Friday, April 22, 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP N0 : 1 )

Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : VII / 1 (Ganjil)
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran ( 6 x pertemuan )
  1. Standar Kompetensi
1. Memahami lingkungan kehidupan manusia.

  1. Kompetensi dasar
    1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya
terhadap kehidupan.

  1. Indikator
        1. Menjelaskan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi.
        2. Menjelaskan gejala-gejala diastropisme
        3. Menjelaskan gejala vulkanisme
        4. Menyebutkan tipe-tipe gunung api
        5. Menyebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi
        6. Menyebutkan contoh akibat gempa bumi.
        7. Menyebutkan jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.
        8. Menjelaskan terjadinya pelapukan.
        9. Menjelaskan proses erosi
        10. Menyebutkan faktor-faktor penyebab erosi
        11. Menyebutkan contoh dampak erosi.
        12. Menyebutkan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
        13. Menyebutkan contoh dampak positif dan negatif dari tenaga endogen
        14. Menyebutkan contoh dampak positif dan negatif dari tenaga eksogen
        15. Menjelaskan upaya penanggulangan dampak negatif dari tenaga endogen.

  1. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran diharapkan siswa mampu
        1. Menjelaskan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi.
        2. Menjelaskan gejala-gejala diastropisme
        3. Menjelaskan gejala vulkanisme
        4. Menyebutkan tipe-tipe gunung api
        5. Menyebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi
        6. Menyebutkan contoh akibat gempa bumi.
        7. Menyebutkan jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.
        8. Menjelaskan terjadinya pelapukan.
        9. Menjelaskan proses erosi
        10. Menyebutkan faktor-faktor penyebab erosi
        11. Menyebutkan contoh dampak erosi.
        12. Menyebutkan contoh bentukan batuan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
        13. Menyebutkan contoh dampak positif dan negatif dari tenaga endogen
        14. Menyebutkan contoh dampak positif dan negatif dari tenaga eksogen
        15. Menjelaskan upaya penanggulangan dampak negatif dari tenaga endogen

  1. Materi Pembelajaran
        1. Tenaga endogen dan tenaga eksogen.
        2. Gejala-gejala diastropisme dan vulkanisme
        3. Faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi
        4. Jenis-jenis batuan.
        5. Proses pelapukan.
        6. Proses erosi dan penyebabnya
        7. Proses sedimentasi.
        8. Dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan tenaga eksogen bagi kehidupan manusia serta upaya penanggulangan dampak negatif dari tenaga endogen

  1. Metode dan Sumber Pembelajaran
  1. Metode :
  1. Tanya jawab
  2. Diskusi
  1. Sumber :
  1. Buku Geografi kelas VII yang relavan
  2. Guru IPS

  1. Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran
  1. Pertemuan Pertama
  1. Pendahuluan
  • Apersepsi : Guru memeriksa kehadiran siswa
  • Motivasi : Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
  1. Kegiatan Inti
  • Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 6-7 orang siswa, tiap kelompok mendapat tugas materi berbeda
  • Kelompok 1 membahas materi terjadinya proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi
        • Kelompok 2 membahas materi terjadinya proses alam eksogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi
        • Kelompok 3 membahas materi macam-macam lipatan dan menyebutkan contoh dengan menggunakan busa
        • Kelompok 4 membahas materi macam-macam pelapukan dancontoh bentuk patahan dengan menggunakan dus
        • Kelompok 5 membahas materi relief dataran dan gambarnya
        • Kelompok 6 membahas materi macam-macam relief laut dan gambarnya
        • Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapinya
  1. Penutup
  • Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk penguatan pemahaman
  • Pemberian post tes

