RPP IPS Kelas 7 Semester 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP N0 : 1 )
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : VII / 1 (Ganjil)
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran ( 6 x pertemuan )
- Standar Kompetensi
1. Memahami lingkungan kehidupan manusia.
- Kompetensi dasar
- Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya
terhadap kehidupan.
- Indikator
- Menjelaskan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi.
- Menjelaskan gejala-gejala diastropisme
- Menjelaskan gejala vulkanisme
- Menyebutkan tipe-tipe gunung api
- Menyebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi
- Menyebutkan contoh akibat gempa bumi.
- Menyebutkan jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.
- Menjelaskan terjadinya pelapukan.
- Menjelaskan proses erosi
- Menyebutkan faktor-faktor penyebab erosi
- Menyebutkan contoh dampak erosi.
- Menyebutkan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
- Menyebutkan contoh dampak positif dan negatif dari tenaga endogen
- Menyebutkan contoh dampak positif dan negatif dari tenaga eksogen
- Menjelaskan upaya penanggulangan dampak negatif dari tenaga endogen.
- Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran diharapkan siswa mampu
- Menjelaskan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi.
- Menjelaskan gejala-gejala diastropisme
- Menjelaskan gejala vulkanisme
- Menyebutkan tipe-tipe gunung api
- Menyebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi
- Menyebutkan contoh akibat gempa bumi.
- Menyebutkan jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.
- Menjelaskan terjadinya pelapukan.
- Menjelaskan proses erosi
- Menyebutkan faktor-faktor penyebab erosi
- Menyebutkan contoh dampak erosi.
- Menyebutkan contoh bentukan batuan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
- Menyebutkan contoh dampak positif dan negatif dari tenaga endogen
- Menyebutkan contoh dampak positif dan negatif dari tenaga eksogen
- Menjelaskan upaya penanggulangan dampak negatif dari tenaga endogen
- Materi Pembelajaran
- Tenaga endogen dan tenaga eksogen.
- Gejala-gejala diastropisme dan vulkanisme
- Faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi
- Jenis-jenis batuan.
- Proses pelapukan.
- Proses erosi dan penyebabnya
- Proses sedimentasi.
- Dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan tenaga eksogen bagi kehidupan manusia serta upaya penanggulangan dampak negatif dari tenaga endogen
- Metode dan Sumber Pembelajaran
- Metode :
- Tanya jawab
- Diskusi
- Sumber :
- Buku Geografi kelas VII yang relavan
- Guru IPS
- Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran
- Pertemuan Pertama
- Pendahuluan
- Apersepsi : Guru memeriksa kehadiran siswa
- Motivasi : Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
- Kegiatan Inti
- Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 6-7 orang siswa, tiap kelompok mendapat tugas materi berbeda
- Kelompok 1 membahas materi terjadinya proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi
- Kelompok 2 membahas materi terjadinya proses alam eksogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi
- Kelompok 3 membahas materi macam-macam lipatan dan menyebutkan contoh dengan menggunakan busa
- Kelompok 4 membahas materi macam-macam pelapukan dancontoh bentuk patahan dengan menggunakan dus
- Kelompok 5 membahas materi relief dataran dan gambarnya
- Kelompok 6 membahas materi macam-macam relief laut dan gambarnya
- Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapinya
- Penutup
- Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk penguatan pemahaman
- Pemberian post tes
- Pertemuan Kedua
- Pendahuluan
- Apersepsi : Guru memeriksa kehadiran siswa
- Motivasi : Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
- Kegiatan Inti
- Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 5-6 orang siswa, tiap kelompok mendapat tugas materi berbeda
- Kelompok 1 dan 2 membahas materi tanda-tanda daerah vulkanik
- Kelompok 3 dan 4 membahas materi macam-macam erupsi
- Kelompok 5 dan 6 membahas material hasil erupsi
- Kelompok 7 dan 8 membahas materi tipe gunung berapi
- Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapinya
- Penutup
- Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk penguatan pemahaman
- Pemberian post tes
- Pertemuan Ketiga
- Pendahuluan
- Apersepsi : Guru memeriksa kehadiran siswa
- Motivasi : Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
- Kegiatan Inti
- Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 6-7 orang siswa, tiap kelompok mendapat tugas materi berbeda
- Kelompok 1 membahas materi gempa bumi yang terjadi 27 Mei 2006
- Kelompok 2 membahas materi mengapa gempa bumi tersebut terjadi 27 Mei 2006 di DIY
- Kelompok 3 membahas materi sebab-sebab gempa bumi yang terjadi 27 Mei 2006
- Kelompok 4 membahas materi akibat gempa bumi yang terjadi 27 Mei 2006
- Kelompok 5 membahas jenis-jenis gempa menurut terjadinya
- Kelompok 6 membahas materi jenis-jenis gempa menurut kedalaman hiposentrumnya
- Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapinya
- Penutup
- Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk penguatan pemahaman
- Pemberian post tes
- Pertemuan Keempat
- Pendahuluan
- Apersepsi : Guru memeriksa kehadiran siswa
- Motivasi : Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
- Kegiatan Inti
- Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 5-6
- Tiap kelompok membahas dan mengerjakan soal sebagai berikut :
- Sebutkan dan jelaskan dengan gambar macam-macam batuan beku
- Sebutkan dan beri contoh macam-macam batuan sedimen dan metamorf
- Jelaskan beri contoh pelapukan fisis
- Jelaskan beri contoh pelapukan organis
- Jelaskan beri contoh pelapukan kimiawi
- Tiap kelompok diberi kesempatan untuk presentasi, siswa lain diminta menanggapinya
- Guru melakukan penilaian pelaksanaan diskusi
- Penutup
- Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk penguatan pemahaman
- Pemberian post tes
- Pertemuan Kelima
- Pendahuluan
- Apersepsi : Guru memeriksa kehadiran siswa
- Motivasi : Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
- Kegiatan Inti
- Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 5-6 orang siswa, tiap kelompok mendapat tugas materi berbeda
- Kelompok 1 dan 5 membahas materi proses terjadinya erosi
- Kelompok 2 dan 6 membahas materi faktor-faktor terjadinya erosi
- Kelompok 3 dan 7 membahas materi tentang dampak erosi
- Kelompok 4 dan 8 membahas materi tentang bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi
- Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapinya
- Penutup
- Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk penguatan pemahaman
- Pemberian post tes
- Pertemuan Keenam
- Pendahuluan
- Apersepsi : Guru memeriksa kehadiran siswa
- Motivasi : Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
- Kegiatan Inti
- Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 6-7 orang siswa, tiap kelompok mendapat tugas materi berbeda
- Kelompok 1 membahas materi dampak positif tenaga endogen
- Kelompok 2 membahas materi dampak negatif tenaga endogen
- Kelompok 3 membahas materi dampak positif tenaga eksogen
- Kelompok 4 membahas materi dampak negatif tenaga eksogen
- Kelompok 5 membahas materi upaya penanggulangan dampak negatif tenaga eksogen
- Kelompok 6 membahas materi upaya penanggulangan dampak negatif dari tenaga endogen
- Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapinya
- Penutup
- Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk penguatan pemahaman
- Pemberian post tes
- Penilaian :
Penilaian Proses :
Format penilaian kelompok dalam diskusi
- NoNama KelompokAspek yang diamatiJumlahRata2ABCDESkorSkor
Skor :
A = Sangat Baik = 81 - 100 C = Cukup = 41- 60
B = Baik = 61- 80 D = Kurang = 0 - 40
Keterangan :
Aspek yang diamati
- Kelengkapan informasi/data
- Kerjasama kelompok, partisipasi
- Disiplin waktu
- Minat dan antusiasme
- Keberanian mengemukakan pendapat
Format penilaian individu keaktifan siswa dalam diskusi
Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Skor Nilai | |||||||||
Bertanya | Menjawab | Berpendapat | Jumlah | Rata2 | |||||||
Ak | Sd | Ps | Ak | Sd | Ps | Ak | Sd | Ps | Skor | Skor | |
| | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | |
Keterangan : Skor:
- Aktif = Ak (8 – 10)
- Sedang = Sd (6 – 7)
- Pasif = Ps (0 – 5)
.................................
Mengetahui : Guru Mata pelajaran
Kepala Sekolah
........................... ...........................
NIP. NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP N0 : 2 )
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : VIII / 2 (Genap)
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran ( 5 x pertemuan )
- Standar Kompetensi
1. Memahami lingkungan kehidupan manusia.
- Kompetensi dasar
1.2.Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia.
- Indikator
- Menjelaskan pengertian dan kurun waktu masa pra –aksara
- Mengidentifikasi jenis- jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra- aksara
- Mendeskripsikan perkembangan kehidupan pada masa pra- aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan.
- Mengidentiifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara.
- Melacak kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.
- Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran diharapkan siswa mampu
- Menjelaskan pengertian dan kurun waktu masa pra –aksara
- Mengidentifikasi jenis- jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra- aksara
- Mendeskripsikan perkembangan kehidupan pada masa pra- aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan.
- Mengidentiifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara.
- Melacak kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.
- Materi Pembelajaran
- Pengertian dan kurun waktu masa pra –aksara
- Jenis- jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra- aksara
- Perkembangan kehidupan pada masa pra- aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan.
- Peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara.
- Kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.
