Download Latihan Soal Ujian Sekolah IPS materi 2
1.
Bangsa
Barat yang pertama kali tiba di Selat Malaka adalah . . .
a.
Spanyol
b.
Inggris
c.
Belanda
d.
Portugis
e. Perancis
2.
Bangsa
Portugis dalam pelayaran berhasil mencapai Calicut India pada tahun 1484
dibawah pimpinan . . .
a.
Bartholomeus
Diaz
b.
Vasco
Da Gama
c.
Alfonzo
de Albuquerque
d.
Sebastian
del Cano
e. Fransisco
Serro
3.
Perhatikan
pernyataan berikut :
1.
Tulisan
Marcopolo dalam bukunya Book of Various Eksperiences
2.
Tingginya
harga rempah – rempah di Eropa setelah terjadinya Perang Salib
3.
Adanya
kerjasama antara Portugis, Spanyol, dan Belanda untuk mencari jalan ke dunia
Timur
4.
Penemuan
kompas, mesiu, dan peralatanyang memudahkan pelayaran
Latar belakang
kedatangan bangsa Eropa ke dunia timur adalah . . .
a.
1
dan 2
b.
1
dan 3
c.
1
dan 4
d.
2
dan 3
e. 3
dan 4
4.
Arah
pelayaran bangsa Spanyol dan bangsa Portugis dibagi dua : bangsa Spanyol ke arah
barat sedangkan bangsa Portugis ke arah timur, hal tersebut berdasarkan
perjanjian . . .
a.
Saragosa
b.
Tordesillas
c.
Pendek
d.
Renville
e. London
5.
Perhatikan
pernyataan berikut :
1.
Melaksanakan
monopoli perdagangan
2.
Mendapatkan
kekayaan
3.
Mengendalikan
perekonomian daerah jajahan
4.
Memperoleh
kejayaan
5.
Menyebarkan
agamanya
Imperialisme
yang dijalankan Portugis dan Spanyol abad ke – 16 disebut imperialisme kuno
dengan tujuan untuk . . .
a.
1,
2, dan 3
b.
1,
3, dan 4
c.
2,
3, dan 4
d.
2,
4, dan 5
e. 3,
4, dan 5
6.
Bangsa
Belanda berhasil tiba di Kerajaan Banten pada tahun 1596 di bawah pimpinan . .
.
a.
Ferdinand
de Magelhaens
b.
Pieter
Both
c.
Cornelis
de Houtman
d.
Jan
Pieterson Coen
e.
Ferdinand de Magelhaens
7.
Dalam
bidang pendidikan di zaman Belanda, bangsa Indonesia memperoleh kemajuan dengan
dilaksanakannya . . .
a.
Tanam
Paksa
b.
Politik
Pintu Terbuka
c.
Politik
Etis
d.
Liberalisme
e. Landrente
8.
Pelaksanaan
tanam paksa banyak mendapat kritikan setelah beredar buku Max Havelar hasil
karya . . .
a.
Van
de Venter
b.
Baron
van Houvel
c.
Pieter
Both
d.
Edward
Douwes Dekker
e. Van
Heutz
9.
VOC
melakukan penebangan pohon rempah rempah apabila over produksi, tindakan ini
disebut . . .
a.
Hongi
tochten
b.
Hak
ekteerpasi
c.
Contingenten
d.
Verplichte
leverantie
e. Preanger
stelsel
10.
Tujuan
dibentuknya VOC oleh Belanda pada tahun 1602 adalah . . .
a.
Mengatur
perdagangan bangsa Eropa di Indonesia
b.
Menyaingi
pedagang Inggris di India
c.
Merebut
perdagangan Portugis di Indonesia
d.
Mencegah
persaingan antara pedagang Portugis dan Spanyol di Indonesia
e. Menghindari
persaingan diantara para pedagang Belanda dan pedagang lainnya
11.
Kebijakan
yang dilaksanakan Thomas Stamford Raffles dalam bidang ekonomi adalah
melaksanakan . .
a.