  1. Pertemuan Kedua
  1. Pendahuluan
  • Apersepsi : Guru memeriksa kehadiran siswa
  • Motivasi : Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
  1. Kegiatan Inti
  • Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 5-6 orang siswa, tiap kelompok mendapat tugas materi berbeda
  • Kelompok 1 dan 2 membahas materi tanda-tanda daerah vulkanik
  • Kelompok 3 dan 4 membahas materi macam-macam erupsi
  • Kelompok 5 dan 6 membahas material hasil erupsi
  • Kelompok 7 dan 8 membahas materi tipe gunung berapi
  • Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapinya
  1. Penutup
  • Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk penguatan pemahaman
  • Pemberian post tes
  1. Pertemuan Ketiga
  1. Pendahuluan
  • Apersepsi : Guru memeriksa kehadiran siswa
  • Motivasi : Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
  1. Kegiatan Inti
  • Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 6-7 orang siswa, tiap kelompok mendapat tugas materi berbeda
  • Kelompok 1 membahas materi gempa bumi yang terjadi 27 Mei 2006
  • Kelompok 2 membahas materi mengapa gempa bumi tersebut terjadi 27 Mei 2006 di DIY
  • Kelompok 3 membahas materi sebab-sebab gempa bumi yang terjadi 27 Mei 2006
  • Kelompok 4 membahas materi akibat gempa bumi yang terjadi 27 Mei 2006
  • Kelompok 5 membahas jenis-jenis gempa menurut terjadinya
  • Kelompok 6 membahas materi jenis-jenis gempa menurut kedalaman hiposentrumnya
  • Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapinya
  1. Penutup
  • Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk penguatan pemahaman
  • Pemberian post tes
  1. Pertemuan Keempat
  1. Pendahuluan
  • Apersepsi : Guru memeriksa kehadiran siswa
  • Motivasi : Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
  1. Kegiatan Inti
        • Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 5-6
        • Tiap kelompok membahas dan mengerjakan soal sebagai berikut :
          • Sebutkan dan jelaskan dengan gambar macam-macam batuan beku
          • Sebutkan dan beri contoh macam-macam batuan sedimen dan metamorf
          • Jelaskan beri contoh pelapukan fisis
          • Jelaskan beri contoh pelapukan organis
          • Jelaskan beri contoh pelapukan kimiawi
        • Tiap kelompok diberi kesempatan untuk presentasi, siswa lain diminta menanggapinya
        • Guru melakukan penilaian pelaksanaan diskusi
  1. Penutup
  • Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk penguatan pemahaman
  • Pemberian post tes
  1. Pertemuan Kelima
  1. Pendahuluan
  • Apersepsi : Guru memeriksa kehadiran siswa
  • Motivasi : Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
  1. Kegiatan Inti
  • Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 5-6 orang siswa, tiap kelompok mendapat tugas materi berbeda
  • Kelompok 1 dan 5 membahas materi proses terjadinya erosi
  • Kelompok 2 dan 6 membahas materi faktor-faktor terjadinya erosi
  • Kelompok 3 dan 7 membahas materi tentang dampak erosi
  • Kelompok 4 dan 8 membahas materi tentang bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi
  • Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapinya
  1. Penutup
  • Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk penguatan pemahaman
  • Pemberian post tes

  1. Pertemuan Keenam
  1. Pendahuluan
  • Apersepsi : Guru memeriksa kehadiran siswa
  • Motivasi : Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
  1. Kegiatan Inti
  • Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 6-7 orang siswa, tiap kelompok mendapat tugas materi berbeda
  • Kelompok 1 membahas materi dampak positif tenaga endogen
        • Kelompok 2 membahas materi dampak negatif tenaga endogen
        • Kelompok 3 membahas materi dampak positif tenaga eksogen
        • Kelompok 4 membahas materi dampak negatif tenaga eksogen
        • Kelompok 5 membahas materi upaya penanggulangan dampak negatif tenaga eksogen
        • Kelompok 6 membahas materi upaya penanggulangan dampak negatif dari tenaga endogen
        • Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapinya
  1. Penutup
  • Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk penguatan pemahaman
  • Pemberian post tes

