Download Latihan Soal Ujian Sekolah IPS materi 2

Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D, atau E pada lembar jawab yang tersedia !

1.        Bangsa Barat yang pertama kali tiba di Selat Malaka adalah . . .
a.    Spanyol
b.    Inggris
c.    Belanda
d.   Portugis
e.    Perancis
2.        Bangsa Portugis dalam pelayaran berhasil mencapai Calicut India pada tahun 1484 dibawah pimpinan . . .
a.       Bartholomeus Diaz
b.      Vasco Da Gama
c.       Alfonzo de Albuquerque
d.      Sebastian del Cano
e.       Fransisco Serro
3.        Perhatikan pernyataan berikut :
1.      Tulisan Marcopolo dalam bukunya Book of Various Eksperiences
2.      Tingginya harga rempah – rempah di Eropa setelah terjadinya Perang Salib
3.      Adanya kerjasama antara Portugis, Spanyol, dan Belanda untuk mencari jalan ke dunia Timur
4.      Penemuan kompas, mesiu, dan peralatanyang memudahkan pelayaran
Latar belakang kedatangan bangsa Eropa ke dunia timur adalah . . .
a.       1 dan  2
b.      1 dan 3
c.       1 dan 4
d.      2 dan 3
e.       3 dan 4
4.        Arah pelayaran bangsa Spanyol dan bangsa Portugis dibagi dua : bangsa Spanyol ke arah barat sedangkan bangsa Portugis ke arah timur, hal tersebut berdasarkan perjanjian . . .
a.       Saragosa
b.      Tordesillas
c.       Pendek
d.      Renville
e.       London