Cultuur
stelsel
b.
Monopoli
perdagangan
c.
Penyerahan
wajib
d.
Contingenten
stelsel
e. Landrente
12.
Latar
belakang diterapkan sistem tanam paksa di Indonesia adalah . . .
a.
Petani
pribumi tidak bisa membayar pajak tanah
b.
Lahan
pertanian di pulau Jawa banyak terlantar
c.
Kosongnya
kas kerajaan Belanda
d.
Petani
pribumi dinilai kurang produktif
e. Produksi
pertanian di pulau Jawa sangat rendah
13.
Pembangunan
alan Pos dari Anyer sampai Panarukan oleh Belanda bertujuan untuk . . .
a.
Memperlancar
sarana perhubungan antar kota pulau Jawa
b.
Memperlancar
perdagangan
c.
Memperlancar
mobilitas militer di pulau Jawa
d.
Memudahkan
pengawsan kota – kota yang ada di pulau Jawa
e. Mempermudah
distribusi hasil – hasil pertanian di pulau Jawa
14.
Tugas
utama Herman Wiliam Daenders sebagai Gubernur Jendral Belanda di Indonesia
adalah ….
a.
Mempertahankan
pulau Jawa dari serangan Inggris
b.
Merebut
Maluku dari tangan Portugis
c.
Menegakkan
monopoli perdagangan di Indonesia
d.
Membuat
jalan Anyer sampai Panarukan
e. Memperkuat
pertahanan di Maluku
15.
Dampak
sosial keberadaan, kolonialisme, dan imperialism Barat di Indonesia antara lain
. . .
a.
Terjadinya
westernisasi, cenderung meniru budaya barat
b.
Tingkat
kesejahteraan rakyat menurun
c.
Kekuasaan
para raja dan bagsawan berada dibawah kekuasaan Belanda
d.
Masyarakat
Indonesia mengenal alat tukar berupa uang
e. Timbulnya
rekasi para raja dan bangsawan didukung seluruh rakyat
16.
Perlawanan
rakyat Demak melawan Portugis pada tahun 1512 dan 1513 dibawah pimpinan . . .
a.
Ratu
Kalinyamat
b.
Adipati
Unus
c.
Sultan
Hairun
d.
Sultan
Baabulah
e. Sultan
Trenggono
17.
Sebab
kegagalan Sultan Agug dalam mengusir VOC dari Batavia antara lain . . .
a.
Kekurangan
perbekalan makanan dan persenjataan
b.
Banyaknya
kerajaan bawahan melepaskan diri dari Mataram
c.
Dibendungnya
sungai Ciliwung oleh Belanda
d.
Dibendungnya
sungai Ciliwung oleh Belanda
e. Gugurnya
panglima Bahureksa dalam pertempuran dengan VOC
18.
Program
politik Etis yang ditanamkan pemerintah kolonian Belanda di Indonesia, yaitu .
. .
a.
Transmigrasi,
irigasi, dan rehabilitasi
b.
Irigasi,
rehabilitasi, dan sanitasi
c.
Transmigrasi,
irigasi, dan edukasi
d.
Edukasi,
asimilasi, dan akulturasi
e. Akulturasi,
irigasi, dan rehabilitasi
19.
Perang
yang banyak menghabiskan banyak biaya sehingga kas Belanda kosong adalah . . .
a.
Perang
Aceh
b.
Perang
Paderi
c.
Perang
Diponegoro
d.
Perang
Pattimura
e. Perang Sisingamaraja
20.
Untuk
mematahkan perjuangan rakyat Aceh, didatangkan seorang antropolog dari Belanda
yang bernama . . .
a.
J.B.
van Heutz
b.
dr.
Snouck Hurgronye
c.
van
Swieten
d.
J.F.N.
Neuwenhuyzen
e. Franzen
van de Putte
21.
Berikut
ini yang bukan merupakan penyebab perlawanan Patih Jelantik dari Kerajaan
Buleleng terhadap Belanda adalah . . .
a.
Belanda
ingin memonopoli perdagangan di Bali
b.
