Download Soal Latihan Ujian Sekolah IPS Materi 4 Bagian 2
Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D, atau E pada lembar jawab yang tersedia !
1. Berikut ini yang termasuk contoh kegiatan produksi adalah ….
A. Menjual barang dagangan
B.
Membeli mainan baru
C.
Membuat desain website
D.
Memakai baju olah raga
E.
Mengantar kue ke warung dan took-toko
2. Berikut ini yang termasuk contoh kegiatan distribusi adalah ….
A. Mengantar undangan rapat
B.
Menjual barang dari Bisnis Center
C.
Memakai baju baru
D.
Membeli makanan siap saji
E.
Membuat lemari pakaian
3. Berikut ini yang termasuk contoh kegiatan konsumsi adalah ….
A. Mengantar undangan pernikahan
B.
Mengecat rumah
C.
Membeli bensin di POM
D.
Menjual barang secara retail
E.
Membuat barang kerajinan
4. Beberapa peranan produsen dan konsumen:
1) Menyediakan faktor produksi tenaga kerja yang ia miliki untuk proses produksi
2) Melaksanakan proses produksi dengan mendayagunakan faktor produksi yang telah ada secara efisien
3) Membayar setiap faktor produksi yang telah diterimanya dengan dengan imbalan berupa sewa, gaji, bunga dan laba usaha
4) Membeli barang atau jasa yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhannya masing-masing.
5) Menerima imbalan dari faktor produksi yang ia miliki sesuai dengan jenisnya.
Peranan di atas yang merupakan peranan dari konsumen adalah....
A. 1), 2) dan 4) D. 2), 4) dan 5)
B. 1), 4) dan 5) E. 3), 4) dan 5)
C. 2), 3) dan 4)
5. Berikut merupakan peran pelaku ekonomi :
1) menyediakan barang-barang untuk diekspor
2) menarik pajak dari produsen dan konsumen
3) mengadakan proteksi terhadap industri dalam negeri
4) mengimpor barang-barang sesuai kebutuhan
5) menjaga stabilitas harga melalui politik moneter
6) menggunakan produk dalam negeri
Dari peran di atas, yang merupakan peran pelaku ekonomi dari rumah tangga pemerintah adalah ….
A. 1), 2) dan 3) D. 3), 4) dan 6)
B. 1), 4) dan 6) E. 4), 5) dan 6)
C. 2), 3) dan 5)
6. Balas jasa yang diterima rumah tangga konsumen dengan menyerahkan tenaga kerja untuk proses produksi di perusahaan adalah …
A. Upah D. Modal
B. Sewa E. Sewa dan laba
C. Bunga
7. Berusaha memperoleh hasil tertentu dengan pengorbanan seminimal mungkin di dasarkan atas ….
A. Prinsip ekonomi D. Tindakan Ekonomi
B. Motif ekonomi E. Motif Ekonomi Produsen
C. Politik ekonomi
8. Dalam mengatasi inflasi, pemerintah atau pemegang otoritas moneter dalam hal ini Bank Indonesia melaksanakan kebijakan moneter antara lain menaikkan diskonto, melaksanakan operasi pasar terbuka dan meningkatkan cadangan umum bank-bank komersial. Kebijakan tersebut dinamakan …..
A. Kebijakan pemerintah D. Prinsip ekonomi
B. Politik ekonomi E. tindakan ekonomi
C. Motif ekonomi
9. Alasan yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan ekonomi disebut ….
A. Prinsip ekonomi D. Politik ekonomi
B. Tindakan ekonomi E. Kegiatan ekonomi
C. Motif ekonomi
10. Alasan yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan ekonomi ada faktor intern dan faktor ekstern, berikut ini contoh tindakan ekonomi yang didorong oleh faktor ekstern adalah ….
A. Andini makan soto karena lapar
B. Irma membeli buku, karena dia belum punya
C. Marta membeli celana karena ada diskon 70 %
D. Budi membeli bahan mentah langsung dari sumbernya agar lebih murah
E. Indah minum es jeruk karena haus
11. Untuk mengembangkan usaha baksonya Pak Burhan membuka cabang di kota lain, kegiatan ini mempunyai motif ekonomi ….
A. Mencari laba
B. Mendapatkan kekuasaan ekonomi
C. Memperoleh penghargaan
D. Motif sosial
E. Memenuhi kebutuhan hidup
12. Menyusun skala prioritas kebutuhan dengan mendahulukan kebutuhan yang paling mendesak dan seterusnya sampai pada yang tidak mendesak didasarkan pada ….
