Wednesday, April 20, 2011

A. Pengertian dan factor-faktor yang mempengaruhi barang dan jasa
1. pengertian permintaan
adalah jumlah barang atau jasayang akan dibeli pada berbagai tingkat harga, waktu, dan tempat tertentu.
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan barang/jasa
a. Harga barang itu sendiri
b. Pendapatan masyarakat
c. Selera masyarakat
d. Kwalitas barang yang bersangkutan
e. Harga barang lain yang berkaitan
f. Waktu
g. Jumlah penduduk

B. Penawaran pada barang dan jasa
1. Pengertian penawaran
Adalah jumlah barangyang ditawarkan pada tingkat harga, waktu, dan tempat tertentu.

2. factor-faktor yang mempengaruhi barang dan jasa
a. Biaya produksi
b. Tingkat tehnologi
c. Harga barang lain
d. Tujuan perusahaan

C. Hokum permintaan, kurva permintaan
1. Hukum permintaan
Ø Hukum permintaan menyatakan,”makin rendah harga, suatu barang maka makin banyak jumlah barang yang diminta, dan sebaliknya, makin tinggi harga suatu barang, maka jumlah barang yang diminta berkurang.
2. kurva permintaan
adalah suatu orafik yang menggambarkan sifat hubungan antara jumlahpermintaan barang/jasa dengan tingkat harganya dalam berbagai kondisi.

Macam-macam permintaan Demand adalah garis yang menghubungkan titik-titik setiap kombinasi harga dan dan permintaan . arahnya yang menurun menunjukan sifat kurva permintaan yang negative

D. Macam-macam permintaan
1. permintaan berdasarkan jumlah konsumen
a. permintaan individu
Adalah permintaan suatu barang yang dilakukan konsumen/individu.
b. permintaan pasar
Adalah permintaan suatu barang yang dilakukan oleh sekelompok konsumen.

2. permintaan berdasarkan daya beli konsumen
a. Permintaan efektif
Adalah permintaan yang disertai daya beli dan sudah dilaksanakan. Artinya permintaan dari konsumen untuk membeli suatu barang/jasa, yang langsung melakukan transaksi.
b. Permintaan potensial
Adalah permintaan yang disertai, dengan kemampuan membeli, tetapi belum melaksanakan transaksi.
c. Permintaan absolute
Adalh permintaan yang tidak didukung kemampuan untuk membeli

E. Pengertian penawaran dan factor-faktor yang mempengaruhinya
1. Pengertian penawaran
Penawaran adalah jumlah barang dan jasa yang akan dijual pada tingkat harga dan waktu tertentu.

2. Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran
a. Biaya produksi
b. Tingkat teknologi
c. Harga baran lain
d. Tujuan perusahaan

3. Hukum penawaran
Hukum penawaran menyatakan, “ Jika harga barang naik, maka jumlah barang yang ditawarkanpun akan bertambat. Sebaliknya, jika harga barang turun, maka jumlah barang yang ditawarkanpun berkurang.”

F. Keterkaitan harga barang
Tinggi rendahnya jumlah permintaan dan penawaran, dipengaruhi harga barang lain seperti :

1. Barang pengganti (substitusi)
Contohnya : Teh dapat menggantikan kopi. Bila harga teh lebih murah daripada kopi, maka permintaan pada kopi akan berkurang dan pemawaran pada kopi akan bertambah. Dan sebaliknya , bila harga teh lebih tinggi daripada kopi maka permintaan pada kopi akan tinggi dan penawaran pada kopi akan rendah.

2. Barang pelengkap (komplementer)
Contohnya : selai dapat menambah kelezatan pada roti. Sehingga saat harga roti rendah, maka permintaan roti akan tinggi dan permintaan selai akan tinggi juga,sedangkan penawaran pada roti akan rendah dan permintaan pada selai akan rendah juga. Sebaliknya bila harga roti tinggi maka permintaan pada roti rendah danpermitaan pada selai akan rendah juga, dan sedangkan penawaran pada roti akan tinggi dan penawaran pada selai akan tinggi juda.
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Followers

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!