  1. Penilaian :
Penilaian Proses :
Format penilaian kelompok dalam diskusi
No
Nama Kelompok
Aspek yang diamati
Jumlah
Rata2
A
B
C
D
E
Skor
Skor




































Skor :
A = Sangat Baik = 81 - 100 C = Cukup = 41- 60
B = Baik = 61- 80 D = Kurang = 0 - 40
Keterangan :
Aspek yang diamati
  1. Kelengkapan informasi/data
  2. Kerjasama kelompok, partisipasi
  3. Disiplin waktu
  4. Minat dan antusiasme
  5. Keberanian mengemukakan pendapat
Format penilaian individu keaktifan siswa dalam diskusi
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor Nilai
Bertanya
Menjawab
Berpendapat
Jumlah
Rata2
Ak
Sd
Ps
Ak
Sd
Ps
Ak
Sd
Ps
Skor
Skor
























Keterangan : Skor:
  1. Aktif = Ak (8 – 10)
  2. Sedang = Sd (6 – 7)
  3. Pasif = Ps (0 – 5)
.................................
Mengetahui : Guru Mata pelajaran
Kepala Sekolah


........................... ...........................
NIP. NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP N0 : 2 )

Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : VIII / 2 (Genap)
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran ( 5 x pertemuan )
  1. Standar Kompetensi
1. Memahami lingkungan kehidupan manusia.

  1. Kompetensi dasar
1.2.Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia.

  1. Indikator
        1. Menjelaskan pengertian dan kurun waktu masa pra –aksara
        2. Mengidentifikasi jenis- jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra- aksara
        3. Mendeskripsikan perkembangan kehidupan pada masa pra- aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan.
        4. Mengidentiifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara.
        5. Melacak kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.

  1. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran diharapkan siswa mampu
        1. Menjelaskan pengertian dan kurun waktu masa pra –aksara
        2. Mengidentifikasi jenis- jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra- aksara
        3. Mendeskripsikan perkembangan kehidupan pada masa pra- aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan.
        4. Mengidentiifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara.
        5. Melacak kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.

  1. Materi Pembelajaran
        1. Pengertian dan kurun waktu masa pra –aksara
        2. Jenis- jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra- aksara
        3. Perkembangan kehidupan pada masa pra- aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan.
        4. Peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara.
        5. Kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.

  1. Metode dan Sumber Pembelajaran
  1. Metode :
  1. Tanya jawab
  2. Diskusi
  1. Sumber :
  1. Buku Sejarah kelas VII yang relavan
  2. Guru IPS








  1. Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran
  1. Pertemuan Pertama
  1. Pendahuluan
  • Apersepsi : Siswa diajak mengamati atlas sejarah dan foto-foto gambar tentang persebaran
nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara
  • Motivasi : Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
  1. Kegiatan Inti
  • Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 5-6 orang siswa, tiap kelompok mendapat tugas materi berbeda
  • Masing-masing kelompok disuruh membaca buku referensi tentang untuk merumuskan pengertian dan kurun waktu masa pra-aksara
  • Masing-masing kelompok disuruh mengamati atlas sejarah dan foto-foto gambar tentang persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara
  • Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapinya
  1. Penutup
  • Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk pemantapan pemahaman
  • Pemberian post tes
  1. Pertemuan Kedua
  1. Pendahuluan
  • Apersepsi : Guru memeriksa kehadiran siswa
  • Motivasi : Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
  1. Kegiatan Inti
  • Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 5-6 orang siswa, tiap kelompok mendapat tugas materi berbeda
        • Masing-masing kelompok disuruh membahas materi tentang perkembangan kehidupan pada masa pra- aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan.
        • Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapinya
  1. Penutup
  • Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk penguatan pemahaman
  • Pemberian post tes
  1. Pertemuan Ketiga
  1. Pendahuluan
  • Apersepsi : Tanya jawab tentang peninggalan- peninggalan kebudayaan pada masa pra aksara
  • Motivasi : Guru menampilkan gambar- gambar tentang peninggalan-peninggalan kebudayaan
pada masa pra aksara
  1. Kegiatan Inti
  • Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok terdiri dari 4-5 orang siswa
  • Siswa dalam kelompok disuruh mengamati dan mendiskusikan gambar- gambar tentang peninggalan-peninggalan kebudayaan pada masa pra aksara
  • Tiap kelompok diberi kesempatan untuk presentasi, siswa lain diminta menanggapinya
  • Guru melakukan penilaian pelaksanaan diskusi
  1. Penutup
  • Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk penguatan pemahaman
  • Pemberian post tes
  1. Pertemuan Keempat
  1. Pendahuluan
  • Apersepsi : Tanya jawab tentang kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa
Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.
  • Motivasi : Guru menampilkan atlas sejarah dan foto-foto gambar tentang persebaran
nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara


  1. Kegiatan Inti
  • Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok terdiri dari 4-5 orang siswa
  • Siswa dalam kelompok disuruh membuat peta tentang kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.
        • Tiap kelompok diberi kesempatan untuk presentasi, siswa lain diminta menanggapinya
        • Guru melakukan penilaian pelaksanaan diskusi
  1. Penutup
  • Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk penguatan pemahaman
  • Pemberian post tes

  1. Penilaian :
Penilaian Proses :
Format penilaian kelompok dalam diskusi
No
Nama Kelompok
Aspek yang diamati
Jumlah
Rata2
A
B
C
D
E
Skor
Skor




































Skor :
A = Sangat Baik = 81 - 100 C = Cukup = 41- 60
B = Baik = 61- 80 D = Kurang = 0 - 40
Keterangan :
Aspek yang diamati
  1. Kelengkapan informasi/data
  2. Kerjasama kelompok, partisipasi
  3. Disiplin waktu
  4. Minat dan antusiasme
  5. Keberanian mengemukakan pendapat
Format penilaian individu keaktifan siswa dalam diskusi
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor Nilai
Bertanya
Menjawab
Berpendapat
Jumlah
Rata2
Ak
Sd
Ps
Ak
Sd
Ps
Ak
Sd
Ps
Skor
Skor

























Keterangan : Skor:
  1. Aktif = Ak (8 – 10)
  2. Sedang = Sd (6 – 7)
  3. Pasif = Ps (0 – 5)
.................................
Mengetahui : Guru Mata pelajaran
Kepala Sekolah



........................... ...........................
NIP. NIP








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP N0 : 3 )

Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : VII / 1 (Ganjil)
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan )
  1. Standar Kompetensi
2. Memahami kehidupan sosial manusia.

  1. Kompetensi dasar
    1. Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial

  1. Indikator
        1. Menjelaskan pengertian interaksi sosial
        2. Menjelaskan pengertian proses sosial.
        3. Menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.

  1. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran diharapkan siswa mampu
        1. Menjelaskan pengertian interaksi sosial
        2. Menjelaskan pengertian proses sosial.
        3. Menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial

  1. Materi Pembelajaran
        1. Interaksi sosial
        2. Proses sosial.
        3. Pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.


  1. Metode dan Sumber Pembelajaran
  1. Metode :
  1. Tanya jawab
  2. Diskusi
  1. Sumber :
  1. Buku Sosiologi/IPS kelas VIII yang relavan
  2. Guru IPS

  1. Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran
  1. Pertemuan Pertama
  1. Pendahuluan
  • Apersepsi : Guru memeriksa kehadiran siswa
  • Motivasi : Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
  1. Kegiatan Inti
  • Pembelajaran menggunakan model Group Investigation ( oleh Sharan 1992 )
  • Guru membagi siswa menjadi bebrapa kelompok kecil terdiri dari 4 orang siswa
  • Siswa dalam kelompok berdiskusi tentang
    • Menjelaskan pengertian interaksi sosial
    • Menjelaskan pengertian proses sosial
  • Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapinya.
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Followers

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!