Kreativitas Dalam Kehidupan Ekonomi

Definisi Kreativitas

David Campbell mengatakan bahwa kreativitas adalah kegiatan yang mendatangkan hasil yang sifatnya baru, berguna, dan dapat dimengerti.

John W. Haefele mengatakan kreativitas adalah kemampuan membuat kombinasi-kombinasi baru yang bernilai sosial.

George J. Seidel mengatakan bahwa kreativitas adalah kemampuan untuk menghubungkan dan mengaitkan, kadang-kadang dengan cara-cara yang ganjil, namun mengesankan, dan ini merupakan dasar pendayagunaan kreatif dari daya rohani manusia dalam bidang atau lapangan manapun.

Jaques Hadamard mengatakan bahwa kreativitas adalah penggabungan ide-ide.
KATA KUNCI KREATIVITAS
• Baru
• Berguna
• Dapat dimengerti
• Kombinasi
• Menghubungkan dan mengaitkan
• Lapangan manapun
Kreativitas adalah kemampuan melakukan kombinasi sumber daya yang menghasilkan barang atau jasa yang sifatnya baru, bermanfaat, dan dapat memenuhi kebutuhan manusia.
Inovasi adalah pengenalan hal-hal baru .

CIRI-CIRI ORANG KREATIF
• Melahirkan ide
• Pemecahan masalah
• Cara-cara baru
• Penemuan

Ciri-ciri yang memungknkan orang kreatif adalah tindakan yang mempertahankan ide/gagasan dan kreativitas yang sudah dihasilkan. Hal-hal yang dapat dilakukan :
• Kemampuan bekerja keras
• Berfikir mandiri
• Pantang menyarah
Ciri-ciri sampingan adalah ciri yang tidak langsung berhubungan dengan penciptaan atau menjaga ide-ide yang sudah ditemukan agar tetap hidup dan berlaku dan sekaligus mempengaruhi perilaku orang-prang kreatif.
Ciri-ciri sampingan yang harus dihindari :
• Kurang acuh terhadap orang lain
• Menutup diri
• Angkuh
• Pantang perubahan
Pengembangan Kreatif dan Inovasi :
• Dari dalam dirinya
• Melihat melakukan dan berlatih
• Dari lingkungan diluar dirinya
Mental Orang Kreatif Menurut Julius Chandra :
• Hasrat
• Kepekaan
• Minat
• Rasa ingin tahu
• Berfikir mendalam
• Konsentrasi
• Siap mencoba dab melaksanakan
• Kesabaran
• Optimise
• Mampu bekerjasama

Hasil Kreatifitas dan Inovasi di Bidang Produksi


Kemandirian
Kemandirian melalui pendidikan dan pengalaman yang diperoleh dari :
• Lingkungan keluarga
• Lingkungan sekolah
• Lingkungan masyarakat
Kewirausahaan
Kewirausahaan berasal dari kata wira yang berarti gagah atau berani, dan usaha. Secara sederhana wirausaha adalah orang yang berani berusaha dan berani menanggung resiko atas usaha yang dilakukannya.
Biddy Rahmadinov memberikan 11 rahasia meraih sukses :
• Berdoa kepada Tuhan
• Tidak menyia-nyiakan waktu
• Mau bekerja keras
• Tidak mengikuti gengsi
• Jujur
• Pantang menyarah
• Mewujudkan impian menjadi kenyataan
• Berani mengubah nasib
• Sukses YESS,stres NO
• Berguna untuk sesama
• Bersyukur kepada tuhan

Hidrosfer

Hidrosfer
Hidrosfer adalah lapisan air yang ada di permukaan bumi. Kata hidrosfer berasal dari kata hidros yang berarti air dan sphere yang berarti lapisan. Hidrosfer di permukaan bumi meliputi danau, sungai, laut, lautan, salju atau gletser, air tanah dan uap air yang terdapat di lapisan udara.Daftar

Siklus hidrologi
Siklus hidrologi adalah suatu proses peredaran atau daur ulang air secara yang berurutan secara terus-menerus. Pemanasan sinar matahari menjadi pengaruh pada siklus hidrologi. Air di seluruh permukaan bumi akan menguap bila terkena sinar matahari. Pada ketinggian tertentu ketika temperatur semakin turun uap air akan mengalami kondensasi dan berubah menjadi titik-titik air dan jatuh sebagai hujan.
Siklus hidrologi dibedakan menjadi tiga, yaitu siklus pendek, siklus sedang dan siklus panjang.
Siklus pendek
Dalam siklus pendek, air laut mengalami pemanasan dan menguap menjadi uap air.Pada ketinggian tertentu uap air mengalami kondensasi menjadi awan. Bila butir-butir embun air itu cukup jenuh dengan uap air, hujan akan turun di atas permukaan laut.
Siklus sedang
Pada siklus sedang, uap air yang berasal dari lautan ditiup oleh angin menuju ke daratan. Di daratan uap air membentuk awan yang akhirnya jatuh sebagai hujan di atas daratan. Air hujan tersebut akan mengalir melalui sungai-sungai, selokan dan sebagainya hingga kembali lagi ke laut.
Siklus panjang
Pada siklus panjang, uap air yang berasal dari lautan ditiup oleh angin ke atas daratan. Adanya pendinginan yang mencapai titik beku pada ketinggian tertentu, membuat terbentuknya awan yang mengandung kristal es. Awan tersebut menurunkan hujan es atau salju di pegunungan. Di permukaan bumi es mengalir dalam bentuk gletser, masuk ke sungai dan selanjutnya kembali ke lautan.

Hidrosfer di muka bumi selanjutnya akan dikelompokkan menjadi dua, yaitu perairan darat dan perairan laut.
Perairan di daratan
Perairan di daratan tergolong sebagai perairan tawar, yaitu semua perairan yang melintasi daratan. Air di daratan meliputi air tanah dan air permukaan.
Air tanah
Air tanah adalah air yang terdapat di dalam tanah. Air tanah berasal dari salju, hujan atau bentuk curahan lain yang meresap ke dalam tanah dan tertampung pada lapisan kedap air.
Air tanah dangkal
Air freatis adalah air tanah yang terletak di atas lapisan kedap air tidak jauh dari permukaan tanah.Air freatis sangat dipengaruhi oleh resapan air di sekelilingnya. Pada musim kemarau jumlah air freatis berkurang. Sebaliknya pada musim hujan jumlah air freatis akan bertambah. Air freatis dapat diambil melalui sumur atau mata air.
Air tanah dalam
Air artesis adalah air tanah yang terletak jauh di dalam tanah, di antara dua lapisan kedap air. Lapisan di antara dua lapisan kedap air tersebut disebut lapisan akuifer. Lapisan tersebut banyak menampung air. Jika lapisan kedap air retak, secara alami air akan keluar ke permukaan. Air yang memancar ke permukaan disebut mata air artesis. Air artesis dapat dapat diperoleh melalui pengeboran. Sumur pengeborannya disebut sumur artesis.
Air permukaan
Air permukaan adalah wadah air yang terdapat di permukaan bumi. Bentuk air permukaan meliputi sungai, danau, rawa.
Sungai
Sungai adalah air hujan atau mata air yang mengalir secara alami melalui suatu lembah atau di antara dua tepian dengan batas jelas, menuju tempat lebih rendah (laut, danau atau sungai lain).
Bagian-bagian sungai
Sungai terdiri dari 3 bagian, yaitu bagian hulu, bagian tengah dan bagian hilir.
Bagian hulu sungai terletak di daerah yang relatif tinggi sehingga air dapat mengalir turun.
Bagian tengah sungai terletak pada daerah yang lebih landai.
Bagian hilir sungai terletak di daerah landai dan sudah mendekati muara sungai.