A. Politik ekonomi D. Motif ekonomi konsumen
B. Prinsip ekonomi konsumen E. Motif ekonomi produsen
C. Prinsip ekonomi produsen
13. Membuat analisis kebutuhan pasar agar barang yang diproduksi dapat laku terjual, termasuk tindakan yang didasarkan pada ….
A. Politik ekonomi D. Motif ekonomi konsumen
B. Prinsip ekonomi konsumen E. Prinsip ekonomi distributor
C. Prinsip ekonomi produsen
14. Perusahaan didirikan dalam waktu yang tidak terbatas, tetapi perusahaan tetap ada jika kesinambungannya dijaga yaitu tetap memilki laba. Motif ekonomi perusahaan tersebut adalah …
A. Motif mencari keuntungan
B. Motif memproduksi barang dengan harga murah
C. Motif menjaga kontinuitas perusahaan
D. Motif memperoleh kekuasaan ekonomi
E. Motif Sosial
15. Kebijakan perdagangan yang dilakukan pemerintah dengan tujuan menurunkan biaya produksi dalam negeri agar mampu bersaing dengan produk luar negeri adalah ….
A. Pemberian Subsidi D. Tarif dan bea masuk
B. Politik Dumping E. Pelarangan impor
C. Kuota
16. Sebuah buku
tulis akan lebih bermanfaat jika dimiliki pelajar dibandingkan dengan seorang petani. Hal ini menunjukkan
kegunaan benda berdasarkan ....
A.
Bentuk D. Kepemilikian
B.
Tempat E. Manfaat
C.
Waktu
17. Kayu akan menjadi
lebih berguna ketika sudah menjadi meja kursi, hal ini sesuai dengan ……
A.
Time utility D.
Place utility
B.
Form utility E.
utility
C.
Ownership utility
18. Konsumen akan
melakukan kosumsi sedemikian rupa sehingga nilai guna margial setiap barang dan
jasa yang dikosumsi akan sama adalah pernyataan dari ….
A.
Hukum Gossen I D. Hukum penawaran
B.
Hukum Gossen II E. Hukum tambahan hasil yang semakin menurun
C.
Hukum permintaan
19. Jika pemuasan
kebutuhan atas suatu barang di lakukan secara terus menerus maka mula-mula
kenikmatannya tinggi hingga makin lama makin turun sampai terdapat kejenuhan.
Pernyataan tersebut adalah ….
A.
Hukum Gossen I D.
Hukum Penawaran
B.
Hukum Gossen II E.
Hukum tambahan hasil yang semakin menurun
C.
Hukum Permintaan
20. Ahmad mengkonsumi 1
gelas es jeruk dia akan mendapatkan total utility sebesar 50, kemudian ia
menambah 1 gelas lagi es jeruk ia mendapatkan total utility sebesar 80.
Besarnya Marginal Utility yang didapakan Ahmad saat mengkonsumsi 2 gelas es
jeruk adalah ….
A.
10 D.
30 E. 80
B.
20 E.
50
21. Perhatikan tabel
berikut :
QA
|
TUA
|
MUA
|
QB
|
TUB
|
MUB
|
1
|
10
|
10
|
1
|
18
|
18
|
2
|
18
|
8
|
2
|
28
|
10
|
3
|
23
|
…
|
3
|
36
|
…
|
4
|
26
|
3
|
4
|
40
|
4
|
5
|
26
|
0
|
5
|
40
|
0
|
MUA pada QA 3 unit dan
MUB pada QB 3 unit berturut-turut adalah ….
A.
5 dan 5 C.
3 dan 4 E. 23
dan 36
B.
5 dan 8 D.
2 dan 5
22. Berdasarkan tabel
pada nomor soal 21, jika diketahui jumlah pendapatan Rp 2.800.000 , harga
barang A Rp 400.000 dan harga barang B Rp 800.000, agar konsumen mendapatkan kepuasan
maksimal maka kombinasi pembelian barang yang harus dilakukan adalah ….
A.
Barang A 2 unit dan barang B 1 unit
B.
Barang A 1 unit dan Barang B 2 unit
C.
Barang A 3 unit dan Barang B 2 unit
D.
Barang A 4 unit dan Barang B 4 unit
E.
Barang A 5 unit dan barang B 5 unit
23. Perluasan produksi
pertanian dapat dilakukan dengan cara :
1. penggunaan bibit unggul
2. penambahan jumlah tenaga kerja
3. perbaikan
mutu tanah.