5.        Perhatikan pernyataan berikut :
1.      Melaksanakan monopoli perdagangan
2.      Mendapatkan kekayaan
3.      Mengendalikan perekonomian daerah jajahan
4.      Memperoleh kejayaan
5.      Menyebarkan agamanya
Imperialisme yang dijalankan Portugis dan Spanyol abad ke – 16 disebut imperialisme kuno dengan tujuan untuk . . .
a.       1, 2, dan 3
b.      1, 3, dan 4
c.       2, 3, dan 4
d.      2, 4, dan 5
e.       3, 4, dan 5
6.        Bangsa Belanda berhasil tiba di Kerajaan Banten pada tahun 1596 di bawah pimpinan . . .
a.         Ferdinand de Magelhaens
b.         Pieter Both
c.         Cornelis de Houtman
d.        Jan Pieterson Coen
e.         Ferdinand de Magelhaens
7.        Dalam bidang pendidikan di zaman Belanda, bangsa Indonesia memperoleh kemajuan dengan dilaksanakannya . . .
a.       Tanam Paksa
b.      Politik Pintu Terbuka
c.       Politik Etis
d.      Liberalisme
e.       Landrente
8.        Pelaksanaan tanam paksa banyak mendapat kritikan setelah beredar buku Max Havelar hasil karya . . .
a.       Van de Venter
b.      Baron van Houvel
c.       Pieter Both
d.      Edward Douwes Dekker
e.       Van Heutz
9.        VOC melakukan penebangan pohon rempah rempah apabila over produksi, tindakan ini disebut . . .
a.       Hongi tochten
b.      Hak ekteerpasi
c.       Contingenten
d.      Verplichte leverantie
e.       Preanger stelsel
10.    Tujuan dibentuknya VOC oleh Belanda pada tahun 1602 adalah . . .
a.       Mengatur perdagangan bangsa Eropa di Indonesia
b.      Menyaingi pedagang Inggris di India
c.       Merebut perdagangan Portugis di Indonesia
d.      Mencegah persaingan antara pedagang Portugis dan Spanyol di Indonesia
e.       Menghindari persaingan diantara para pedagang Belanda dan pedagang lainnya  
11.    Kebijakan yang dilaksanakan Thomas Stamford Raffles dalam bidang ekonomi adalah melaksanakan . .
a.       Cultuur stelsel
b.      Monopoli perdagangan
c.       Penyerahan wajib
d.      Contingenten stelsel
e.       Landrente
12.    Latar belakang diterapkan sistem tanam paksa di Indonesia adalah . . .
a.       Petani pribumi tidak bisa membayar pajak tanah
b.      Lahan pertanian di pulau Jawa banyak terlantar
c.       Kosongnya kas kerajaan Belanda
d.      Petani pribumi dinilai kurang produktif
e.       Produksi pertanian di pulau Jawa sangat rendah
13.    Pembangunan alan Pos dari Anyer sampai Panarukan oleh Belanda bertujuan untuk . . .
a.       Memperlancar sarana perhubungan antar kota pulau Jawa
b.      Memperlancar perdagangan
c.       Memperlancar mobilitas militer di pulau Jawa
d.      Memudahkan pengawsan kota – kota yang ada di pulau Jawa
e.       Mempermudah distribusi hasil – hasil pertanian di pulau Jawa
14.    Tugas utama Herman Wiliam Daenders sebagai Gubernur Jendral Belanda di Indonesia adalah ….
a.       Mempertahankan pulau Jawa dari serangan Inggris
b.      Merebut Maluku dari tangan Portugis
c.       Menegakkan monopoli perdagangan di Indonesia
d.      Membuat jalan Anyer sampai Panarukan
e.       Memperkuat pertahanan di Maluku
15.    Dampak sosial keberadaan, kolonialisme, dan imperialism Barat di Indonesia antara lain . . .
a.       Terjadinya westernisasi, cenderung meniru budaya barat
b.      Tingkat kesejahteraan rakyat menurun
c.       Kekuasaan para raja dan bagsawan berada dibawah kekuasaan Belanda
d.      Masyarakat Indonesia mengenal alat tukar berupa uang
e.       Timbulnya rekasi para raja dan bangsawan didukung seluruh rakyat
16.    Perlawanan rakyat Demak melawan Portugis pada tahun 1512 dan 1513 dibawah pimpinan . . .
a.       Ratu Kalinyamat
b.      Adipati Unus
c.       Sultan Hairun
d.      Sultan Baabulah
e.       Sultan Trenggono
17.    Sebab kegagalan Sultan Agug dalam mengusir VOC dari Batavia antara lain . . .
a.       Kekurangan perbekalan makanan dan persenjataan
b.      Banyaknya kerajaan bawahan melepaskan diri dari Mataram
c.       Dibendungnya sungai Ciliwung oleh Belanda
d.      Dibendungnya sungai Ciliwung oleh Belanda
e.       Gugurnya panglima Bahureksa dalam pertempuran dengan VOC
18.    Program politik Etis yang ditanamkan pemerintah kolonian Belanda di Indonesia, yaitu . . .
a.       Transmigrasi, irigasi, dan rehabilitasi
b.      Irigasi, rehabilitasi, dan sanitasi
c.       Transmigrasi, irigasi, dan edukasi
d.      Edukasi, asimilasi, dan akulturasi
e.       Akulturasi, irigasi, dan rehabilitasi
19.    Perang yang banyak menghabiskan banyak biaya sehingga kas Belanda kosong adalah . . .
a.       Perang Aceh
b.      Perang Paderi
c.       Perang Diponegoro
d.      Perang Pattimura
e.        Perang Sisingamaraja