Jenis-jenis sungai
Jenis-jenis sungai dibagi menjadi 5, yaitu sungai hujan, sungai gletser, sungai campuran, sungai permanen dan sungai periodik.
Sungai hujan adalah sungai yang berasal dari hujan.
Sungai gletser adalah sungai yang airnya berasal dari gletser atau bongkahan es yang mencair.
Sungai campuran adalah sungai yang airnya berasal dari hujan dan salju yang mencair.
Sungai permanen adalah sungai yang airnya relatif tetap.
Sungai periodik adalah sungai dengan volume air tidak te

RPP IPS Kelas 7 Semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP N0 : 1 )

Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : VII / 1 (Ganjil)
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran ( 6 x pertemuan )
  1. Standar Kompetensi
1. Memahami lingkungan kehidupan manusia.

  1. Kompetensi dasar
    1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya
terhadap kehidupan.

  1. Indikator
        1. Menjelaskan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi.
        2. Menjelaskan gejala-gejala diastropisme
        3. Menjelaskan gejala vulkanisme
        4. Menyebutkan tipe-tipe gunung api
        5. Menyebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi
        6. Menyebutkan contoh akibat gempa bumi.
        7. Menyebutkan jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.
        8. Menjelaskan terjadinya pelapukan.
        9. Menjelaskan proses erosi
        10. Menyebutkan faktor-faktor penyebab erosi
        11. Menyebutkan contoh dampak erosi.
        12. Menyebutkan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
        13. Menyebutkan contoh dampak positif dan negatif dari tenaga endogen
        14. Menyebutkan contoh dampak positif dan negatif dari tenaga eksogen
        15. Menjelaskan upaya penanggulangan dampak negatif dari tenaga endogen.

  1. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran diharapkan siswa mampu
        1. Menjelaskan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi.
        2. Menjelaskan gejala-gejala diastropisme
        3. Menjelaskan gejala vulkanisme
        4. Menyebutkan tipe-tipe gunung api
        5. Menyebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi
        6. Menyebutkan contoh akibat gempa bumi.
        7. Menyebutkan jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.
        8. Menjelaskan terjadinya pelapukan.
        9. Menjelaskan proses erosi
        10. Menyebutkan faktor-faktor penyebab erosi
        11. Menyebutkan contoh dampak erosi.
        12. Menyebutkan contoh bentukan batuan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
        13. Menyebutkan contoh dampak positif dan negatif dari tenaga endogen
        14. Menyebutkan contoh dampak positif dan negatif dari tenaga eksogen
        15. Menjelaskan upaya penanggulangan dampak negatif dari tenaga endogen

  1. Materi Pembelajaran
        1. Tenaga endogen dan tenaga eksogen.
        2. Gejala-gejala diastropisme dan vulkanisme
        3. Faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi
        4. Jenis-jenis batuan.
        5. Proses pelapukan.
        6. Proses erosi dan penyebabnya
        7. Proses sedimentasi.
        8. Dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan tenaga eksogen bagi kehidupan manusia serta upaya penanggulangan dampak negatif dari tenaga endogen

  1. Metode dan Sumber Pembelajaran
  1. Metode :
  1. Tanya jawab
  2. Diskusi
  1. Sumber :
  1. Buku Geografi kelas VII yang relavan
  2. Guru IPS

  1. Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran
  1. Pertemuan Pertama
  1. Pendahuluan
  • Apersepsi : Guru memeriksa kehadiran siswa
  • Motivasi : Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
  1. Kegiatan Inti
  • Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 6-7 orang siswa, tiap kelompok mendapat tugas materi berbeda
  • Kelompok 1 membahas materi terjadinya proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi
        • Kelompok 2 membahas materi terjadinya proses alam eksogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi
        • Kelompok 3 membahas materi macam-macam lipatan dan menyebutkan contoh dengan menggunakan busa
        • Kelompok 4 membahas materi macam-macam pelapukan dancontoh bentuk patahan dengan menggunakan dus
        • Kelompok 5 membahas materi relief dataran dan gambarnya
        • Kelompok 6 membahas materi macam-macam relief laut dan gambarnya
        • Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapinya
  1. Penutup
  • Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk penguatan pemahaman
  • Pemberian post tes

