Wednesday, April 20, 2011

Silabus

Sekolah : SMP .....
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VII / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
  1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen

Gejala diastropisme dan vulkanisme

Faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi

Jenis-jenis batuan



Proses pelapukan



Proses erosi dan penyebabnya



Proses sedimentasi.


Dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangan-nya.

Mengamati gambar bentukan-bentukan di mka bumi yang merupakan hasil dari tenaga geologi.

Mengamati gambar tentang gejala-gejala diastropisme dan vulkanisme.
Mengamati peta sebaran tipe gunung api di Indonesia.


Mengkaji faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi.



Mengamati contoh jenis batuan melalui gambar dan batuan yang ada di lingkungan sekitar.

Mengamati gambar dan lingkungan sekitar tentang proses pelapukan.


Mengamati obyek dan gambar tentang erosi.






Menelaah contoh kenampakan hasil proses sedimentasi

Membaca buku sumber tentang dampak positif dan negatif tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.

  • Mendeskripsikan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi.

  • Mendeskripsikan gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.


  • Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.


  • Mengindentifikasi jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.

  • Mendeskripsikan proses pelapukan.


  • Mendeskripsikan proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya..


  • Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.

  • Mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.


Tes lisan



Tes tulis




Penugasan




Tes tulis



Tes tulis




Tes tulis



Tertulis



Tertulis
Daftar pertanyaan.



Pilihan Ganda





Tugas rumah



Tes Uraian



Tes Uraian




Pilihan ganda






Tes Uraian


Tes Uraian
Apakah yang dimaksud tenaga geologi dan berikan contohnya!

Tipe gunung api yang banyak terdapat di Indonesia yaitu ….
  1. maar
  2. perisai
  3. starto
  4. kaldera

Buatlah peta jalur gempa bumi di Indonesia pada kertas karton ukuran A2!


Berikan dua contoh jenis batuan sedimen!


Jelaskan proses pelapukan biologis!




Erosi yang disebabkan gelombang air laut yang mengikis pantai disebut ....
    1. abrasi
    2. deflasi
    3. glasial
    4. korasi

Berilah 2 contoh bentang alam hasil sedimentasi oleh air!


Jelaskan 3 manfaat material vulkanik gunung api !






12 JP
Peta
Atlas
Globe
Gambar proses terjadinya diastropisme.
Gambar tipe gunung api
Gambar jenis batuan
LKS
CD
Buku sumber yang relevan.



1.2.Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia.

Pengertian dan kurun waktu pra-aksara



Jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra –aksara


Perkembangan kehidupan pada masa pra-aksara.


Peninggalan –peninggalan kebudayaan.


Kedatangan nenek moyang dari Yunan tersebar di Nusantara.
Membaca referensi untuk merumuskan pengertian dan kurun waktu masa pra -aksara

Dengan Atlas Sejarah dan foto –foto/ gambar mengamati jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa Pra-aksara


Membaca buku referensi, mengamati gambar dan diskusi untuk menelaah kehidupan pada masa pra-aksara dan peralatan yang digunakan.


Membaca buku referensi dan mengamati gambar untuk mengidentifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra aksara.


Mengamati atlas sejarah kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia.

  • Menjelaskan pengertian dan kurun waktu masa pra –aksara



  • Mengidentifikasi jenis- jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra- aksara


  • Mendeskripsikan perkembangan kehidupan pada masa pra- aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan.

  • Mengidentiifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara.


  • Melacak kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.

Tes tulis




Penugasan





Tes tulis


Tes tulis






Penugasan
Tes Uraian




Tugas rumah




Tes Uraian


Tes pilihan ganda





Tugas rumah
Jelaskan pengertian masa pra aksara.



Kumpulkan gambar manusia purba dan peninggalan kebudayaannya serta kelompokkan sesuai kurun waktunya kemudian buatlah mading
Secara berkelompok


Berilah contoh-contoh peralatan yang dipergunakan pada masa berburu!