- Metode dan Sumber Pembelajaran
- Metode :
- Tanya jawab
- Diskusi
- Sumber :
- Buku Sejarah kelas VII yang relavan
- Guru IPS
- Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran
- Pertemuan Pertama
- Pendahuluan
- Apersepsi : Siswa diajak mengamati atlas sejarah dan foto-foto gambar tentang persebaran
nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara
- Motivasi : Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
- Kegiatan Inti
- Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 5-6 orang siswa, tiap kelompok mendapat tugas materi berbeda
- Masing-masing kelompok disuruh membaca buku referensi tentang untuk merumuskan pengertian dan kurun waktu masa pra-aksara
- Masing-masing kelompok disuruh mengamati atlas sejarah dan foto-foto gambar tentang persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara
- Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapinya
- Penutup
- Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk pemantapan pemahaman
- Pemberian post tes
- Pertemuan Kedua
- Pendahuluan
- Apersepsi : Guru memeriksa kehadiran siswa
- Motivasi : Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
- Kegiatan Inti
- Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 5-6 orang siswa, tiap kelompok mendapat tugas materi berbeda
- Masing-masing kelompok disuruh membahas materi tentang perkembangan kehidupan pada masa pra- aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan.
- Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapinya
- Penutup
- Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk penguatan pemahaman
- Pemberian post tes
- Pertemuan Ketiga
- Pendahuluan
- Apersepsi : Tanya jawab tentang peninggalan- peninggalan kebudayaan pada masa pra aksara
- Motivasi : Guru menampilkan gambar- gambar tentang peninggalan-peninggalan kebudayaan
pada masa pra aksara
- Kegiatan Inti
- Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok terdiri dari 4-5 orang siswa
- Siswa dalam kelompok disuruh mengamati dan mendiskusikan gambar- gambar tentang peninggalan-peninggalan kebudayaan pada masa pra aksara
- Tiap kelompok diberi kesempatan untuk presentasi, siswa lain diminta menanggapinya
- Guru melakukan penilaian pelaksanaan diskusi
- Penutup
- Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk penguatan pemahaman
- Pemberian post tes
- Pertemuan Keempat
- Pendahuluan
- Apersepsi : Tanya jawab tentang kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa
Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.
- Motivasi : Guru menampilkan atlas sejarah dan foto-foto gambar tentang persebaran
nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara
- Kegiatan Inti
- Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok terdiri dari 4-5 orang siswa
- Siswa dalam kelompok disuruh membuat peta tentang kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.
- Tiap kelompok diberi kesempatan untuk presentasi, siswa lain diminta menanggapinya
- Guru melakukan penilaian pelaksanaan diskusi
- Penutup
- Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk penguatan pemahaman
- Pemberian post tes
- Penilaian :
Penilaian Proses :
Format penilaian kelompok dalam diskusi
- NoNama KelompokAspek yang diamatiJumlahRata2ABCDESkorSkor
Skor :
A = Sangat Baik = 81 - 100 C = Cukup = 41- 60
B = Baik = 61- 80 D = Kurang = 0 - 40
Keterangan :
Aspek yang diamati
- Kelengkapan informasi/data
- Kerjasama kelompok, partisipasi
- Disiplin waktu
- Minat dan antusiasme
- Keberanian mengemukakan pendapat
Format penilaian individu keaktifan siswa dalam diskusi
Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Skor Nilai | |||||||||
Bertanya | Menjawab | Berpendapat | Jumlah | Rata2 | |||||||
Ak | Sd | Ps | Ak | Sd | Ps | Ak | Sd | Ps | Skor | Skor | |
| | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | |
Keterangan : Skor:
- Aktif = Ak (8 – 10)
- Sedang = Sd (6 – 7)
- Pasif = Ps (0 – 5)
.................................
Mengetahui : Guru Mata pelajaran
Kepala Sekolah
........................... ...........................
NIP. NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP N0 : 3 )
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : VII / 1 (Ganjil)
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan )
- Standar Kompetensi
2. Memahami kehidupan sosial manusia.
- Kompetensi dasar
- Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial
- Indikator
- Menjelaskan pengertian interaksi sosial
- Menjelaskan pengertian proses sosial.
- Menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.
- Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran diharapkan siswa mampu
- Menjelaskan pengertian interaksi sosial
- Menjelaskan pengertian proses sosial.
- Menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial
- Materi Pembelajaran
- Interaksi sosial
- Proses sosial.
- Pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.
- Metode dan Sumber Pembelajaran
- Metode :
- Tanya jawab
- Diskusi
- Sumber :
- Buku Sosiologi/IPS kelas VIII yang relavan
- Guru IPS
- Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran
- Pertemuan Pertama
- Pendahuluan
- Apersepsi : Guru memeriksa kehadiran siswa
- Motivasi : Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
- Kegiatan Inti
- Pembelajaran menggunakan model Group Investigation ( oleh Sharan 1992 )
- Guru membagi siswa menjadi bebrapa kelompok kecil terdiri dari 4 orang siswa
- Siswa dalam kelompok berdiskusi tentang
- Menjelaskan pengertian interaksi sosial
- Menjelaskan pengertian proses sosial
- Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapinya.
0 comments:
Post a Comment