  1. Pertemuan Kedua
  1. Pendahuluan
  • Apersepsi : Guru memeriksa kehadiran siswa
  • Motivasi : Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
  1. Kegiatan Inti
  • Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 5-6 orang siswa, tiap kelompok mendapat tugas materi berbeda
  • Kelompok 1 dan 2 membahas materi tanda-tanda daerah vulkanik
  • Kelompok 3 dan 4 membahas materi macam-macam erupsi
  • Kelompok 5 dan 6 membahas material hasil erupsi
  • Kelompok 7 dan 8 membahas materi tipe gunung berapi
  • Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapinya
  1. Penutup
  • Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk penguatan pemahaman
  • Pemberian post tes
  1. Pertemuan Ketiga
  1. Pendahuluan
  • Apersepsi : Guru memeriksa kehadiran siswa
  • Motivasi : Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
  1. Kegiatan Inti
  • Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 6-7 orang siswa, tiap kelompok mendapat tugas materi berbeda
  • Kelompok 1 membahas materi gempa bumi yang terjadi 27 Mei 2006
  • Kelompok 2 membahas materi mengapa gempa bumi tersebut terjadi 27 Mei 2006 di DIY
  • Kelompok 3 membahas materi sebab-sebab gempa bumi yang terjadi 27 Mei 2006
  • Kelompok 4 membahas materi akibat gempa bumi yang terjadi 27 Mei 2006
  • Kelompok 5 membahas jenis-jenis gempa menurut terjadinya
  • Kelompok 6 membahas materi jenis-jenis gempa menurut kedalaman hiposentrumnya
  • Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapinya
  1. Penutup
  • Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk penguatan pemahaman
  • Pemberian post tes
  1. Pertemuan Keempat
  1. Pendahuluan
  • Apersepsi : Guru memeriksa kehadiran siswa
  • Motivasi : Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
  1. Kegiatan Inti
        • Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 5-6
        • Tiap kelompok membahas dan mengerjakan soal sebagai berikut :
          • Sebutkan dan jelaskan dengan gambar macam-macam batuan beku
          • Sebutkan dan beri contoh macam-macam batuan sedimen dan metamorf
          • Jelaskan beri contoh pelapukan fisis
          • Jelaskan beri contoh pelapukan organis
          • Jelaskan beri contoh pelapukan kimiawi
        • Tiap kelompok diberi kesempatan untuk presentasi, siswa lain diminta menanggapinya
        • Guru melakukan penilaian pelaksanaan diskusi
  1. Penutup
  • Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk penguatan pemahaman
  • Pemberian post tes
  1. Pertemuan Kelima
  1. Pendahuluan
  • Apersepsi : Guru memeriksa kehadiran siswa
  • Motivasi : Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
  1. Kegiatan Inti
  • Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 5-6 orang siswa, tiap kelompok mendapat tugas materi berbeda
  • Kelompok 1 dan 5 membahas materi proses terjadinya erosi
  • Kelompok 2 dan 6 membahas materi faktor-faktor terjadinya erosi
  • Kelompok 3 dan 7 membahas materi tentang dampak erosi
  • Kelompok 4 dan 8 membahas materi tentang bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi
  • Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapinya
  1. Penutup
  • Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk penguatan pemahaman
  • Pemberian post tes

  1. Pertemuan Keenam
  1. Pendahuluan
  • Apersepsi : Guru memeriksa kehadiran siswa
  • Motivasi : Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
  1. Kegiatan Inti
  • Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 6-7 orang siswa, tiap kelompok mendapat tugas materi berbeda
  • Kelompok 1 membahas materi dampak positif tenaga endogen
        • Kelompok 2 membahas materi dampak negatif tenaga endogen
        • Kelompok 3 membahas materi dampak positif tenaga eksogen
        • Kelompok 4 membahas materi dampak negatif tenaga eksogen
        • Kelompok 5 membahas materi upaya penanggulangan dampak negatif tenaga eksogen
        • Kelompok 6 membahas materi upaya penanggulangan dampak negatif dari tenaga endogen
        • Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapinya
  1. Penutup
  • Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk penguatan pemahaman
  • Pemberian post tes

  1. Penilaian :
Penilaian Proses :
Format penilaian kelompok dalam diskusi
No
Nama Kelompok
Aspek yang diamati
Jumlah
Rata2
A
B
C
D
E
Skor
Skor




































Skor :
A = Sangat Baik = 81 - 100 C = Cukup = 41- 60
B = Baik = 61- 80 D = Kurang = 0 - 40
Keterangan :
Aspek yang diamati
  1. Kelengkapan informasi/data
  2. Kerjasama kelompok, partisipasi
  3. Disiplin waktu
  4. Minat dan antusiasme
  5. Keberanian mengemukakan pendapat
Format penilaian individu keaktifan siswa dalam diskusi
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor Nilai
Bertanya
Menjawab
Berpendapat
Jumlah
Rata2
Ak
Sd
Ps
Ak
Sd
Ps
Ak
Sd
Ps
Skor
Skor
























Keterangan : Skor:
  1. Aktif = Ak (8 – 10)
  2. Sedang = Sd (6 – 7)
  3. Pasif = Ps (0 – 5)
.................................
Mengetahui : Guru Mata pelajaran
Kepala Sekolah


........................... ...........................
NIP. NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP N0 : 2 )

Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : VIII / 2 (Genap)
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran ( 5 x pertemuan )
  1. Standar Kompetensi
1. Memahami lingkungan kehidupan manusia.

  1. Kompetensi dasar
1.2.Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia.

  1. Indikator
        1. Menjelaskan pengertian dan kurun waktu masa pra –aksara
        2. Mengidentifikasi jenis- jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra- aksara
        3. Mendeskripsikan perkembangan kehidupan pada masa pra- aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan.
        4. Mengidentiifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara.
        5. Melacak kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.

  1. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran diharapkan siswa mampu
        1. Menjelaskan pengertian dan kurun waktu masa pra –aksara
        2. Mengidentifikasi jenis- jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra- aksara
        3. Mendeskripsikan perkembangan kehidupan pada masa pra- aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan.
        4. Mengidentiifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara.
        5. Melacak kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.

  1. Materi Pembelajaran
        1. Pengertian dan kurun waktu masa pra –aksara
        2. Jenis- jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra- aksara
        3. Perkembangan kehidupan pada masa pra- aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan.
        4. Peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara.
        5. Kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.

  1. Metode dan Sumber Pembelajaran
  1. Metode :
  1. Tanya jawab
  2. Diskusi
  1. Sumber :
  1. Buku Sejarah kelas VII yang relavan
  2. Guru IPS








  1. Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran
  1. Pertemuan Pertama
  1. Pendahuluan
  • Apersepsi : Siswa diajak mengamati atlas sejarah dan foto-foto gambar tentang persebaran
nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara
  • Motivasi : Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
  1. Kegiatan Inti
  • Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 5-6 orang siswa, tiap kelompok mendapat tugas materi berbeda
  • Masing-masing kelompok disuruh membaca buku referensi tentang untuk merumuskan pengertian dan kurun waktu masa pra-aksara
  • Masing-masing kelompok disuruh mengamati atlas sejarah dan foto-foto gambar tentang persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara
  • Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapinya
  1. Penutup
  • Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk pemantapan pemahaman
  • Pemberian post tes
  1. Pertemuan Kedua
  1. Pendahuluan
  • Apersepsi : Guru memeriksa kehadiran siswa
  • Motivasi : Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
  1. Kegiatan Inti
  • Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 5-6 orang siswa, tiap kelompok mendapat tugas materi berbeda
        • Masing-masing kelompok disuruh membahas materi tentang perkembangan kehidupan pada masa pra- aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan.
        • Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapinya
  1. Penutup
  • Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk penguatan pemahaman
  • Pemberian post tes
  1. Pertemuan Ketiga
  1. Pendahuluan
  • Apersepsi : Tanya jawab tentang peninggalan- peninggalan kebudayaan pada masa pra aksara
  • Motivasi : Guru menampilkan gambar- gambar tentang peninggalan-peninggalan kebudayaan
pada masa pra aksara
  1. Kegiatan Inti
  • Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok terdiri dari 4-5 orang siswa
  • Siswa dalam kelompok disuruh mengamati dan mendiskusikan gambar- gambar tentang peninggalan-peninggalan kebudayaan pada masa pra aksara
  • Tiap kelompok diberi kesempatan untuk presentasi, siswa lain diminta menanggapinya
  • Guru melakukan penilaian pelaksanaan diskusi
  1. Penutup
  • Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk penguatan pemahaman
  • Pemberian post tes
  1. Pertemuan Keempat
  1. Pendahuluan
  • Apersepsi : Tanya jawab tentang kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa
Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.
  • Motivasi : Guru menampilkan atlas sejarah dan foto-foto gambar tentang persebaran
nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara


  1. Kegiatan Inti
  • Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok terdiri dari 4-5 orang siswa
  • Siswa dalam kelompok disuruh membuat peta tentang kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.
        • Tiap kelompok diberi kesempatan untuk presentasi, siswa lain diminta menanggapinya
        • Guru melakukan penilaian pelaksanaan diskusi
  1. Penutup
  • Guru bersama siswa membuat kesimpulan untuk penguatan pemahaman
  • Pemberian post tes

  1. Penilaian :
Penilaian Proses :
Format penilaian kelompok dalam diskusi
No
Nama Kelompok
Aspek yang diamati
Jumlah
Rata2
A
B
C
D
E
Skor
Skor




































Skor :
A = Sangat Baik = 81 - 100 C = Cukup = 41- 60
B = Baik = 61- 80 D = Kurang = 0 - 40
Keterangan :
Aspek yang diamati
  1. Kelengkapan informasi/data
  2. Kerjasama kelompok, partisipasi
  3. Disiplin waktu
  4. Minat dan antusiasme
  5. Keberanian mengemukakan pendapat
Format penilaian individu keaktifan siswa dalam diskusi
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor Nilai
Bertanya
Menjawab
Berpendapat
Jumlah
Rata2
Ak
Sd
Ps
Ak
Sd
Ps
Ak
Sd
Ps
Skor
Skor

























Keterangan : Skor:
  1. Aktif = Ak (8 – 10)
  2. Sedang = Sd (6 – 7)
  3. Pasif = Ps (0 – 5)
.................................
Mengetahui : Guru Mata pelajaran
Kepala Sekolah



........................... ...........................
NIP. NIP








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP N0 : 3 )

Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : VII / 1 (Ganjil)
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan )
  1. Standar Kompetensi
2. Memahami kehidupan sosial manusia.

  1. Kompetensi dasar
    1. Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial

  1. Indikator
        1. Menjelaskan pengertian interaksi sosial
        2. Menjelaskan pengertian proses sosial.
        3. Menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.

  1. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran diharapkan siswa mampu
        1. Menjelaskan pengertian interaksi sosial
        2. Menjelaskan pengertian proses sosial.
        3. Menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial

  1. Materi Pembelajaran
        1. Interaksi sosial
        2. Proses sosial.
        3. Pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.


  1. Metode dan Sumber Pembelajaran
  1. Metode :
  1. Tanya jawab
  2. Diskusi
  1. Sumber :
  1. Buku Sosiologi/IPS kelas VIII yang relavan
  2. Guru IPS

  1. Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran
  1. Pertemuan Pertama
  1. Pendahuluan
  • Apersepsi : Guru memeriksa kehadiran siswa
  • Motivasi : Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
  1. Kegiatan Inti
  • Pembelajaran menggunakan model Group Investigation ( oleh Sharan 1992 )
  • Guru membagi siswa menjadi bebrapa kelompok kecil terdiri dari 4 orang siswa
  • Siswa dalam kelompok berdiskusi tentang
    • Menjelaskan pengertian interaksi sosial
    • Menjelaskan pengertian proses sosial
  • Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapinya.

Soal Ulangan Bersama : Ekonomi Kelas 7 (Bagian 5)

MATA PELAJARAN : IPS EKONOMI
TINGKAT PENDIDIKAN : SMP
KELAS : VII

Pilihan.

16. Pak Lurah beserta warganya sedang memperbaiki saluran irigasi, kegiatan tersebut merupakan gambaran dari bentuk kerjasama....
a. saling menyenangkan c. saling menghormati
b. untuk kepentingan bersama d. untuk berkuasa

17. Perbedaan makanan pokok penduduk asli Sunda dengan penduduk asli Maluku disebabkan oleh faktor....
a. ekonomi c. budaya
b. fisik d. pendidikan

18. Sesuatu yang mendorong seseorang untuk melakukan tindakan ekonomi disebut....
a. politik ekonomi c. tindakan ekonomi
b. prinsip ekonomi d. motif ekonomi

19. Perhatikan daftar berikut ini!
1. Menysisihkan sebagian uang saku untuk ditabung
2. Membuang sampah di sembarang tempat
3. Mematikan lampu listrik yang tidak terpakai
4. Membuka hutan untuk mendirikan usaha
Dari daftar di atas yang menunjukkan perilaku positif dalam pemanfaatan sumber daya adalah....
a. 1 dan 2 c. 2 dan 4
b. 2 dan 3 d. 3 dan 4

20. Tindakan beikut ini yang sesuai dengan prinsip ekonomi adalah.....
a. menawar sebelum membeli sesuatu
b. melakukan pesta ulang tahun yang meriah
c. membeli makanan teman-teman pada waktu istirahat
d. mencorat-coret baju pada saat kelulusan sekolah

21. Bu Sekar menjual berbagai jenis roti baik kepada konsumen, maupun toko-toko roti di dekatnya. Bu Sekar tidak memperoleh keuntungan dari kegiatan penjualan tersebut, tetapi memperoleh gaji dan intensif dari pabrik pembuat aneka kue yang dijualnya. kasus ini merupakan contoh....
a. perdagangan = penjualan c. perdagangan = distribusi
b. perdagangan = jual-beli d. perdagangan ≠ distribusi

22. Tujuan pemerintah mendirikan BUMN adalah....
a. menyelenggarakan kemanfaatan umum berupa barang/jasa yang bermutu dan memadai bagi pemenuhan hajat hiduporang banyak
b. membantu pemerintah dalam usaha memperbesar penerimaan kas negara melalui berbagai bentuk pajak dan bentuk lainnya
c. mengembangkan modal atau memperoleh bunga dari modal
d. membantu pemerintah dalam mengelola mengusahakan kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi yang tidak diusahakan pemerintah

23. Kerjasama antar perseorangan atau badan usaha yang modalnya terbagi atas saham-saham dan tanggung jawab pemilik tidak terbatas pada modal yang disetor adalah....
a. Koperasi c. Firma
b. PT d. Persero

24. Perusahaan yang kegiatannya membeli barang dan kemudian menjualnya kembali tanpa mengolah barang dahulu disebut….
a. perusahaan industri c. perusahaan jasa
b. perusahaan perdagangan d. perusahaan perseorangan





25. Pertanian padi, kacang tanah, perkebunan karet, kopi, dan teh adalah wujud dari perusahaan....
a. agraris c. koperasi tani
b. ekstraktif d. jasa

26. Seorang siswa di luar sekolah dikatakan kreatif apabila....
a. banyak waktu digunakan untuk bermain dengan teman-temannya
b. membantu temannya membuat kue tanpa mengingat pelajaran
c. membagi waktu sebaik-baiknya untuk membantu orang tuanya dan belajar dengan tekun di rumah
d. mengobrol dengan tetangga dekatnya.