Peninggalan budaya Megalithikum diantaranya ialah ....
a.menhir dan dolmen
b.nekara dan menhir
c.sarkopagus dan dolmen
d.kapak lonjong dan moko

Buatlah peta kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara!
8 JP
Buku sumber yang relefan
Atlas Sejarah
Foto –foto
Gambar –gambar sejarah
Musium
Situs sejarah






Standar Kompetensi : 2. Memahami kehidupan sosial manusia.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
  1. Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial



Kaitan interaksi sosial dengan proses sosial.

Pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.

Mengkaji kaitan interaksi sosial dan proses sosial dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan terdeka.

Mengkaji pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.


  • Menjelaskan kaitan interaksi sosial dan proses sosial.


  • Menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.


Tes tulis



Portofolio



Tes Uraian



Rubrik



Jelaskan kaitan interaksi sosial dengan proses sosial!


Buatlah kliping yang terdiri dari 5 peristiwa proses assosiatif dan 5 proses dissosiatif dari surat kabar atau tabloid.

4 JP
Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi.
VCD
Buku-buku sumber yang relevan.
Surat kabar.
Masyarakat

  1. Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian



Pengertian sosialisasi

Faktor yang mempengaruhi sosialisasi.

Fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.

Tanya jawab tentang pengertian sosialisasi.

Mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi.


Diskusi tentang fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.



  • Menjelaskan pengertian dan pentingnya proses sosialisasi.

  • Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi.


  • Menguraikan fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.



Tes tulis


Tes tulis



Tes tulis


Tes Uraian


Tes Uraian



Pilihan ganda

Jelaskan pengertian sosialisasi!


Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi!


Seorang anak diajarkan untuk mencium tangan orangtuanya. Proses sosialisasi ini digolongkan sebagai sosialisasi ....
    1. primer
    2. skunder
    3. tersier
    4. kuarter


6 JP
Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi.
VCD
Buku-buku sumber yang relevan.
Surat kabar.
Masyarakat

  1. Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial



Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.




Bentuk-bentuk interaksi sosial:
Antar individu dengan individu.
Antar individu dengan kelompok.
Antar keompok dengan kelompok.


Tanya jawab tentang syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.





Diskusi tentang bentuk-bentuk interaksi sosial.



  • Menjelaskan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.





  • Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial.



Tes tulis






Tes unjuk kerja

Pilihan ganda





Tes petik kerja prosedur dan produk

Contoh interaksi sosial berikut ini adalah ....
      1. Guru mengajar siswa
      2. Petani menyiram tanaman
      3. Pawang melatih gajah
      4. Sopir menyetir taksi

Buatlah kliping berita dari media cetak, masing-masing lima contoh peristiwa tentang interaksi sosial antar :
        • individu dengan individu
        • individu dengan kelompok
        • kelompok dengan kelompok


6 JP
Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi.
VCD
Buku-buku sumber yang relevan.
Surat kabar.
Masyarakat
  1. Mengurai-kan proses interaksi sosial


Proses sosial asosiatif


Proses sosial disosiatif.



Diskusi tentang proses sosial asosiatif .


Diskusi tentang proses sosial disosiatif.





  • Mengidentifikasi proses sosial asosiatif .


  • Memberi contoh proses sosial disosiatif.
Tes tulis



Tes unjuk kerja
Tes Uraian



Panduan observasi
Jelaskan apa yang dimaksud dengan kerjasama!


Cobalah identifikasi contoh dan proses sosial disosiatif yang terjadi di lingkungan masyarakatmu!

6 JP
Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi.
VCD
Buku-buku sumber yang relevan.
Surat kabar.
Masyarakat




Standar Kompetensi : 3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
  1. Mendes-krepsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenui kebutuh-an













Hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral

Makna manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi.

Ciri-ciri manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi.



Mengaplikasikan hubungan yang harmonis antar manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral.