Hak
Tawan Karang dihapuskan atau tidak diakui Belanda
c.
Raja
diharuskan member perlindunan terhadap perdagangan Belanda di Bali
d.
Belanda
minta diizinkan mengibarkan benderanya di Bali
e. Belanda
mempersempit wilayah kerajaan Buleleng di Bali
22.
Penyebab
awal timbulnya Perang Paderi (1821 – 1837) adalah . . .
a.
Keinginan
Belanda untuk menguasai seluruh daerah Sumatera Barat
b.
Perebutan
kekuasaan antar keluarga raja Minangkabau
c.
Pertentangan
antara golongan adat dan ulama dalam menegakkan ajaran agama
d.
Politik
Devide et Impera yang dilaksanakan Belanda
e. Perbedaan
pendapat antara golongan ulama
23.
Perlawanan
bangsa Indonesia terhadap kekuasaan asing menunjukkan bahwa rakyat Indonesia .
. .
a.
Tidak
mau dirampas kebebasannya
b.
Benci
terhadap bangsa asing
c.
Suka
berperang
d.
Bersahabat
dengan semua bangsa
e. Masih
terbelakang
24.
Sebab
khusus perlawanan Diponegoro terhadap kolonial Belanda adalah . . .
a.
Kekuasaan
raja Mataram sangat mengecil
b.
Campur
tangan Belanda dalam negeri kerajaan Mataram
c.
Meningkatnya
pajak yang dibebankan kepada rakyat
d.
Masyarakat
sempat mengalami kelaparan
e. Pembuatan
jalan melewati makam leluhur Pangeran Diponegoro
25.
Paham
yang mengutamakan kebebasan individu adalah . . .
a.
Nasionalisme
b.
Demokrasi
c.
Komunisme
d.
Liberalisme
e. Fasisme
26.
Mahatma
Gandhi melancarkan gerakan ahimsa yang berarti . . .
a.
Perlawnan
senjata
b.
Gerilya
c.
Tanpa
kekerasan
d.
Berdasar
kebenaran
e. Kooperatif
27.
Tujuan
awal pendidikan yang diselenggarakan pemerintah Belanda di Indonesia adalah . .
.
a.
Mencerdaskan
bangsa Indonesia
b.
Memenuhi
tenaga kerja yang bisa baca tulis
c.
Meningkat
kesejahteraan bangsa Indonesia
d.
Agar
perekonomian rakyat meningkat
e. Untuk
memajukan sosial budaya bangsa Indonesia
28.
Perhatikan
pernyataan berikut :
1.
Makasar
melakukan aktifitas perdagangan, meski dianggap pelabuhan gelap
2.
Makasar
menjalin hubungan kerjasama dengan Maluku
3.
Makasar
bermusuhan dengan Aru Palaka raja Bone
4.
Makasar
menjual rempah – rempah kepada pedagang selain Belanda
5.
Makasar
mengirimkan pasukannya ke Maluku
Usaha Sultan
Hasanudun melwan monopoi perdagangan VOC antara lain . . .
a.
1,
2, dan 3
b.
1,
3, dan 4
c.
1,
3, dan 5
d.
2,
4, dan 5
e. 3,
4, dan 5
29.
Sarikat
Islam terpecah menjadi 2 yaitu SI Putih dan SI Merah. Hal ini terjadi setelah
dalam tubuh Sarikat islam dimasuki ideologi . . .
a.
Nasionalisme
b.
Demokrasi
c.
Liberalisme
d.
Komunisme
e. Fasisme
30.
Perhatikan
pernyataan berikut:
1.
Penderitaan
rakyat akibat cultuur stelsel
2.
Lahirnya
kaum terpelajar
3.
Kemengangn
Jepang atas Rusia tahun 1905
4.
Gerakan
nasionalisme India
Dari pernyataan
diatas, yang merupakan faktor pendorong lahirnya pergerakan nasional Indonesia
yaitu . . .
a.
1,
2, 3
b.
1
dan 3
c.