27. Ibu Erwin menjual sayuran di pasar terdekat dengan rumahnya, maka pendistribusian barang yang sesuai menggunakan saluran distribusi....
a. khusus c. tidak langsung
b. umum d. langsung

28. Perhatikan karakteristik Badan Usaha dan Perusahaan di bawah ini
A. Kesatuan yuridis yang menggunakan factor-faktor produksi
B. Kesatuan teknis yang menggunakan factor-faktor produksi
C. Alat Badan Usahacuntuk memperoleh keuntungan
D. Bertujuan untuk memperoleh keuntungan
E. Bertujuan untuk menghasilkan barang dan jasa
Data di atas yang merupakan karakteristik Badan Usaha adalah....
a. A, C, dan E c. B, C dan E
b. A, C dan D d. B, C dan A

29. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!
1. Adanya keinginan berubah
2. Disiplin dalam bertindak
3. Adanya kebebasan berekspresi
4. Selalu bersemangat
5. Kondisi lingkungan yang harmonis
6. Cerdas dan cerdik
Berdasarkan data tersebut di atas pernyataan yang merupakan ciri-ciri dari manusia yang kreatif dan inovatif adalah....
a. 1, 2, dan 3 c. 2, 4, dan 6
b. 1, 3, dan 5 d. 2, 4, dan 5

30. Sikap seseorang pada pertanyataan berikut yang benar adalah....
a. Ali termasuk muri d yang pandai di kelasnya tetapi ia pemalas
b. Dona menerima hasil ulangan apa adanya
c. Rini selalu menyerahkan masalah pada takdir
d. Budi ingin memperbaiki hasil ulangan yang jelek dengan belajar lebih rajin

Essey

48. Sebutkan 3 ( tiga ) cara memperbanyak atau meningkatkan hasil produksi!

Soal Ulangan Harian IPS (Bagian 4)

Materi : Kegiatan Pokok Ekonomi dalah Kehidupan Sehari-hari

1. Jika seseorang membeli suatu barang untuk memenuhi kebutuhannya, maka kegiatan itu disebut ….
a. konsumsi
b. produksi
c. distribusi
d. investasi
2. Salah satu hal negatif dari perilaku konsumtif adalah ….
a. mengurangi kesempatan untuk berbelanja
b. menambah kesempatan untuk menabung
c. menambah kesempatan untuk makan dan minum
d. mengurangi kesempatan untuk menabung
3. Tujuan utama untuk malakukan kegiatan konsumsi adalah….
a. membelanjakan uangnya sebanyak mungkin
b. mencapai kepuasan yang maksimal dengan uang yang dimiliki
c. mencapai kepuasan yang maksimal dengan barang yang berkualitas
d. membelanjakan uangnya secara angsuran
4. Jika seseorang telah malakukan konsumsi ketika tidak memiliki pendapatan, maka kegiatan konsumsi itu disebut ….
a. konsumsi aktif
b. konsumsi pasif
c. konsumsi otonomus
d. konsumsi defisit
5. Jika seseorang mampu menabung berarti ….
a. pendapatannya sama dengan kebutuhannya
b. pendapatannya lebih besar dari konsumsinya
c. kebutuhannya lebih kecil dari konsumsinya
d. konsumsinya lebih kecil dari kebutuhannya
6. Keluarga Pak Roni tinggal di kota besar. Jumlah konsumsi keluarga Pak Roni lebih besar dibandingkan dengan keluarga Pak Said yang tinggal di desa. Perbedaan jumlah konsumsi tersebut karena faktor ….
a. penghasilan
b. tingkat pendidikan
c. status social
d. lingkungan tempat tinggal
7. Setiap kegiatan yang bertujuan untuk menghasilkan atau menambah nilai guna barang atau jasa disebut ….
a. konsumsi
b. distribusi
c. mekanisasi
d. produksi
8. Seseorang ataupun kelompok orang yang melakukan bantuan hukum kepada seseorang tertuduh memiliki kegiatan ….
a. produksi hukum
b. konsumsi hukum
c. produksi jasa
d. biro hukum
9. Sebotol minuman air mineral di hotel berbintang lima harganya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan di pasar. Hal ini disebabkan oleh faktor ….
a. tempat
b. kemasan
c. kepemilikan
d. pendinginan
10. Faktor produksi dapat dikelompokkan menjadi 4 jenis yaitu : alam, tenaga kerja, modal dan kewirausahaan. Yang termasuk faktor produksi asli adalah ….
a. alam dan tenaga kerja
b. alam dan modal
c. modal dan tenaga kerja
d. tenaga kerja dan kewirausahaan
11. Perluasan produksi yang dilakukan dengan cara menambah atau memperluas faktor-faktor produksi yang sudah ada, disebut dengan ….
a. intensifikasi
b. ekstensifikasi
c. diversifikasi
d. mekanisasi
12. Contoh cara meningkatkan jumlah dan mutu hasil produksi dengan intensifikasi adalah ….
a. menambah karyawan baru
b. membuka cabang di kota lain
c. menerapkan panca usaha pertanian
d. menambah jumlah modal yang ada
13. Cara meningkatkan jumlah produksi dengan cara mengganti tenaga manusia dengan mesin-mesin disebut ….
a. ekstensifikasi
b. diversifikasi
c. standarisasi
d. mekanisasi
14. Modal yang mampu memberikan jasa hanya sekali dalam proses produksi disebut ….
a. modal sementara
b. modal aktif
c. modal pasif
d. modal lancar
15. Dalam perekonomian, ada tiga jenis distributor, yaitu ….
a. makelar, perantara dan pedagang
b. pedagang, tengkulak dan pedagang eceran
c. pedagang, grosir dan pedagang besar
d. pedagang, perantara khusus dan importer dan eksporter
16. Jika biaya pengangkutan suatu barang mahal, maka jangkauan pemasarannya akan cenderung ….
a. lebih dekat
b. memiliki harga yang tinggi
c. memiliki resiko rugi
d. lebih cepat
17. Iklan merupakan hal yang penting bagi proses distribusi suatu produk atau barang, karena ….
a. dapat mempengaruhi harga
b. akan mampu mengikat produsen
c. dapat mempengaruhi minat, selera dan kebutuhan konsumen
d. akan memapu menentukan jenis barang apa yang akan diproduksi
18. Kualitas barang dan atau jasa yang dikonsumsi oleh seseorang dapat mencerminkan tingkat ….
a. pendidikannya
b. pemborosannya
c. kamakmurannya
d. kemanfaatannya
19. Jika banyak orang yang berfikir untuk berhemat, sehingga tidak melakukan konsumsi secara wajar, akan terjadi ….
a. penyempiitan pasar bagi produsen
b. penyempitan pasar bagi konsumen
c. pengurangan bahan baku bagi produsen
d. penambahan kerugian bagi distributor
20. Perantara yang bertugas melakukan pembelian dan penjualan lewat suatu perjanjian disebut ….
a. agen
b. importer
c. grosir
d. pedagang eceran