20.    Untuk mematahkan perjuangan rakyat Aceh, didatangkan seorang antropolog dari Belanda yang bernama . . .
a.       J.B. van Heutz
b.      dr. Snouck Hurgronye
c.       van Swieten
d.      J.F.N. Neuwenhuyzen
e.       Franzen van de Putte
21.    Berikut ini yang bukan merupakan penyebab perlawanan Patih Jelantik dari Kerajaan Buleleng terhadap Belanda adalah . . .
a.       Belanda ingin memonopoli perdagangan di Bali
b.      Hak Tawan Karang dihapuskan atau tidak diakui Belanda
c.       Raja diharuskan member perlindunan terhadap perdagangan Belanda di Bali
d.      Belanda minta diizinkan mengibarkan benderanya di Bali
e.       Belanda mempersempit wilayah kerajaan Buleleng di Bali
22.    Penyebab awal timbulnya Perang Paderi (1821 – 1837) adalah . . .
a.       Keinginan Belanda untuk menguasai seluruh daerah Sumatera Barat
b.      Perebutan kekuasaan antar keluarga raja Minangkabau
c.       Pertentangan antara golongan adat dan ulama dalam menegakkan ajaran agama
d.      Politik Devide et Impera yang dilaksanakan Belanda
e.       Perbedaan pendapat antara golongan ulama
23.    Perlawanan bangsa Indonesia terhadap kekuasaan asing menunjukkan bahwa rakyat Indonesia . . .
a.       Tidak mau dirampas kebebasannya
b.      Benci terhadap bangsa asing
c.       Suka berperang
d.      Bersahabat dengan semua bangsa
e.       Masih terbelakang
24.    Sebab khusus perlawanan Diponegoro terhadap kolonial Belanda adalah . . .
a.       Kekuasaan raja Mataram sangat mengecil
b.      Campur tangan Belanda dalam negeri kerajaan Mataram
c.       Meningkatnya pajak yang dibebankan kepada rakyat
d.      Masyarakat sempat mengalami kelaparan
e.       Pembuatan jalan melewati makam leluhur Pangeran Diponegoro
25.    Paham yang mengutamakan kebebasan individu adalah . . .
a.       Nasionalisme
b.      Demokrasi
c.       Komunisme
d.      Liberalisme 
e.       Fasisme
26.    Mahatma Gandhi melancarkan gerakan ahimsa yang berarti . . .
a.       Perlawnan senjata
b.      Gerilya
c.       Tanpa kekerasan
d.      Berdasar kebenaran
e.       Kooperatif
27.    Tujuan awal pendidikan yang diselenggarakan pemerintah Belanda di Indonesia adalah . . .
a.       Mencerdaskan bangsa Indonesia
b.      Memenuhi tenaga kerja yang bisa baca tulis
c.       Meningkat kesejahteraan bangsa Indonesia
d.      Agar perekonomian rakyat meningkat
e.       Untuk memajukan sosial budaya bangsa Indonesia
28.    Perhatikan pernyataan berikut :
1.      Makasar melakukan aktifitas perdagangan, meski dianggap pelabuhan gelap
2.      Makasar menjalin hubungan kerjasama dengan Maluku
3.      Makasar bermusuhan dengan Aru Palaka raja Bone
4.      Makasar menjual rempah – rempah kepada pedagang selain Belanda
5.      Makasar mengirimkan pasukannya ke Maluku


Usaha Sultan Hasanudun melwan monopoi perdagangan VOC antara lain . . .
a.       1, 2, dan 3
b.      1, 3, dan 4
c.       1, 3, dan 5
d.      2, 4, dan 5
e.       3, 4, dan 5
29.    Sarikat Islam terpecah menjadi 2 yaitu SI Putih dan SI Merah. Hal ini terjadi setelah dalam tubuh Sarikat islam dimasuki ideologi . . .
a.       Nasionalisme
b.      Demokrasi
c.       Liberalisme
d.      Komunisme
e.       Fasisme
30.    Perhatikan pernyataan berikut:
1.      Penderitaan rakyat akibat cultuur stelsel
2.      Lahirnya kaum terpelajar
3.      Kemengangn Jepang atas Rusia tahun 1905
4.      Gerakan nasionalisme India
Dari pernyataan diatas, yang merupakan faktor pendorong lahirnya pergerakan nasional Indonesia yaitu . . .
a.       1, 2, 3
b.      1 dan 3
c.       2 dan 4
d.      2, 3, 4
e.       1, 2, 3, 4
31.    Tokoh golongan sosialis berikut yang berasal dari Jerman adalah . . .
a.       Robert Owen
b.      Saint Simon
c.       Charles Fourier
d.      Karl Max
e.       Montesquieu
32.    Perhatikan organisasi berikut ;
1.      Budi Utomo
2.      Gerindra
3.      Partai Kebangkitan Bangsa
4.      Partai Nasional Indonesia
5.      Perhimpunan Indonesia
Organisasi sosial politik yang lahir pada masa pergerakan nasional adalah . . .
a.       1, 2, dan 3
b.      1, 2, dan 4
c.       2, 3, dan 5
d.      1, 4, dan 5
e.       3, 4, dan 5




