosi dan gaya pasar
    4. produsen dan distributor

60.  Harga barang yang terbentuk melalui kekuatan permintaan dan penawaran ini, disebut dengan harga . . . .
    1. ekufalen
    2. stamnfort
    3. ekuilibrium
    4. subtitusi