Soal IPS Kelas 2 PKBM Semester 2 (Bagian 3)

1. Di bawah ini adalah lahan-lahan yang digunakan untuk pertanian rakyat kecuali…
a. sawah
b. Ladang
c. tegalan
d. Perkebunan

2. 1. Padi 2. Jagung 3. The 4. Kedelai 5. Tebu
Yang termasuk tanaman pangan adalah no….
a. 1 2 4
b. 2 3 4
c. 3 4 5
d. 1 4 5

3. usaha meningkatkan hasil pertanian dengan cara menggunakan bibit unggul, alat-alat modern dan pemakaian pupuk serta pestisida di sebut ….
a. Ekstensifikasi
b. Intensifikasi
c. Sintensis
d. Terasering

4. Usaha perternakan sangat berhubungan dengan….
a. Lingkungan alam dan budaya
b. Lingkungan budaya dan social ekonomi
c. Lingkungan alam dan ekonomi social
d. Lingkungan alam social budaya dan ekonomi

5. Kendala-kendala yang dihadapi dalam bidang peternakan di Indonesia anatara lain..
a. Banyak curah ujan
b. Kurangnya modal
c. Adanya bibit unggul
d. Kurangnya lahan untuk perternakan

6. Binatang kambing dan biri-biri termasuk jenis ternak ….
a. Besar
b. Unggas
c. Sedang
d. Kecil

7. Perikanan yang dilakukan para nelayan disepanjang pantai dengan perahu-perahu dan peralatan yang masih sederhana atau tradisional adalah….
a. Perikanan laut
b. Perikanan darat
c. Perikanan rakyat
d. Perikanan industri

8. ikan yang dihasilkan dari perikanan tambak atau tebat adalah….
a. Bandeng, udang, kakap, belanak
b. Bandeng, belanak, mujair, gurame
c. Emas, gurame, banding, tambak
d. Udang, kerapu, selar, tongkol


9. Untuk mengawetkan hasil perikanan dapat dilakukan dengan usaha …………. Kecuali…
a. Penggarapan
b. Pengeringan
c. Dibuat abon
d. Pengasapan

10. Ciri-ciri perikanan rakyat diantaranya seperti di bawah ini, kecuali….
a. Peralatan yang di pergunakan masih sederhana
b. Modal usaha kecil
c. Hasilnya tidak sekedar untuk kebutuhan sehari-hari
d. Lahan usahanya sempit

11. Di bawah ini adalah upaya penyelidikan (eksplorasi) untuk mendapatkan barang tambang, kecuali…
a. Alat gravitasi
b. Alat magnemeter
c. Satelit sumber alam
d. pengeboman

12. Hutan yang terletak didaerah tropis atau tumbuhan tropis di sebut….
a. Hutan hujan tropis
b. Hutan orografis
c. hutan heterogen
d. hutan homogen

13. Batu bara yang telah di kemas dalam bentuk padat dan siap sebagai bahan bakat di sebut .
a. brikef batu bara
b. bahan baker bara
c. barang tambang batu bara
d. batu bara kemasan

14. Hutan yang khusus di manfaatkan hasilnya disebut….
a. hutan musim
b. hutan produksi
c. hutan tropis
d. hutan lindung

15. Iuran rakyat yang wajib dibayarkan kepada kas Negara berdasarkan Undang-undang tanpa memperoleh imbalan jasa secara langsung disebut…
a. harga
b. pajak
c. restribusi
d. pendapatan nasional

16. Dilihat dari penarikannya, pajak dapat digolongkan menjadi 2 macam yaitu….
a. pajak langsung dan tidak langsung
b. pajak dan pendapatan
c. pendapatan perorangan dan pendapatan nasional
d. penjualan dan pembelian

17. Pajak yang beban pajaknya tidak dapat digeser atau dilimpahkan kepada orang lain arti..
a. penghasilan
b. pajak langsung
c. pajak tidak langsung
d. pajak non langsung

18. Yang termasuk pajak tidak langsung antara lain adalah….
a. pajak pertambahan nilai (PPN)
b. pajak penghasilan (PPH)



c. pajak bumi dan bangunan (PBB)
d. pajak parkir

19. Seluruh barang yang dihasilkan oleh masyarakat dalam Negara selama 1 tahun arti dari…
a. produk perorangan
b. produk nasional
c. pendapatan nasional
d. pajak

20. Jumlah barang yang dihasilkan seseorang selama satu tahun disebut….
a. produk nasional
b. produk perorangan
c. pajak
d. pendapatan nasional

21. Pendapatan Nasional adalah…..
a. bila jumlah seluruh barang yang dihasilkan masyarakat dalam suatu Negara selama 1 tahun, dinyatakan dalam nilai uang
b. iuran wajib yang dibayarkan oleh rakyat
c. jumlah barang yang dihasilkan oleh masyarakat
d. produk nasional bruto dan produk domestic

22. Pendapatan Nasional kotor Rp. 10.000.000 dan penyusutan Rp. 50.000
Berapa pendapatan nasional bersih?
a. 8.850.000
b. 7.750.000
c. 9.950.000
d. 6.900.000

23. Pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan seluruh masyarakat disebut….
a. tujuan pembangunan
b. repelita
c. pembangunan
d. azas pembangunan

24. REPELITA I dimulai tanggal dan berakhir sampai….
a. 1 April 1969 s/d 31 Maret 1974
b. 1 April 1974 s/d 31 Maret 1979
c. 1 April 1979 s/d 31 Maret 1989
d. 1 April 1989 s/d 31 Maret 1994

25. Mewujudkan bangsa yang maju dan mandiri serta sejahtra lahir dan batin di sebut tujuan pembangunan…
a. pembangunan nasional
b. pelita VI
c. jangka panjang tahun II (PJPT II)
d. tujuan secara umum