33.    Organisasi pergerakan nasional yang menganut asas non kooperatif dalam strategi perjuangannya adalah . . .
a.       Sarikat Islam dan Budi Utomo
b.      Budi Utomo dan Taman Siswa
c.       Mhammadiyah dan Budi Utomo
d.      Indische Partij dan Partai Nasional Indonesia
e.       Prhimpunan Indonesia dan Budi Utomo

34.    Di zaman Hindia Belanda ada suatu artikel yang membuat penulisnya ditangkap dan dibuang, berjudul Als ik eens Nederlander was (Andaikata Saya Seorang Belanda). Artikel ini dibuat oleh . . .
a.       Douwes Dekker
b.      dr. Tjipto Mangunkusumo
c.       Ki Hajar Dewantara
d.      Ir. Soekarno
e.       H.O.S. Tjokroaminoto

35.    Latar belakang didirikannya Sarikat Dagang Islam adalah . . .
a.       Menghindari persaingan antara pedagang pribumi
b.      Bisa bersaing dengan pedagang dari Cina
c.       Memperoleh keuntungan yang besar
d.      Menghindari konflik antara pedagang Cina
e.       Mengusir pedagang non pribumi dari Indonesia

36.    Perhatikan tokoh berikut :
1.      H.O.S Tjokroaminoto
2.      Ki Hajar Dewantara
3.      Douwes Dekker
4.      dr. Tjipto Mangunkusumo
5.      Ir. Soekarno
Tokoh tersebut yang terkenal sebagai Tiga Serangkai adalah . . .
a.       1, 2, dan 3
b.      1, 2, dan 4
c.       2, 3, dan 4
d.      3, 4, dan 5
e.       2, 4, dan 5

37.    Organisasi pergerakan nasional yang tanggal berdirinya ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional adalah . . .
a.       Budi Utomo
b.      Indische Partij
c.       Perhimpunan Indonesia
d.      Partai Nasional Indonesia
e.       Taman Siswa

38.    Berikut yang buan merupakan asas perjuangan Partai Nasional Indonesia adalah . . .
a.       Kooperatif
b.      Self help
c.       Non – kooperatif
d.      Marhaenisme
e.       Sosio-demokrasi




