Masa Kolonial Eropa di Indonesi

MASA KOLONIAL EROPA DI INDONESIA


A.Peran Indonesia Dalam Perdagangan Dan Pelayaran Antara Asia Dan Eropa

Indonesia terlibat langsung dalam perkembangan perdagangan dan perlayaran antara Asia dan Eropa karena letak geografis indonesia yg berada pada jalur pelayaran tersebut karena indonesia penghasil rempah-rempah.Pada tahun 1521, telah terbuka jalan laut yg menghubungkan indonesia (maluku) dgn Eropa Barat.Pusat-pusat perdagangan di laut tengah merupakan kawasan yg sangat sibuk dan ramai.Disamping itu, tdk jarang orang-orang Eropa mendatangi pusat –pusat perdagangan laut tengah dalam mendapatkan rempah-rempah.

B.Kedatangan Bangsa Eropa Ke Indonesia
 Jatuhnya konstantinopel mendorong negara-negara Eropa datang ke indonesia untuk mencari rempah-rempah.Namun ternyata tujuan mereka tdk hanya sekedar datang mereka berusaha mengambil alih perdagangan,menguasainya,dan akhirnya menjadikanya negara jajahan.
1. Kedatangan Bangsa Portugis Ke Indonesia
Tujuan tersebut lebih dikenal dgn:
• Gold,yaitu mencari emas dan kekayaan
• Glory,yaitu mencari keharuman nama,kejayaan,dan kekuasaan.
• Gospel,yaitu tugas suci menyebarkan agama Kristen
2. Kedatangan Bangsa Spanyol Ke Indonesia
Tujuan bangsa Spanyol yaitu mencari kekayaan,menyebarkan agama nasrani dan mencari daerah jajahan.Pada tanggal 8 Nopember 1521,kapal dagang Spanyol berlabuh di maluku.
3. Kedatangan Bangsa Inggris ke Indonesia
Inggris mendirikan kongsi dagang yg diberi nama East Indian Company pda tahun 1600. Pada tahun 1811, Thomas Stamford Raffles telah berhasil merebut seluruh wilayah kekuasaan Belanda di Indonesia.
4. Kedatangan bangsa Belanda di Indonesia
Perang antara Belanda melawan Spanyol selama 80 tahun (1568-1648) telah mendorong Belanda mencari daerah jajahan ke nusantara. Belanda datang pertama kali ke Indonesia pda thn 1596, dibawah pimpinan Cornelis De Houtman, dan berhasil mendarat di pelabuhan Banten. Pda tgl 20 Maret 1602 Belanda mendirikan kongsi dagang bernama VOC.
C. PERKEMBANGAN MASYARAKAT, KEBUDAYAAN, DAN PEMERINTAHAN PADA MASA KOLONIAL EROPA

1. Masa colonial Portugis
Di Ternate bangsa Portugis berusaha merebut perdagangan cengkeh dan pala. Di daerah Maluku, Portugis berusaha menanamkan usaha kekuasaannya, namun hampir semua menolak kehadirannya karena sikap Portugis yg sombong.
2. Masa colonial Spanyol
Spanyol hanya berhasil menguasai kerajaan Tidore saja, itupun tidak lama, karena setalah masyarakat Ternate dan Tidore bersatu, Spanyol jg diusir dri Maluku.
3. Masa colonial Inggris
Monopoli dagang yg diprogramkan oleh EIC tidak sempat berkembang di Indonesia krn Inggris segera terdesak oleh Belanda. Saat itu Inggris di bawah pimpinan gubernur jendral Raffles. Perkembangan masyarakat pda masa Raffles lebih baik daripada saat pimpinan Daendles.



4. Masa colonial Belanda
Semanjak Belanda menginjakkan kakinya ke Indonesia mereka mendirikan VOC. Tanam paksa adalah peraturan yg mewajibkan setiap desa untuk menyisihkan sebagian tanahnya utk ditnmi komoditi ekspor, khususnya kopi, tebu, dan nila. Politik etis adlh suatu pemikiran yg menyatakan bahwa pemerintah colonial memegang tanggung jawab moral bagi kesejahteraan pribumi.

2 comments:

SalsaDira said...

Thanks, tulisannya meringkas materi banget

Anonymous said...

yyyyyyy

Post a Comment