26. Tujuan pembangunan lima tahun ke enam (pelita VI) adalah….
a. mewujudkan masyarakat adil dan makmur
b. menumbuhkan sikap dan tekad kemandirian manusia dan masyarakat Indonesia
c. tercantum dalam GBHN 1993
d. pemerataan dan hasil-hasil pembangunan

27. Pembangunan jalan raya, keagamaan, pendidikan, kesetaraan adalah contoh dari….
a. pembangunan nasional
b. pajak




c. restribusi
d.repelita

28. Pada tahun berapa VOC dibubarkan…..
a. 1696
b. 1700
c. 1799
d. 1801

29. Cara yang dipakai dan dilakukan oleh kompeni untuk dapat menerapkan monopoli dagangnya adalah….
a. melakukan devie at impera
b. melaksanakan tanam paksa
c. mendirikan VOC
d. melaksanakan kerja roda

30. Perang paderi dipimpin oleh…
a. Pangeran Diponegoro
b. Sultan Hasanudin
c. Imam Bonjol
d. Teku Umar

31. Organisasi pergerakan nasional kecuali….
a. Serikat dagang islam
b. Budi Utomo
c. Indische partsi
d. KNPI

32. Sumpah Pemuda merupakan suatu peristiwa yang penting karena….
a. mendorong tumbuhnya organisasi-organisasi pergerakan didaerah-daerah
b. mempererat tali persaudaraan
c. meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa
d. membangkitkan rasa cinta pada bahasa dan kebudayaan sendiri

33. Dalam Kongres Pemuda pada tanggal, 28 Oktober 1928 selain mencetuskan sumpah Pemuda juga menetapkan
a. Bahasa Indonesia
b. Bendera Indonesia
c. lagu kebangsaan Indonesia
d. Indonesia Raya dan Sang Saka merah Putih

34. Adanya persaingan antara Negara Eropa dalam memperebutkan tanah jajahan merupakan sebab-sebab dari….
a. perang dunia I
b. perang dunia II
c. perang dunia I dan II
d. perang dingin

35. Setelah PD I, di Italia berdiri Partai Fasis di bawah pimpinan….
a. Hirohito
b. Frans Ferdinand
c. Adolf Hitler
d. Benito Mussolini

36. Akibat-akibat yang ditimbulkan dari suatu perang kecuali….
a. kerusakan
b. kemakmuran
c. kemusnahan
d. kesengsaraan


37. Perlawanan rakyat di Jawa Barat (Singaparna) terhadap penjajahan Jepang, dipimpin oleh….
a. Sutono
b. Supriadi
c. Teuku Hamid
d. K.H. Zainal

38. Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang dibentuk tanggal, 1 Maret 1945, diketuai oleh…..
a. Soekarno
b. Moh. Yamin
c. Dr. Radjiman Wedyodiningrat
d. KH. Wahid Hasyim

39. BPUPKI dibubarkan lalu diganti dengan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada tanggal,…….
a. 7 Agustus 1945
b. 8 Agustus 1945
c. 14 Agustus 1945
d. 15 Agustus 1945

40. Pada tanggal, 1 Juni 1945 Ir. Soekarno mengemukakan 5 asas dan dasar Negara Indonesia Merdeka, kecuali….
a. Kebangsaan Indonesia
b. Peri kerakyatan
c. perikemanusiaan
d. Ketuhanan Yang Maha Esa


II. Essay
1. Sebutkan bentuk pertanian yang ada di Indonesia?
2. Sebutkan jenis-jenis perternakan yang banyak diusahakan bangsa Indonesia
3. Sebutkan tahap-tahap pembangunan?
4. Sebutkan sebab-sebab dibubarkannya VOC yang kemudian diganti dengan pemerintah Hindia Belanda
5. Faktor-faktor apa yang menyebabkan munculnya organisasi pergerakan nasional?

Soal IPS Kelas 1 PKBM Semester 2 (Bagian 2)

1. Tari Seudati berasal dari daerah :
a. Jakarta
b. Aceh
c. Riau
d. Jawa Barat
2. Lagu gambang saling berasal dari daerah :
a. Jawa Tengah
b. Jawa Barat
c. Jawa Timur
d. Maluku
3. Di bawah ini adalah unsure-unsur kebudayaan, kecuali
a. Mata pencarian
b. Bahasa
c. Kesenian
d. Pendidikan
4. Kesenian wayang adalah pengaruh dari kebudayaan :
a. Hindu
b. Budha
c. India
b. Cina
5. Di bawah ini Negara manakah yang tidak termasuk dalam anggota ASEAN
a. Filipina
b. Papua Nugini
c. Malaysia
d. Singapura
6. ASEAN di bentuk pada tahun :
a. 1965
b. 1966
c. 1967
d. 1968

7. Malaysia adalah Negara serikat yang berbentuk :
a. Kerajaan
b. Republik
c. Persemakmuran
d. Kesultanan
8. Negara Singapura didirikan oleh :
a. Belanda
b. Amerika
c. Prancis
d. Inggris


9. Negara Brunei Darussalam merdeka pada tanggal :
a. 1 Januari 1984
b. 10 januari 1984
c. 1 Januari 1974
d. 10 Januari 1974
10. Negara Brunei Darussalam berbatasan langsung dengan daratan Indonesia yaitu dengan pulau :
a. Sumatera
b. Kalimantan
c. Sulawesi
d. Jawa
11. Bangunan khas dari Negara Thailand adalah :
a. Pagoda
b. Candi
c. Vihara
d. Kuil
12. Satuan mata uang Thailan adalah :
a. Rupee
b. Baht
c. Dolar
d. Ringgit
13. Lupang Hinirang adalah lagu kebangsaan dari negara :
a. Thailand
b. Myanmar
c. Filipina
d. Malaysia
14. Ibukota Negara Papua Nugini adalah :
a. Jayapura
b. Sorong
c. Victoria
d. Pori Moresby
15. Australia merupakan sebuah benua oleh karena itu Negara Australia sering di sebut sebagai :
a. Negara benua
b. Negara bawahan
c. Negara bagian
d. Negara kulit putih
16. Kegiatan ekonomi untuk memakai, menikmati, menghasilkan barang dan jasa disebut…
a. Produksi
b. Konsumsi
c. Distribusi
d. Motif ekonomi
17. kegiatan ekonomi untuk menciptakan atau menghasilkan barang / jasa disebut …
a. Konsumsi
b. Produksi
c. Motif ekonomi
d. Distribusi
18. Setiap tindakan yang dilandasi oleh pilihan yang paling baik dan paling menguntungkan disebut ….
a. Motif ekonomi
b. Tindakan ekonomi rasional
c. Tindakan ekonomi irasional
d. Prinsip ekonomi
19. Segala sesuatu untuk menggerakkan kegiatan ekonomi adalah arti …
a. Prinsip ekonomi
b. Faktor-faktor ekonomi
c. Distribusi
d. Konsumsi
20. Suatu dorongan untuk melakukan tindakan ekonomi disebut ….
a. Politik ekonomi
b. Prinsip ekonomi
c. Tindakan ekonomi
d. Motif ekonomi
21. Hubungan antara peristiwa ekonomi yang satu dengan yang lain disebut….
a. Politik ekonomi
b. Hukum ekonomi
c. Peristiwa
d. Prinsip ekonomi
22. Tanah, barang tambang, air, iklim termasuk factor produksi …..
a. Alam
b. Tenaga kerja
c. Modal
d. Kewirausahaan
23. Suatu unit usaha yang melakukan kegiatan pengolahan barang dan jasa dengan tujuan mencari keuntungan disebut….
a. Perusahaan
b. Badan Usaha
c. BUMN
d. Koperasi
24. Kegiatan pokok ekonomi terdiri dari…..
a. Motif, politik ekonomi, motif ekonomi
b. Konsumsi, motif, distribusi
c. Konsumsi, produksi, konsumsi
d. Politik, produksi, konsumsi