39.    Perhimpunan Indonesia banyak member pengaruh bagi perkembangan organisasi pergerakan nasional yang ada di Indonesia. Perhimpunan Indonesia merupakan organisasi yang didirikan oleh pelajar Indonesia yang sedang belajar di . . .
a.       Inggris
b.      Amerika Serikat
c.       Perancis
d.      Jerman
e.       Belanda
40.    Sikap tanggung jawab kita sebagai peserta diskusi kelompok diwujudkan dengan . . .
a.       Melaksanakan keputusan yang telah dicapai meskipun tidak berasal dari pendapatnya
b.      Meyakinkan kebenaran pendapatnya
c.       Mendukung pendapatnya yang dinilai paling rasional
d.      Menolak hasil diskusi dengan member argumentasi
e.       Mendorong orang lain agar mengajukan usul
41.    Tuntutan dari Gabungan Politik Indonesia pimpinan Muhammad Husni Tamrin adalah . . .
a.       Agar Indonesia diberi kemerdekaan
b.      Agar Indonesia diberi perwakilan di parlemen
c.       Agar Indonesia diberi perbaikan nasib
d.      Agar Indonesia diberi pemeritahan sendiri
e.       Agar Indonesia diberi anggaran rumah tangga sendiri
42.    Berikut ini yang bukan merupakan ciri – ciri sistem liberal adalah . . .
a.       Menimbulkan kesenjangan sosial yang sangat mencolok antara si kaya dan si miskin
b.      Berdasarkan individuaisme
c.       Menganut nilai keadilan komulatif
d.      Berdasar prinsip free fight liberalism
e.       Hak milik pribadi diakui
43.    Puncak nasionalisme Pemuda Indonesia adalah . . .
a.       Peristiwa Sumpah Pemuda tahun 1928
b.      Berdirinya orginasasi Budi Utomo
c.       Sistem Among dalam pendidikan Taman Siswa
d.      Dibentuknya organisasi kepanduan
e.       Diproklamasikan kemerdekaan Indonesia
44.    Dalam perjuangan melawan Belanda, kaum pergerakan nasional memiliki cara baru, yaitu menggunakan . . .
a.       Pendekatan politik
b.      Strategi modern
c.       Kemampuan intelektual
d.      Cara kekerasan
e.       Organisasi modern
45.    Lagu kebangsaan Indonesia Raya pertama kali diperdengarkan pada waktu . . .
a.       Kongres Pemuda I tahun 1926
b.      Kongres Pemuda II tahun 1928
c.       Kongres Perempuan Indonesia I tahun 1928
d.      Kongres Rakyat Indonesia oleh GAPI tahun 1939
e.       Beridirinya Pemufakatan Perhimpunan – Perhimpunan Politi Kebangsaan Indonesia tahun 1927

46.    Setelah para pemimpinnya ditangkap oleh pemerintah colonial Belanda, akhirnya PNI terbagi menjadi dua, yaitu . . .
a.       Partindo dan PNI Baru
b.      Gerindo dan Partindo
c.       Gerindo dan GAPI
d.      Parindra dan PNI Baru
e.       Parindra dan GAPI
47.    Dalam suatu diskusi kelompok terdapat beberapa anggota yang tidak setuju dengan konsep yang diajukan sehingga terjadi perdebatan. Sikap seharusnya adalah . . .
a.       Berpegang teguh pada pendirian agar anggota yang lain tidak semena-mena
b.      Berusaha agar mereka menyadari akan pentingnya sikap tenggang rasa
c.       Mencari jalan agar terjadi mufakat yang diliputi oleh semangat kekeluargaan
d.      Merelakan konsep saya ditolak demi kelancaran jalannya diskusi
e.       Berusaha mempertahankan konsep, karena mereka tidak menghargai
48.    Kaum wanita tidak ketinggalan ikut berjuan untuk kemerdekaan tanah air Indonesia dari penjajah Belanda. Tokoh wanita berikut ini yang berasal dari Jawa Barat adalah . . .
a.       R.A. Kartini
b.      Fatmawati
c.       Siti Walidah Ahmad Dahlan
d.      Dewi Sartika
e.       Martha Christina Tiahahu
49.    Tujuan pendirian Tri Koro Dharmo adalah sebagai tempat latihan bagi calon – calon pemimpin bangsa atas dasar . . .
a.       Cinta tanah air
b.      Keinginan berorganisasi
c.       Kesamaan paham
d.      Semangat persaudaraan
e.       Kekeluargaan
50.    Tokoh pada gambar berikut adalah pendiri organisasi . . .
a.      Indische partij
b.      Partai Nasional Indonesia
c.      Muhammadiyah
d.     Sarekat Islam
e.      Taman Siswa



0 comments:

Post a Comment