4. membeli
sawah baru.
5. penambahan traktor baru
dari pernyataan di atas yang termasuk perluasan produksi secara ekstensifikasi
adalah ….
A. 1,2 dan 3 D. 2,3 dan 4
B. 1,3 dan 5 E.
2,4 dan 5
C.
2,4 dan 5
24. Perhatikan tabel
berikut :
Jumlah Pekerja (L)
|
Total Produk (TP)
|
Produk Marginal
(MP)
|
Produk Rata-rata (AP)
|
1
|
8
|
…
|
…
|
2
|
20
|
…
|
…
|
3
|
39
|
…
|
…
|
4
|
48
|
…
|
…
|
5
|
48
|
…
|
…
|
Jumlah Produk marginal pada jumlah pekerja 3
adalah ….
A. 8 D.
9
B. 12 E.
0
C.
19
25. Pada tabel nomor soal
24 besarnya produk rata-rata (AP) untuk jumlah pekerja 4 adalah ….
A.
8 D.
12
B.
10 E.
9,6
C.
13
26. Berikut ini merupakan
faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran :
1. Harga barang
2. Tingkat pendapatan
3. Selera konsumen
4. Biaya produksi
5. Teknologi
Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan adalah….
A.
1,2 dan 3 D. 2,3 dan 4
B.
1,3 dan 4 E. 3,4 dan
5
C.
2,4 dan 5
27. Berikut ini yang
menyatakan hukum permintaan adalah …..
A.
Harga sama dengan jumlah barang yang diminta
B.
Jika harga naik, maka jumlah barang yang diminta akan
naik, cateris paribus
C.
Jika harga turun, maka jumlah barang yang diminta akan
turun, cateris paribus
D.
Jika harga naik, maka jumlah barang yang diminta tetap, cateris paribus
E.
Jika harga naik, maka maka jumlah barang yang diminta
akan turun, cateris paribus
- Kurva permintaan menghubungkan antara ….
A.
Jumlah barang yang diminta dengan tingkat harga
B.
Jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga
C.
Jumlah penawaran yang terbeli pada suatu pasar
D.
Jumlah barang yang diminta dengan tingkat pendapatan
tertentu
E.
Jumlah barang yang digunakan pada suatu industri
29. Sejumlah barang dan
jasa yang ditawarkan oleh penjual pada berbagai tingkat harga dan dalam waktu
tertentu, merupakan pengertian dari…
A.
Penawaran C. Permintaan E. Konsumsi
B.
Pasar D. Elastisitas
- Hukum penawaran berbunyi….
A.
Jika harga naik, maka jumlah barang yang ditawarkan akan
turun, cateris paribus
B.
Jika harga tetap, maka jumlah barang yang ditawarkan akan
turun, cateris paribus
C.
Jika harga naik, maka jumlah barang yang ditawarkan akan
bertambah, cateris paribus
D.
Jika harga turun, maka jumlah barang yang ditawarkan akan
naik, cateris paribus
E.
Jika harga turun, maka jumlah barang yang ditawarkan akan
tetap
- Pada suatu pasar, pada saat harga barang Rp. 2, jumlah barang yang diminta 10 unit. Pada saat harga barang naik Rp. 4, jumlah jumlah barang yang diminta menjadi 8 unit. Fungsi permintaannya adalah ….
A.
Q = -P + 12 C.
Q = P – 16 E. Q = P + 18
B.
Q = -P + 14 D.
Q = -P – 11
- Jumlah permintaan Indah terhadap Biskuit sebanyak 250 unit, Bebeng sebanyak 150 unit, Gogon sebanyak 200 unit, dan Bacik sebanyak 350 unit. Maka jumlah kuantitas permintaan pasar sebesar … unit
A.
750 C.
1000 E.
1500
B.
800 D.
950
- Pada suatu pasar, pada saat harga Rp. 2, jumlah barang yang ditawarkan 10 unit. Pada saat harga Rp. 4, jumlah barang yang ditawarkan 12 unit. Fungsi penawarannya adalah ….
A.
Q = -P + 12 C.
Q = P – 16 E. Q = P + 8
B.
Q = -P + 14 D.
Q = P – 11
34. Harga keseimbangan
akan terjadi apabila ….
A.
Jumlah barang yang diminta lebih besar dari jumlah barang
yang ditawarkan
B.