2
dan 4
d.
2,
3, 4
e. 1,
2, 3, 4
31.
Tokoh
golongan sosialis berikut yang berasal dari Jerman adalah . . .
a.
Robert
Owen
b.
Saint
Simon
c.
Charles
Fourier
d.
Karl
Max
e. Montesquieu
32.
Perhatikan
organisasi berikut ;
1.
Budi
Utomo
2.
Gerindra
3.
Partai
Kebangkitan Bangsa
4.
Partai
Nasional Indonesia
5.
Perhimpunan
Indonesia
Organisasi
sosial politik yang lahir pada masa pergerakan nasional adalah . . .
a.
1,
2, dan 3
b.
1,
2, dan 4
c.
2,
3, dan 5
d.
1,
4, dan 5
e. 3,
4, dan 5
33.
Organisasi
pergerakan nasional yang menganut asas non kooperatif dalam strategi
perjuangannya adalah . . .
a.
Sarikat
Islam dan Budi Utomo
b.
Budi
Utomo dan Taman Siswa
c.
Mhammadiyah
dan Budi Utomo
d.
Indische
Partij dan Partai Nasional Indonesia
e.
Prhimpunan
Indonesia dan Budi Utomo
34.
Di
zaman Hindia Belanda ada suatu artikel yang membuat penulisnya ditangkap dan
dibuang, berjudul Als ik eens Nederlander
was (Andaikata Saya Seorang Belanda). Artikel ini dibuat oleh . . .
a.
Douwes
Dekker
b.
dr.
Tjipto Mangunkusumo
c.
Ki
Hajar Dewantara
d.
Ir.
Soekarno
e.
H.O.S.
Tjokroaminoto
35.
Latar
belakang didirikannya Sarikat Dagang Islam adalah . . .
a.
Menghindari
persaingan antara pedagang pribumi
b.
Bisa
bersaing dengan pedagang dari Cina
c.
Memperoleh
keuntungan yang besar
d.
Menghindari
konflik antara pedagang Cina
e.
Mengusir
pedagang non pribumi dari Indonesia
36.
Perhatikan
tokoh berikut :
1.
H.O.S
Tjokroaminoto
2.
Ki
Hajar Dewantara
3.
Douwes
Dekker
4.
dr.
Tjipto Mangunkusumo
5.
Ir.
Soekarno
Tokoh tersebut
yang terkenal sebagai Tiga Serangkai adalah . . .
a.
1,
2, dan 3
b.
1,
2, dan 4
c.
2,
3, dan 4
d.
3,
4, dan 5
e.
2,
4, dan 5
37.
Organisasi
pergerakan nasional yang tanggal berdirinya ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan
Nasional adalah . . .
a.
Budi
Utomo
b.
Indische
Partij
c.
Perhimpunan
Indonesia
d.
Partai
Nasional Indonesia
e.
Taman
Siswa
38.
Berikut
yang buan merupakan asas perjuangan Partai Nasional Indonesia adalah . . .
a.
Kooperatif
b.
Self
help
c.
Non
– kooperatif
d.
Marhaenisme
e.
Sosio-demokrasi
39.
Perhimpunan
Indonesia banyak member pengaruh bagi perkembangan organisasi pergerakan
nasional yang ada di Indonesia. Perhimpunan Indonesia merupakan organisasi yang
didirikan oleh pelajar Indonesia yang sedang belajar di . . .
a.
Inggris
b.
Amerika
Serikat
c.
Perancis
d.
Jerman
e.
Belanda
40.
Sikap
tanggung jawab kita sebagai peserta diskusi kelompok diwujudkan dengan . . .
a.
Melaksanakan
keputusan yang telah dicapai meskipun tidak berasal dari pendapatnya
b.
Meyakinkan
kebenaran pendapatnya
c.
Mendukung
pendapatnya yang dinilai paling rasional
d.
Menolak
hasil diskusi dengan member argumentasi
e. Mendorong
orang lain agar mengajukan usul
41.
