Wednesday, January 25, 2012

A. PRINSIP EKONOMI
1. Pengertian Prinsip Ekonomi
Prinsip ekonomi adalah tindakan untuk mendapatkan hasil yang maksimum dengan pemanfaatan biaya tertentu. Atau dengan faktor produksi tertentu berusaha untuk mendapatkan hasil produksi yang maksimal.
Prinsip ekonomi harus diberlakukan sesuai dengan faktor kelangkaan. Maka faktor-faktor produksi yang ada harus digunakan semaksimal mungkin dalam rangka menghasilkan barang dan jasa.


2. Politik Ekonomi
Meskipun para pelaku ekonomi sudah menjalankan kegiatannya berdasarkan prinsip-prinsip ekonomi yang dilakukan secara hati-hati, bukan berarti akan berjalan tanpa kendala. Oleh karena itu, perlu adanya sebuah perencanaan dan strategi yang disebut sebagai kebijakan ekonomi. Yang biasa dikenal dengan politik ekonomi.
Politik adalah upaya ingin memperbaiki kehidupan masyarakat. Jadi, sebenarnya secara murni orang berpolitik tujuannya adalah untuk memperbaiki keadaan. Politik ekonomi adalah kebijakan yang dijalankan untuk memperbaiki keburukan ekonomi yang sedang berlangsung. Misalnya, untuk memperbaiki inflasi maka pemerintah atau pemengang otoritas moneter dalam hal ini Bank Indonesia akan melaksanakan politik ekonomi yang disebut politik moneter. Politik meneter atau tindakan moneter yang dijalankan untuk menekan laju inflasi adalah menaikkan diskonto, melaksanakan operasi pasar terbuka, dan meningkatkan cadangan umum bank-bank komersial.


B. MOTIF EKONOMI
Pengertian motif dapat disamakan dengan dorongan atau alasan. Motif dalam banyak hal tergantung dari beberapa faktor, ada faktor dari dalam ada faktor dari luar. Faktor pendorong dari dalam bergantung dari kepribadiaan seseorang. Ada orang yang motivasinya tinggi untuk melakukan sesuatu, tidak cepat merasa puas, selalu ingin menemukan hal-hal baru, dan berani mengambil resiko. Tipe manusia seperti itu adalah tipe manusia wirausahawan. Ada juga orang yang motivasinya lemah untuk berbuat sesuatu, kurang mau bisnis, bersifat statis suka menerima penghasilan tetap, dan cepat puas menerima keadaan. Sementara itu faktor pendorong dari luar muncul dari lingkungan sekitar individu, seperti keluarga, teman, suami/istri, atau relasi.

1. Pengertian Motif Ekonomi
Motif ekonomi adalah dorongan untuk melakukan tindakan ekonomi dalam rangka mencapai kemakmuran. Dengan motif ekonomi orang melakukan kegiatan ekonomi, seperti memproduksi suatu barang atau menjalankan sebuah perusahaan. Tapi yang jelas motif ekonomi mula-mula adalah dorongan untuk kesejahteraan diri sendiri dan keluarga. Setelah hal itu terpenuhi akan timbul motivasi untuk menyejahterakan pihak lain.
a. Motif Ekonomi Individu
Motif ekonomi individu atau perorangan adalah keinginan meningkatkan taraf hidup. Jika selama ini sesorang makan dengan menu tahu dan tempe, sekarang setelah bekerja dia ingin makan dengan daging, buah segar, dan makanan lainnya.
Walau hidupnya sudah makmur, tetap saja dia ingin membuka usaha baru. Membuka usaha ini motifnya perluasan usaha. Setelah perusahaannya maju dan luas kegiatannya, tetapi ia tetap memperluas usahanya. Memperluas usaha ini motifnya adalah aktualisasi diri atau harga diri. Akan tetapi, jika orang membuka usaha untuk menolong orang lain, maka inilah motif yang paling tinggi atau mulia.

b. Motif Ekonomi Perusahaan
Perusahaan mempunyai tiga (3) motif ekonomi, yaitu:

1. Motif mencari keuntungan
Setiap perusahaan termotivasi melakukan kegiatan adalah dalam rangka untuk mencari keuntungan. Dengan kata lain, perusahaan selalu berorientasi pada keuntungan. Keuntungan ini menjadi motor penggerak dalam menjalankan usaha.

2. Motif memproduksi barang dengan harga murah
Dalam rangka menang dalam persaingan, perusahaan memiliki motif untuk memproduksi barang dengan harga murah tetapi tetap bermutu tinggi.

3. Motif menjaga kontinuitas peusahaan
Perusahaan didirikan dalam waktu yang tak terbatas, tapi perusahaan tetap ada jika kesinambungannya dijaga yaitu tetap memiliki laba. Dengan demikian, pihak-pihak yang ada di perusahaan tetap dapat melaksanakan aktivitasnya.
Categories:

1 comment:

  1. Terimakasih Infonya
    kunjungan balik ya.. :)
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii

    ReplyDelete

Followers

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!