Jumlah barang yang diminta lebih kecil dari julah barang
yang ditawarkan
C.
Jumlah barang yang diminta sama dengan jumlah barang yang
ditawarkan
D.
Jumlah barang yang diminta sesuai sesuai dengan
pendapatan
E.
Jumlah barang yang diminta sama dengan harga pasar
35. Tabel harga serta jumlah
permintaan dan penawaran pakaian sebagai berikut:
Harga(Rp)
|
Kuantitas
Permintaan
|
Kuantitas Penawaran
|
25.000,-
20.000,-
15 000,-
10.000,-
5.000,-
|
10
9
8,5
8
5
|
4
5
7
8
9
|
Dari data yang ada, titik keseimbangan
pasar terjadi pada tingkat harga ….
A.
Rp 5000 C.
Rp 15.000 E.
Rp 25.000
B.
Rp 10.000 D.
Rp 20.000
36. Yang mendapat premi
konsumen adalah………..
A.
Pembeli sub marginal D.
Penjual supermarginal
B.
Pembeli marginal E..
Penjual marginal
C.
Pembeli supermarginal
37. Yang mendapat premi
produsen adalah…….
A.
Pembeli submarginal D.
Penjual supermarginal
B.
Pembelian marginal
E. Penjual
marginal
C.
Pembeli supermarginal
38. Penjual submarginal
menjual barang-barangnya setelah harga naik karena….
A.
Harga pokok diatas harga pasar
B.
Harga pokok sama dengan harga pasar
C.
Harga pokok berada di bawah harga pasar
D.
Harga pokok sama dengan harga jual
E.
Harga jual sama dengan harga keseimbangan
39. Pembeli supermarginal
adalah pembeli yang mendapat keuntungan karena….
A.
Harga pokok diatas harga pasar
B.
Harga pokok sama dengan harga pasar
C.
Pembeli yang harga taksirannya di atas harga pasar
D.
Pembeli yang harga taksirannya di bawah harga pasar
E.
Pembeli yang harga taksirannya sama denmgan harga pasar
40. Pembeli yang harga
taksirannya sama dengan harga pasar disebut pembeli….
A.
Sub marginal C.
Absolut E.
Konstanta
B.
Marginal D.
Efisien
41. Sebuah ukuran seberapa besar derajat kepekaan permintaan terhadap perubahan
harga adalah pengertian dari ....
A.
Elastisitas D. Elastisitas harga
B. Elastisitas permintaan E.
Koefisiten elastisitas
C. Elastisitas penawaran
42. Sebuah ukuran seberapa besar derajat kepekaan penawaran terhadap perubahan
harga adalah pengertian dari ....
A.
Elastisitas D.
Elastisitas harga
B. Elastisitas permintaan E.
Koefisien elastisitas
C. Elastisitas penawaran
43. Pada saat harga Rp 10, kuantitas yang diminta 50 unit, sedangkan saat harga
naik menjadi Rp 12, kuantitas yang diminta menjadi 45 unit. Koefisien
elastisitasnya adalah ....
A.
0,5 D.
2
B. 0 E.
4
C. 1
44. Jika diketahui Qs = 2P + 1.000, maka pada saat harga naik dari Rp 100
menjadi Rp 200 maka koefisien elastisitasnya adalah ....
A.
E < 1 D.
E = 0
B. E > 1 E.
E = ∞
C.
E = 1
45. Meskipun harga garam turun tajam, namun orang tidak akan membeli garam
dalam jumlah besar-besaran. Hal ini menunjukkan bahwa permintaan garam
mempunyai sifat .....
A. elastis D.
inelastis
B. elastis sempurna E.
unitary elastisitas
C. inelastis sempurna
46. Permintaan terhadap barag-barang mewah sangat peka terhadap perubahan
harga. Oleh karena itu, permintaan terhadap barang mewah bersifat .....
A. elastis D.
inelastis sempurna
B. inelastis E.
elastis sempurna
C. elastis uniter
47. Jika persentase perubahan penawaran lebih besar dari persentase perubahan
harga dengan kata lain koefisien elastisitasnya lebih besar dari pada 1 maka
penawaran tersebut bersifat ....
A.
elastis D.
inelastis
B. elastis sempurna E.
unitary elastisitas
C. inelastis sempurna
48. Pada saat harga Rp 3.000 kuantitas barang yang ditawarkan 5 unit sedangkan
pada saaat harga naik menjadi Rp 5.000 kuantitas barang yang ditawarkan menjadi
6 unit, maka koefisien elastisitas adalah ....