Tuntutan
dari Gabungan Politik Indonesia pimpinan Muhammad Husni Tamrin adalah . . .
a.
Agar
Indonesia diberi kemerdekaan
b.
Agar
Indonesia diberi perwakilan di parlemen
c.
Agar
Indonesia diberi perbaikan nasib
d.
Agar
Indonesia diberi pemeritahan sendiri
e. Agar
Indonesia diberi anggaran rumah tangga sendiri
42.
Berikut
ini yang bukan merupakan ciri – ciri sistem liberal adalah . . .
a.
Menimbulkan
kesenjangan sosial yang sangat mencolok antara si kaya dan si miskin
b.
Berdasarkan
individuaisme
c.
Menganut
nilai keadilan komulatif
d.
Berdasar
prinsip free fight liberalism
e. Hak
milik pribadi diakui
43.
Puncak
nasionalisme Pemuda Indonesia adalah . . .
a.
Peristiwa
Sumpah Pemuda tahun 1928
b.
Berdirinya
orginasasi Budi Utomo
c.
Sistem
Among dalam pendidikan Taman Siswa
d.
Dibentuknya
organisasi kepanduan
e. Diproklamasikan
kemerdekaan Indonesia
44.
Dalam
perjuangan melawan Belanda, kaum pergerakan nasional memiliki cara baru, yaitu
menggunakan . . .
a.
Pendekatan
politik
b.
Strategi
modern
c.
Kemampuan
intelektual
d.
Cara
kekerasan
e. Organisasi
modern
45.
Lagu
kebangsaan Indonesia Raya pertama kali diperdengarkan pada waktu . . .
a.
Kongres
Pemuda I tahun 1926
b.
Kongres
Pemuda II tahun 1928
c.
Kongres
Perempuan Indonesia I tahun 1928
d.
Kongres
Rakyat Indonesia oleh GAPI tahun 1939
e.
Beridirinya
Pemufakatan Perhimpunan – Perhimpunan Politi Kebangsaan Indonesia tahun 1927
46.
Setelah
para pemimpinnya ditangkap oleh pemerintah colonial Belanda, akhirnya PNI
terbagi menjadi dua, yaitu . . .
a.
Partindo
dan PNI Baru
b.
Gerindo
dan Partindo
c.
Gerindo
dan GAPI
d.
Parindra
dan PNI Baru
e. Parindra
dan GAPI
47.
Dalam
suatu diskusi kelompok terdapat beberapa anggota yang tidak setuju dengan
konsep yang diajukan sehingga terjadi perdebatan. Sikap seharusnya adalah . . .
a.
Berpegang
teguh pada pendirian agar anggota yang lain tidak semena-mena
b.
Berusaha
agar mereka menyadari akan pentingnya sikap tenggang rasa
c.
Mencari
jalan agar terjadi mufakat yang diliputi oleh semangat kekeluargaan
d.
Merelakan
konsep saya ditolak demi kelancaran jalannya diskusi
e. Berusaha
mempertahankan konsep, karena mereka tidak menghargai
48.
Kaum
wanita tidak ketinggalan ikut berjuan untuk kemerdekaan tanah air Indonesia
dari penjajah Belanda. Tokoh wanita berikut ini yang berasal dari Jawa Barat adalah
. . .
a.
R.A.
Kartini
b.
Fatmawati
c.
Siti
Walidah Ahmad Dahlan
d.
Dewi
Sartika
e. Martha
Christina Tiahahu
49.
Tujuan
pendirian Tri Koro Dharmo adalah sebagai tempat latihan bagi calon – calon
pemimpin bangsa atas dasar . . .
a.
Cinta
tanah air
b.
Keinginan
berorganisasi
c.
Kesamaan
paham
d.
Semangat
persaudaraan
e. Kekeluargaan
50.
Tokoh
pada gambar berikut adalah pendiri organisasi . . .
a.
Indische
partij
b.
Partai
Nasional Indonesia
c.
Muhammadiyah
d.
Sarekat
Islam
e.
Taman
Siswa
0 comments:
Post a Comment