Mendiskusikan hakekat manusia hakekat makhluk sosial dan ekonomi




Mengkaji tentang makna manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral



Membaca buku referensi selanjutnya mendiskusikan ciri-ciri manusia sbagai makhluk sosial dan ekonomi yg bermoral


Menyimpulkan cara mengaplikasikan hubungan yang harmonis antar manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral.


  • Mendeskripsikan hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral


  • Mengidentifikasi makna manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral


  • Mengidentifikasi ciri-citi makhluk sosial dan makhluk ekonomi yangbermoral



  • Mewujudkan hubungan yang harmonis antarmanusia sebagai makhluk sosial & ekonomi yang bermoral
Tes
Lisan




Tes tulis





Tes tulis



Observasi


Daftar pertanyaan





Tes Uraian





Tes pilihan ganda


Lembar Observasi
Coba berikan contoh dalam
kehidupan sehari-hari kegiatan
manusia sebagai makhluk sosial


Jelaskan makna manusia sebagai
makhluk ekonomi yang bermoral!


Berikut ini yang bukan ciri-ciri makhluk sosial adalah :
a. saling tolong menolong
b. setia kawan dan toleransi
c. individual dan egois
d. simpati dan empati

Lakukan pengamatan pada warga di sekitar tempat tinggalmu kegiatan sosial apa yang dilakukan

8 JP


















Guru IPS

Buku Materi
Yang relefan

Lingkungan sekolah

Lingkungan
Keluarga

Lingkungan masyarakat









  1. Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari

Pemanfaatan
sumber daya
ekonomi



Tindakan
ekonomi


Pengertian motif dan prinsip ekonomi

macam-macam motif dan prinsip ekonomi.


Kegiatan/tindak-an ekonomi sehari-hari berdasar motif dan prinsip ekonomi.


Manfaat/prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.
Mendiskusikan perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya




Mendiskusikan tindakan ekonomi rasional yg dila-kukan manusia


Mendiskusikan pengertian motif dan prinsip ekonomi


Membaca literatur dan mendiskusikan macam – macam motif dan prinsip Ekonomi


Mendiskusikan tentang contoh-contoh dan pentingnya kegiatan / tindakan ekonomi yang berdasarkan motif dan prinsip ekonomi



Tanya jawab tentang manfaat/ pentingnya prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mendeskripsikan perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya

  • Mendeskripsikan berbagai tindakan ekonomi rasional yang dilakukan manusia

  • Mendefinisikan pengertian motif dan prinsip ekonomi.


  • Mengidentifikasi macam-macam motif dan prinsip ekonomi.


  • Mengaplikasikan kegiatan / tindakan ekonomi sehari-hari berdasar motif dan prinsip ekonomi.



  • Mengidentifikasi manfaat /pentingnya prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.
Tes Lisan




Tes tulis


Tes tulis



Tes tulis




Observasi






Tes tulis
Daftar pertanyaan




Tes Isian



Tes Uraian



Tes pilihan ganda



Lembar Observasi





Tes Uraian
Bagaimana sikap kita dalam
memanfaatkan sumberdaya
yang terbatas ?



Salah satu tindakan ekonomi
yang rasional yg dpt kita lakukan adalah ... .

Jelaskan pengertian motif ekonomi.


Pada umumnya motif ekonomi yang dilakukan manusia adalah karena ... .
a. kebutuhan
b. keuntungan
c. sosial
d. penghargaan

Amatilah kegiatan penduduk disekitarmu! Buatlah laporan tentang kegiatan sehari-hari yang dilakukan berdasarkan motif ekonomi!

Tentukan 5 macam kegiatan ekonomi yang dilakukan seseorang dalam kehidupan sehari-hari yang berdasarkan prinsip ekonomi.
6 JP

Guru PS
Ekonomi

Buku
Materi yg relevan


Keluarga

Lingkung
an masya
rakat

Categories:

0 comments:

Post a Comment

Followers

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!