A.
0 D. 1
B.
0,2 E.
2
C.
0,3
49. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien elastisitas penawaran pada soal
nomor 48 maka penawaran tersebut bersifat ....
A.
elastis D.
inelastis
B. elastis sempurna E.
unitary elastisitas
C. inelastis sempurna
50. Pada saat harga Rp 800.000 kuantitas barang yang ditawarkan adalah 10 unit
sedangkan pada saat harga naik menjadi Rp 1.500.000 kuantitas barang yang
ditawarkan tetap 10 unit. Hal ini menunjukkan bahwa penawaran terhadap barang
tersebut bersifat ....
A.
elastis D.
inelastis
B. elastis sempurna E.
unitary elastisitas
C. inelastis sempurna
51. Tempat bertemunya permintaan dan penawaran sehingga dapat menetapkan harga
adalah pengertian dari ....
A.
Pasar
B.
Struktur pasar
C.
Struktur pasar yang
kompetitif
D.
Struktur pasar yang
tidak kompetitif
E.
Pasar persaingan
sempurna
52. Berbagai hal yang dapat mempengaruhi tingkah laku dan kinerja perusahaan
dalam pasar, seperti jumlah perusahaan, skala produksi dan jenis produksi
disebut ....
A.
Pasar
B.
Struktur pasar
C.
Struktur pasar yang
kompetitif
D.
Struktur pasar yang
tidak kompetitif
E.
Pasar persaingan
sempurna
53. Perhatikan ciri-ciri pasar berikut ini !
1. Adanya
hambatan untuk masuk ke dalam pasar
2. Hanya
ada satu penjual
3. Barang
yang diperjualbelikan homogen
4. Tidak ada pihak yang mempengaruhi harga
5. Setiap
pihak dapat mengetahui keadaan pasar dengan mudah
Yang merupakan ciri-ciri pasar persaingan
sempurna adalah .....
A. 1,2,3 C.
3,4,5 E1,3,5
B. 1,2,5 D.
2,3,4
54. Manakah pernyataan berikut yang benar tentang ciri pasar monopoli ?
A. tidak ada hambatan untuk memasuki pasar
B. hanya ada satu pembeli di pasar
C. hanya ada satu penjual di pasar
D. penjual tidak bisa menentukan harga
E. terdapat kebebasan bertindak dan memilih
55. Berdasarkan ketetapan undang-undang maka dengan berbagai pertimbangan
pemerintah memberikan hak kepada suatu perusahaan tertentu untuk menjual suatu
produk tertentu, seperti PT. POS Indonesia. Hal ini akan menimbulkan pasar ....
A. Monopoli D.
Oligopoli
B. Persaingan sempurna E.
Monopsoni
C. Persaingan monopolistik
56. Pasar dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan
disebut pasar ....
A. Monopoli D.
Oligopoli
B. Persaingan sempurna E.
Monopsoni
C. Persaingan monopolistik
57. Pasar dimana hanya ada beberapa penjual, sedangkan produk yang dijual bisa
bersifat homogen dan bisa juga berbeda, tetapi memenuhi standar tertentu adalah
ciri dari pasar ....
A. Monopoli D.
Oligopoli
B. Persaingan sempurna E.
Monopsoni
C. Persaingan monopolistik
58. Kalau kita perhatikan Perusahaan Listrik Negara (PLN) merupakan bentuk
pasar .....
A. Monopoli D.
Oligopoli
B. Persaingan sempurna E.
Monopsoni
C. Persaingan monopolistik
59. Pasar dimana terdapat
banyak produsen yang menghasilkan barang yang serupa, tetapi memiliki berbagai
perbedaan pada beberapa aspek, misalnya pasar sepeda motor di Indonesia, adalah
bentuk pasar ….
A. Monopoli D.
Oligopoli
B. Persaingan sempurna E.
Monopsoni
C. Persaingan monopolistik
60. Pasar yang mempunyai ciri terdapat banyak produsen atau penjual, jenis
barang yang dipasarkan berbeda, adanya kemampuan produsen untuk mempengaruhi
harga, produsen lain mudah masuk ke dalam pasar dan promosi penjualan harus
aktif, adalah bentuk pasar ....
A. Monopoli D.
Oligopoli
B. Persaingan sempurna E.
Monopsoni
C. Persaingan monopolistik
0 comments:
Post a Comment