25. Jika harga naik maka permintaan akan turun merupakan bunyi hukum
a. Permintaan
b. Penawaran
c. Penyerahan
d. Pemerataan
26. Jalan darat di asia dari negeri cina ke India dikenal dengan sebut jalan…
a. Tembaga
b. Rempah-rempah
c. Emas
d. Sutra
27. ketika Malaka berhasil dikuasai Portugis pada tahun 1511, Banten banyak mendapat keuntungan yaitu…
a. Lalu lintas perdagangan dipelabuhan banten semakin ramai
b. Banten menjadi pusat perdagangan menggantikan malaka
c. daerah kekuasaan Banten di selat malaka menjadi luas
d. Banten menjadi satu-satunya pusat perdagangan di pulau jawa
28. Armada Belanda pertama yang mendarat di pelabuhan Banten pada tahun 1513 dipropinsi
a. Diego Lopez de Seguen
b. Van Neche
c. Correlis de Houtma
d. Ferdinal Magelsari
29. Pada tahun 1513 kerajaan Islam pernah mengirimkan armada tentaranya mengusir orang-orang Portugis di malaka dipimpin oleh…
a. Raden Patah
b. Adi Wijaya
c. Suta Wijoyo
d. Pati Mura
30. Pedagang Islam yang di kenal sangat giat dalam menyiarkan Agama Isalam di kepulauan nusantara berasal dari….
a. Yaman
b. persir
c. Gujarat
d. Sudan
31. Demak mengalami masa keemasan pada masa kekuasaan Sultan Trenggono keberhasilan yang telah dicapai Sultan Trenggono ….
a. Menguasai Banten dan Cirebon dengan menutup pengaruh Portugis di Malaka
b. Menguasai daerah pantai / jalur perdagangan
c. Menahan serangan
d. Membangun mesjid terbesar pertama di pulau Jawa.

32. Nama wali biasanya diambil dari nama daerah tempat mereka menyiarkan agama islam atau tempat dimana wali….
a. Dilahirkan
b. Dimakamkan
c. Dihijrahkan
d. Ditangkap
33. Penyiaran agama Islam di pulau jawa di pelopori oleh
a. Sultan Malik As Saleh
b. Wali Songo
c. Sultan Hairun
d. Sultan Hasanudin
34. Dalam proses penyebaran Islam di Pulau jawa, Wali Songo telah memiliki peranan yang besar dalam menyebarkan Islam melalui proses akultumsi kebudayaan Islam dengan kebudayaan jawa lain….
a. Sistem ekonomi pedalaman jawa di dasarkan pada ekonomi feodalis agraris
b. Kebudayaan masarakat jawa di pengaruhi oleh nilai-nilai Hindu yang kuat
c. Berkembangnya ke inginan masyarakat jawa untuk memeluk Isalam tanpa harus mengubah pola-pola kebudayaan jawa yang telah kuat
d. Adanya persamaan antara nilai- nilai kebudayaan jawa dan Islam
35. Di bawah ini nama-nama-nama ulama pemikir dari Islam kecuali…
a. Syamsuddin Pasai
b. Nuruddin Ar Raniri
c. Pati Unus
d. Hamzah Fansuri
36. Karya Sastra Dr. Hamzah Fansuri
a. Layar terkembang
b. Syair perahu
c. Salah Asuhan
d. Siti Nurbaya
37. Berikut ini bentuk-bentuk peninggalan Islam kecuali….
a. Masjid
b. Candi
c. Nisan
d. Kaligrafi
38. Berikut ini hasil asimilasi Islam dengan kebudayaan local…
a. Adat tujuh bulanan
b. Adat sekaten
c. Adat besaran
d. Adat halal bihalal
39. Latar belakang masuk nya Islam ke samudra Pasai diperkirakan berasal dari pedagang yang berasal dari Gujarat India barat. Pernyataan didasarkan pada….
a. Adanya persamaan matzab isalam yang berkembang di kerajaan samudra pasai dengan mazhab yang berkembang di kawasan Gujarat India Barat
b. Adanya persamaan bentuk batu nisan yang ditemukan dikerajaan samudra pasai dengan bentuk batu nisan yang terdapat di daerah Gujarat India barat
c. Berita yang dibawa oleh Marcopolo yaitu telah terdapat komunitas pedagang Gujarat India Barat diseluruh kerajaan samudra pasai pada abad ke 14 masehi
d. Berita yang dibawa oleh Ibnu Batutha yaitu telah terdapatnya proses perkawinan Akulturasi antara penduduk pribumi dengan pedagang Gujarat abad ke 14 masehi
40. Munculnya pusat-pusat perdagangan di Indonesia karena memiliki kemampuan untuk….
a. memberi tempat peristirahatan sementara bagi para pedagang yang berlabuh
b. mengalahkan negeri-negeri sekitar yang sebelumnya menguasai jalur perdagangan
c. menyediakan bermacam-macam barang komoditas yang didatangkan dari Asia dan Eropa.
d. Bersaing dengan para pedagang dari Gujarat Arab dan Persia




II. Essay
1. Apa yang dimaksud dengan kebudayaan dasar ?
2. Negara-negara mana saja yang disebut sebagai Negara indocina ?
3. Sebutkan jenis-jenis faktor produksi
4. Bagaimana cara penyiaran agama Islam oleh para Wali
5. Apa nama Kitab yang dikarang oleh Nuruddin Ar Rasir ?